Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan albumin

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan albumin? Serta bagaimana manfaat albumin bagi kesehatan tubuh? Mungkin sebagian orang sudah tahu bahwa ada banyak manfaat albumin bagi kesehatan, tapi mungkin juga ada beberapa diantara Anda yang sedang mencari tahu apa itu albumin dan seperti apa manfaatnya. Artikel kali ini akan membahas lengkap mengenai albumin.

Albumin adalah jenis protein yang ada di dalam darah. Lebih tepatnya, albumin merupakan salah satu bagian dari protein utama plasma darah yang memiliki banyak peran bagi darah manusia. Albumin adalah protein terpenting dalam struktur plasma darah. Hal ini membuat fungsi dari plasma darah bergantung pada manfaat albumin dan kadar albumin yang terkandung di dalam darah.

Kapsul Fujimin terbuat dari ekstrak Ikan Gabus

Kapsul Pujimin terbuat dari ekstrak Ikan Gabus via kapsulpujimin.com

Salah satu fungsinya adalah tekanan osmotik yang terdapat dalam darah merupakan fungsi utama protein yang diproduksi oleh organ hati ini. Keseimbangan albumin dibutuhkan untuk menjaga agar cairan yang terdapat dalam darah tidak bocor ke jaringan tubuh.

Jadi, protein albumin ini dibuat oleh organ hati dan kadar normal albumin yang seharusnya ada dalam plasma darah adalah mencapi 60%.

Albumin diproduksi oleh hati melalui mekanisme proses penyerapan protein yang dilakukan oleh hati. Hasil penyerapan inilah yang kemudian dialihkan menjadi albumin. Itulah sebabnya albumin juga dipakai sebagai tes pembantu dalam penilaian fungsi ginjal dan saluran pencernaan.

Membahas mendalam mengenai albumin, berat molekul albumin sangat bervariasi tergantung spesiesnya – terdiri dari 584 asam amino. Golongan protein ini paling banyak dijumpai pada telur ( yang disebut albumin telur), pada darah (disebut albumin serum), dan pada susu (disebut laktalbumin).

Pada manusia, berat molekul albumin plasma adalah 69.000, pada albumin telur 44.000,dan dalam daging mamalia 63.000. Kadar normal albumin dalam darah mencapai 3.4 dan 5.4 g/dL.

Apa Saja Manfaat Albumin Bagi Kesehatan Tubuh?

Selanjutnya membahas  mengenai manfaat albumin bagi kesehatan tubuh, ada banyak hal yang wajib Anda ketahui agar kadar albumin dalam plasma darah Anda tetap pada angka normal. Berikut penjelasannya:

1. Mengangkat Molekul-Molekul Kecil Melewati Plasma dan Cairan Sel

Albumin berfungsi untuk mengangkat molekul-molekul kecil melewati plasma dan cairan sel. Fungsi ini memiliki kaitan yang sangat erat dengan bahan metabolisme-asam lemak bebas dan bilirubin. Selain itu albumin juga memiliki fungsi untuk melarutkan obat-obatan yang kurang larut dalam air. Yang mana obat-obatan tersebut harus diangkat melalui darah dari satu organ ke organ yang lainnya. Hal ini bertujuan agar dapat dimetabolisme atau diekskresi. Selain itu, albumin juga berfungsi untuk memberi tekanan osmotik di dalam kapiler.

2. Membentuk Jaringan Sel Baru

Fungsi selanjutnya dari albumin adalah untuk pembentukan jaringan sel baru. Dalam ilmu kedokteran sendiri, albumin ini dimanfaatkan untuk mempercepat pemulihan jaringan sel tubuh yang terbelah. Maka dari itu sering kali digunakan setelah operasi, pembedahan, maupun luka bakar. Tidak hanya itu, albumin bisa menghindari timbulnya sembab paru-paru serta bisa menghindarkan gagal ginjal serta sebagai carrier faktor pembekuan darah.

3. Agen Pengikat Darah

Tahukah Anda bahwa sel darah manusia,  sebenarnya tidak sepenuhnya merupakan bentuk cairan. Disinilah albumin berperan sehingga darah menjadi cair. Karena albumin mengikat hampir seluruh bagian sel dengan air. Setelah itu terbentuklah cairan darah sebagaimana yang kita ketahui sekarang.

Fungsi utama dari albumin sebenarnya adalah mengikat darah. Faktanya ketika jumlah darah yang di ikat tidak sesuai kebutuhan, sel-sel dalam darah dalam tubuh manusia dan cairan akan terpisah. Ketika darah dan cairan ini terpisah, maka terbentuklah endapan-endapan darah pada beberapa bagian tubuh manusia yang disebut edema. Jika ederma ini terjadi, akan muncul yang pembengkakan bahkan terkadang muncul lebam.

4. Penjaga Keseimbangan Cairan Dalam Tubuh Manusia

Albumin memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh manusia. Karena pada dasarnya sel tubuh manusia membutuhkan keseimbangan cairan agar tetap menjaga fungsinya dengan baik. Maka albuminlah yang memiliki peran sebagai agen. Yaitu agen yang memiliki fungsi menjaga kondisi seimbang tersebut. Pernahkah Anda merasakan kekurangan cairan? Tentu saja semua manusia pernah merasakannya!

Kadang, manusia mengalami sebuah kondisi dimana sel kekurangan kadar air di dalam tubuhnya. Pada saat itulah tubuh mengalami kekurangan cairan. Kemudian disinilah albumin menjalankan perannya yaitu membantu air didalam darah, mengarahkannya agar dapat masuk dalam sel bersangkutan tersebut supaya kadar normal air dalam sel kembali.

Pada saat yang berlawanan pula albumin pun memiliki peran dimana fungsinya untuk membantu sel mengeluarkan kelebihan air kemudian memasukannya kembali dalam darah. Hal ini juga memiliki kaitan dengan edema yang dibahas tadi. Albumin akan menjalankan perannya saat tubuh tak lagi bisa mengendalikan kekurangan juga kelebihan air dalam sel.

5. Berfungsi Sebagai Saluran Berbagai Nutrisi dan Hormon

Albumin memiliki fungsi sebagai media yang mana nutrisi, lemak dan juga beberapa hormon seperti hormon kortisol, juga beberapa protein darah seperti bilirubin dan juga berbagai macam mineral yang tersimpan selama berjalan menuju seluruh tubuh melalui plasma darah. Jangan sampai tubuh kekurangan albumin karena hal ini dapat menjadikan tubuh mengalami kekurangan nutrisi atau sering disebut malnutrisi.

6. Memperbaiki Kerusakan Jaringan

Ternyata albumin juga memiliki peran yang sangat penting dalam proses regenerasi juga perbaikan pada sel sekaligus juga menjadi agen yang membentuk ikatan sel. Albumin pun membantu untuk memberi sinyal pada sistem imunitas mengenai adanya tanda-tanda kerusakan pada sel tubuh. Sehingga menjadikan albumin memiliki peran yang erat dalam pembentukan sel darah putih karena merupakan garda utama sistem imunitas tubuh. Apabila terjadi hipoalbumin, maka tubuh akan lebih mudah mengalami edema yang mana hal ini meningkatkan efek inflamasi.

7. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Ternyata albumin juga berperan untuk mengurangi resiko penyakit jantung koroner. Karena albumin mampu menurunkan kadar lemak yang ada di dalam darah. Sebab itulah albumin bisa mengurangi terjadinya serangan jantung. Tidak hanya itu, albumin juga mampu menghindari resiko stroke dan penyempitan pembuluh darah. Karena prolin yang dikandung oleh albumin ini memiliki peran agar dapat menguatkan otot-otot jantung.

8. Mengatasi Hepatitis

Apakah benar albumin bisa mengatasi hepatitis? Jawabannya adalah ‘tentu saja bisa’. Kenapa? Karena albumin mampu meregenerasi empedu dan juga sel hati karena di dalam albumin terdapat kandungan yaitu mineral dan juga asam amino essensial yang sangat lengkap.

9. Dapat digunakan di Industri Pangan dan Produk Farmasi

Albumin juga memiliki aplikasi dan kegunaan yang luas dalam makanan atau pangan serta produk farmasi. Pada industri pangan, albumin, berguna dalam pembuatan es krim, bubur manula, permen, roti dan puding bubuk dan masih banyak lagi.

10. Berbagai Fungsi Lainnya

Selain yang telah disebutkan diatas, albumin juga memiliki banyak peran seperti memperbaiki gizi buruk pada bayi, anak dan juga pada ibu hamil. Albumin  juga bisa membantu proses penyembuhan pada penderita autis, Maka, albumin menjadi sangat penting bagi kesehatan tubuh Anda.

Demikianlah 10 manfaat pada albumin yang wajib Anda ketahui. Namun muncul pertanyaan selanjutnya, jika di dalam plasma darah manusia kekurangan albumin, darimana kita bisa mendapatkannya? Seseorang bisa mengalami hiperalbumin yang mana hal ini akan menyebabkan terjadinya dehidrasi dan mendorong kadar garam yang ada di dalam darah menjadi lebih tinggi serta akan memicu pengentalan darah. Kita bisa mendapatkan manfaat albumin dari berbagai sumber makanan dan sumber vitamin lainnya. Sumber makanan yang memiliki banyak manfaat albumin adalah ikan gabus.

Kebaikan dan Manfaat Albumin dari Ekstrak Ikan Gabus

Kabar baiknya, kini ada ektrak ikan gabus yaitu Pujimin. Pujimin ini merupakan ekstrak ikan gabus dalam bentuk kapsul. Kandungan ikan gabus dalam pujimin merupakan ikan gabus pilihan yang memiliki banyak kandungan Channa Albumin serta Asam Amino Essensial yang sangat lengkap.

Pujimin ini termasuk kapsul herbal dari albumin yang kandungan protein albuminnya sangat tinggi karena diambil dari ektrak Ikan gabus. Sedangkan ikan gabus adalah sumber albumin paling tinggi dibanding sumber makanan lainnya. Informasi pemesanan Albumin dapat Anda peroleh di website KapsulPujimin.com.

Walaupun pada kenyataannya ikan gabus tidak masuk hitungan lauk favorit keluarga, dan bagi nelayan pun ikan gabus dianggap kurang bernilai ekonomis, namun sebenarnya ikan gabus memiliki nilai yang sangat tinggi. Ikan yang memiliki bau amis yang sangat tidak menyenangkan ini ternyata mampu disulap menjadi suplemen makanan yang berfungsi untuk mempertahankan tekanan osmotic koloid kapiler, membantu peningkatan kekebalatan tubuh secara alamiah. Menaikkan kadar albumin, dan berperan untk mempercepat proses penyembuhan.

Ikan gabus yang tadinya tidak disukai ini  berubah menjadi sesuatu yang bernilai dan bermanfaat tinggi bagi kesehatan dan mudah di konsumsi. Bau amis yang tadinya sangat mengganggu menjadi hilang dan tidak terasa lagi. Semua ini ada pada Pujimin.

Kandungan Albumin terbanyak terdapat di Pujimin via kapsulpujimin.com

Beberapa manfaat Pujimin bagi kesehatan Anda diantaranya yaitu :

  • Mampu menaikkan kadar albumin lebih cepat serta menaikkan hemoglobin darah bahkan lebih cepat dari pada cairan infus.
  • Mampu menaikkan berat badan anak Anda apabila kekurang gizi. Kenaikan yang paling signifikan kurang lebih 1 kilogram tiap bulan.
  • Jika seorang Ibu akan melahirkan bayi dan bayi tersebut kekurangan gizi, maka akan menjadi lebih sehat dengan diberi kapsul ikan gabus Pujimin untuk mendapatkan tambahan protein dan zat besi.
  • Penderita hipoalbuminemia
  • Membantu penyembuhan Penderita HIV/AIDS
  • Membantu penyembuhan penyakit pada organ hati
  • Status gizi balita
  • Memperbaiki gizi buruk pada bayi, anak, dan ibu hamil
  • Mempercepat penyembuhan penyakit diabetes
  • Mempercepat penyembuhan luka paska operasi
  • Mempercepat penyembuhan luka paska melahirkan
  • Mempercepat penyembuhan luka bakar, luka luar ataupun luka dalam
  • Penderita post operatif
  • Sangat baik dikonsumsi untuk usia lanjut
  • Status gizi penderita tuberkulosis
  • Membantu proses penyembuhan pada penyakit stroke
  • Membantu proses penyembuhan pada penyakit kanker
  • Membantu proses penyembuhan patah tulang
  • Membantu proses penyembuhan pada autis
  • Membantu proses penyembuhan pada prostat
  • Membantu proses penyembuhan pada penyakit ginjal
  • Membantu proses penyembuhan pada penyakit liver
  • Membantu proses penyembuhan pada pembengkakan
  • Membantu proses penyembuhan pada thypus
  • Membantu proses penyembuhan pada penyakit TBC/infeksi paru
  • Membantu proses penyembuhan pada penyakit gula
  • Meningkatkan kadar albumin dan Menjaga Kesehatan tubuh/daya tahan tubuh

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat albumin dan seperti apa perannya untuk kesehatan tubuh. Serta bagaimana ikan gabus yang tadinya tidak disukai menjadi disukai dan menjadi bermanfaat melalui kapsul Pujimin. Mengonsumsi Pujimin dapat mencukupi kebutuhan albumin Anda, anak Anda dan juga seluruh keluarga.