OJK Gelar Pasar Keuangan Rakyat di Jember

KBRN, Jember: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kabupaten Jember menyelenggarakan program Edukasi Keuangan melalui kegiatan Pasar Keuangan Rakyat (PKR) yang dipusatkan dikawasan Alun-alun Kota Jember, Sabtu (24/10/2015).

Sebanyak 50 stand dari berbagai perusahaan jasa keuangan (finance),perbankan dan UMKM turut mengambil bagiaan dalam kegiatan  yang baru pertama kali digelar di kabupaten Jember selama dua hari yaitu 24 hingga 25 Oktober 2015.
Kepala OJK Kabupaten Jember Aidil Choidir mengatakan kegiatan edukasi keuangan itu bertujuaan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai industri keuangan dan berbagai macam produk serta jasa keuangan.
“Hasil surve yang kita lakukan memang pengetahuaan masyarakat terkait produk-produk jasa keuangan masih cukup rendah,tahun 2013 hanya sekitar 21 persen,2014 hanya meningkat 1 persen,oleh karena itu ditahun 2015 ini kita berupaya untuk mengencarkan edukasi sehingga pengetahuaan masyarakat bisa semakin meningkat” ujarnya ditemui RRI disela-sela pembukaan Pasar Keuangan Rakyat di Jember,Sabtu (24/10/2015).
Menurut Aidil,Kegiatan itu juga diharapkan mendukung Lembaga Jasa Keuangan (LJK) menyediakan Layanan Keuangan Mikro (Laku Mikro) sehingga dapat menjangkau masyarakat yang selama ini belum terjangkau layanan di sektor jasa keuangan, khususnya yang berpenghasilan rendah dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
Laku Mikro adalah layanan terpadu yang menyediakan produk dan jasa keuangan mikro dengan proses yang sederhana, cepat, akses yang mudah, serta harga yang terjangkau oleh masyarakat.
“Produk dan jasa keuangan mikro yang dimiliki oleh LJK diantaranya  Layanan SiPINTAR yang merupakan layanan keuangan mikro terpadu yang terdiri dari Simpanan(TabunganKu atau tabungan sejenis), Investasi (cicilan emas mikro dan reksa dana mikro), Proteksi (asuransi mikro),dan tanggal 28 oktober nanti ini juga akan dilouncing program baru yaitu Tapel (tabungan pelajar) yang akan diikuti seluruh perbankan di Jawa Timur”,Jelasnya.
Selain mengelar Pasar Keuangan Rakyat,OJK Kabupaten Jember juga terus gencar melakukan Kegiatan Traing of Trainers dengan target penyuluh UMKM merupakan kegiatan edukasi keuangan yang bertujuan agar para penyuluh dapat menyampaikan informasi mengenai pengelolaan keuangan yang baik kepada UMKM binaan sekaligus mengenal Otoritas Jasa Keuangan, industri jasa keuangan yang meliputi perbankan, asuransi, pembiayaan, pasar modal, dana pensiun dan pergadaian. (GL/AKS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here