HKTI Buat Program untuk Dongkrak Kesejahteraan Petani di Jember

Saat membuka Rakerda HKTI Kabupaten Jember 2018, Ir. Maskur Kepala Dinas Pertanian Hortikultura dan Kehutanan Kabupaten Jember Berharap HKTI sebagai wadah petani tidak membuat program muluk-muluk. Pria kelahiran Situbondo tersebut menginginkan program HKTI dibawah pimpinan Jumantoro mampu meningkatkan kesejahteraan petani dengan mencanangkan program yang sederhana. Maskur menaruh perhatian besar kepada petani jember, karena itu ia percaya HKTI Jember mampu berbuat banyak untuk kepentingan petani.

Ir. Maskur Kepala Dinas Pertanian Holtikultura dan Kehutanan Kabupaten Jember
Ir. Maskur Kepala Dinas Pertanian Holtikultura dan Kehutanan Kabupaten Jember

Menanggapi hal tersebut ketua KHTI jember sangat mengdukung orang nomer satu di Dinas Pertanian Hortikultura dan Kehutanan. Jumantoro sendiri dengan didukung oleh personil yang berkualitas di tubuh HKTI Kabupten Jember siap menggulirkan program yang meningkatkan kesejahteraan petani. Kepengurusan ditubuh HKTI Kabupten Jember saat ini didominasi oleh wajah-wajah baru, sehingga keinginan Maskur tersebut bisa diwujudkan oleh HKTI Kabupaten Jember guna
mendongkrak kesejahteraan petani.

Dibagian lain Jumantoro mengatakan, nantinya disetiap kecamatan akan dibentuk koperasi petani yang bertujuan untuk memutus praktek rentenir di desa-desa, sehingga petani tidak dirugikan.

Selain itu, ia mengakui saat ini di Kabupaten Jember mulai bermunculan petani muda, itu berarti generasi muda saat ini mulai memiliki ketertarikan untuk bekerja di sawah. Hal ini berbeda dengan kondisi beberapa tahun sebelumnya dimana anak muda tidak tertarik untuk menggarap sawah, mereka memilih untuk bekerja di industri kota besar. (win)