Jember Ekspor Edamame Ke Jepang

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman melepas ekspor produk edamame asal Jember ke pasar Jepang sebesar 23 ribu kg. Edamame merupakan jenis kacang kedelai yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Negeri Sakura.

Dia mengatakan, selain Jepang, produk edamame ini juga diharapkan bisa diekspor ke negara lain. Secara total pada 2018, Kementerian Pertanian menargetkan 9.000 ton edamame asal Jember akan masuk di pasar mancanegara.

“Kita ekspor ke 12 negara. Jepang, Amerika Serikat, Australia, Malaysia, serta beberapa negara di Eropa, Timur Tengah dan seterusnya,” ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (24/5/2018).

Kementerian Pertanian sedang gencar mendorong ekspor produk-produk pertanian untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Ini yang harus kita dorong. Pesan Pak Presiden, yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi ada dua. Yang pertama ekspor, yang ke dua investasi,” kata dia.

Untuk mendorong ekspor, Kementerian Pertanian (Kementan) telah melakukan sejumlah langkah deregulasi. Pada 2018, sudah ada 50 Peraturan dan Keputusan Menteri Pertanian yang dihapus.

“Jika ada yang ingin ekspor, kita permudah. Kita jemput bola, jika perlu antarkan surat-surat yang dibutuhkan untuk ekspor,” ujar Amran.

Dia menuturkan, tren ekspor produk pertanian juga terus mengalami kenaikan dalam empat tahun terakhir. Beberapa produk yang sedang digencarkan antara lain adalah jagung dan ayam olahan.

Sebelumnya, Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman melepas ekspor 70.150 ton jagung produksi Gorontalo ke Filipina. Angka ekspor jagung itu melebihi dari target yang dibebankan ke daerah yakni 57.000 ton selama 2018.

“Tapi hanya dalam waktu tiga bulan, 70 ribu ton sudah selesai,“ kata Amran di Gorontalo, Kamis 3 Mei 2018.

Amran mengatakan dengan jumlah ekspor yang melebihi target itu, maka kementerian Pertanian optimistis Gorontalo sebagai salah satu sentra jagung bisa menaikkan angka ekspor 150 ribu ton atau dua kali lipat.

Untuk mendukung hal itu, dia menyiapkan sejumlah langkah. Di antaranya pemberian bibit unggul, pembukaan akses ekspor langsung dari Gorontalo tanpa harus transit terlebih dahulu ke Surabaya.

“Kemarin kami juga mendampingi pak Presiden Jokowi, melakukan MoU ekspor jagung dengan Menteri Pertanian Filipina dihadapan Presiden Duterte. Sekarang ekspor sudah diterima,“ ungkapnya.

Pada 2018, pemerintah Indonesia menargetkan angka ekspor jagung bisa mencapai 500 ribu ton. Angka itu, menurut Amran bisa tercapai karena daerah seperti Gorontalo bisa melebihi target ekspor yang dibebankan.

Ada dua hal penting yang tengah dikejar oleh pemerintah saat ini, yaitu ekspor dan investasi. Khusus ekspor jagung dia meyakini bahwa akan menambah kesejahteraan para petani. Terlebih indonesia memiliki kekayaan alam yang besar.

“Kita dulu impor 3,6 juta ton, itu setara Rp 10 triliun. Sekarang kita sudah ekspor jagung,“ pungkasnya. (berbagai sumber)

 

Nilai Gizi dan Kandungan Edamame
“Kita dulu impor 3,6 juta ton, itu setara Rp 10 triliun. Sekarang kita sudah ekspor jagung,“ pungkasnya.
Edamame mengandung energi, protein, serat, karbohidrat, berbagai asam amino serta lemak dan gula dalam kadar rendah. Selain itu, tanaman sejenis kedelai ini juga mampu menjadi sumber yang baik dari berbagai mineral seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, dan mangan. Vitamin C, riboflavin, thiamin, niasin, asam pantotenat, vitamin B6, folat, vitamin E, dan tokoferol adalah beberapa vitamin yang terkandung dalam edamame. Dari 100 gr edamame terdapat 110 kalori dan mampu memberikan 10,25 g atau 18% asupan protein harian yang direkomendasikan. Tahukah Anda edamame juga merupakan sumber folat yang sangat baik, dari 100 gram edamame segar mengandung 303 mcg atau 76% folat. Folat, bersama dengan vitamin B-12, adalah salah satu senyawa penting sintesis DNA dan pembelahan sel. Kedelai jepang ini juga memiliki kadar vitamin C dalam jumlah sedang (9,7 mg atau sekitar 16% DRI). Seperti yang kita ketahui, vitamin C merupakan antioksidan alami yang mampu membantu mencegah efek radikal bebas, menjaga kekebalan tubuh, dan agen anti-inflamasi. Dalam 100 gram edamame, terkandung zat-zat gizi sebagai berikut (Sumber: USDA National Nutrient data base)

Kandungan Nilai Gizi Persentase RDA
Energi 109 Kcal 5,5%
Karbohidrat 7,61 g 6%
Protein 11.22 g 20%
Lemak total 4,73 g 23,5%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat makanan 4,8 g 13%
Vitamin
Folat 303 mcg 76%
Niasin 0,925 mg 6%
Asam pantotenat 0,535 mg 11%
Piridoksin 0.135 mg 10%
Riboflavin 0,265 mg 20%
Thiamin 0.150 mg 12,5%
Vitamin A 0 IU 0%
Vitamin C 9,7 mg 16%
Vitamin E 0,72 mg 5%
Vitamin K 31,4 mcg 26%
Elektrolit
Sodium 6 mg <1%
Kalium 482 mg 10%
Mineral
Kalsium 60 mg 6%
Tembaga 0,324 mcg 36%
Besi 2,11 mg 26%
Magnesium 224 mg 56%
Mangan 1,672 mg 73%
Fosfor 161 mg 23%
Seng 1,32 mcg 12%

 

Pengertian Edamame

Edamame adalah kacang kedelai yang berasal dari Jepang dan sangat dikenal di sana. Polongnya edamame lebih besar dari kedelai biasa. Warna kulit polongnya bervariasi dari hitam, hijau, atau kuning. Edamame adalah menu yang populer di restoran izakaya Jepang. Garam dan bawang putih merupakan bumbu khas untuk edamame. Biasanya orang Jepang merebus polong edamame yang muda sebagai cemilan saat minum sake. Bentuk tanaman edamame ini lebih besar dari kedelai biasa, begitu pula biji dan polongnya. Kacang edamame merupakan kedelai yang dapat dimakan langsung dalam keadaan segar dan sangat dikenal sebagai camilan dengan banyak kandungan gizi. Edamame kaya akan protein, serat makanan, dan mikronutrien, terutama folat, mangan, fosfor dan vitamin K. Kandungan asam lemak pada 100 gram edamame adalah sebanyak 361 mg asam lemak omega-3 dan 1800 mg omega-6. Apakah edamame bikin jerawat ? Walaupun termasuk ke dalam jenis kacang-kacangan, kacang edadame mempunyai sedikit risiko untuk membuat timbulnya jerawat bagi para pemakannya. Jadi kamu nggak perlu khawatir untuk mengkonsumsi kacang edamame ini. Apa saja varietas edamame atau jenis kedelai edamame ? Beberapa varietas kedelai edamame yang ada di Indonesia rata-rata semuanya masih di impor dari luar negeri antara lain varietas Yukimusame dari Jepang dan varietas Kahala dari Hawaii.