Sukses Pasarkan Nugget Ayam berbekal Hobi Memasak

Berbekal bakat memasak yang dimiliki oleh Panca Elok Putri Angkasa Diwiyah Cita atau kerap kali dipanggil Mbak Elok warga Jl. Argopuro 1A 11 RT 01. RW.26 Gudang Karang Rambipuji. Elok membulatkan tekat untuk bisa hidup mandiri tanpa menggantungkan penghasilan dari  suami. Ibu dua anak tersebut membuka usaha Nugget Ayam. Kepada Bedadung.com Elok menceritakan usahan tersebut dimulai saat memasuki bulan ramadan 2017, saat itu ia memutuskan diri untuk keluar dari perusahaan catering milik orang lain. Elok lantas mengambil keputusan untuk berbisnis masakan dengan cara menjual melalui media online, hal itu berlanjut hingga dia memproduksi nugget ayam.

Pembuatan nugget ayam itu sendiri tidak terlalu rumit dan menggunakan bahan dasar yang mudah didapatkan di sekitar lingkungannya. Setiap dari home industri nugget ayam ini menghabiskan sedikitnya 6 kg Ayam. 5 Kg  Tepung Roti 2 Kg telur 15 sendok garam. Bawang putih, dan bumbu lain.

Adapun cara pembuatan ayam di campur tepung roti, telur dan bumbu dijadikan satu kemudian digiling. Setelah melalui proses penggilingan semua bahan tersebut dikukus dan ditaruh kedalam loyang selama 90 menit. kemudian didinginkan menggunakan kipas angintidak lebih dari 1 jam, setelah itu, dipotong- potong dengan ukuran 1x 8 cm.
potogan tersebut lantas dicelupkan ke adonan telur yang telah dicampuri tepung panir, proses berikutnya dikukus kembali selama20 menit dan didinginkan kembali.
Elok juga mengatakan sekali proses pembuatan nugget itu bisa menghasilkan 200 kemasan kecil nugget ayam. Tiap kemasan berisi 7 potong nugget ayam yang dibandrol dengan harga Rp 3.500,- per kemasan.

Kini usaha nugget ayam Mbak Elok terus berkembang seiring perjalanan waktu. Elok sendiri kini telah memiliki 8 orang karyawan perempuan, mereka bekerja secara borongan dan ongkos kerja perhari mereka bergantung pada jumlah borongan yang dihasilkan. Nugget ayam made in Rambigundam Kecamatan Rambipuji itu kini telah merambah di berbagai pasar di Kabupaten Jember. Seperti Pasar Tanjung, Pasar Rambipuji, seta Pasar Rambigundam, dari modal per hari sekitar 600.000,- Elok, mampu memasarkan 150 kemasan nugget ayam ke Pasar Tanjung, 30 kemasan nugget ayam ke Pasar Rambipuji, dan 20 kemasan ayam ke pasar Rambigundam.

Demikian kisah sukses Elok yang dibagikan kepada Bedadung.com, semoga kisah ini bisa menjadi inspirasi bagi arek-arek Jember menjadi lebih kreatif. (win)