Bea Cukai Tempati Kantor Baru di Jember

KANTOR BARU: Usai diresmikan oleh Faida Bupati Jember, Bea Cukai Jember memusnahkan ribuan rokok, kosmetik dan obat-obatan ilegal.

bedadung.com | Jember – BeaCukai Tempati Kantor Baru di Jembe
Gedung Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) kini resmi di operasionalkan di Jember, pembukaan kantor baru tersebut ditandai pengguntingan pita dan pemotongan tumpeng oleh Bupati Jember dr.Hj.Faida, MMR Jum’at (23/11-2018).

Selain Bupati Jember, hadir pula diacara tersebut, Direktur Jendral (Dirjen) Bea dan Cukai Heru Pambudi, Kusworo Wibowo Kapolres Jember, Fauzan Kepala LPP RRI Jember dan Kejaksaan Negeri Jember.

Dalam kata sambutannya, Bupati Faida mengatakan, dirinya menyampaikan rasa terimakasihnya kepada bea cukai karena telah memilih Kabupaten Jember untuk pembangunan kantor baru tersebut.

“Dengan pendirian kantor baru bea cukai di Jember, nantinya Pemkab Jember akan terus membangun sinergi bersama bea cukai,” tegas Faida.

Faida mencontohkan, sinergi itu misalnya Pemkab Jember dan bea cukai akan membina usaha kecil menengah (UKM). Sementara itu Heru Pambudi Dirjen Bea saat jumpa pers mengungkapkan, keberadaan bea cukai itu sejatinya untuk melindungi masyarakat dari peredaran barang ilegal.

“Meski baru hari ini kantor bea cukai di Jember diresmikan, namun kegiatan pengawasan dan pelayanan bea cukai telah lama dilakukan,” jelas Heru.

Ditambahkan pula oleh Heru, KPPBC di Jember ini memiliki wilayah pengawasan tiga kabupaten, yakni Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Situbondo.

“Terbukti hingga Nopember 2018 ini, Bea Cukai Jember telah melakukan 32 penindakan. Terdiri 27 penindakan bidang cukai dan 5 tegahan barang kiriman pos,” imbuh Heru.

Dari catatan Bea Cukai Jember disebutkan, barang hasil penindakan berupa 1.415.608 batang rokok ilegal senilai Rp.959.113.980, selain itu 1.572 item barang tegahan pos berupa sex toys, kosmetik dan obat-obatan senilai Rp.124.541.334, dan semuanya itu akan dimusnahkan.

Dibagian lain, Kusworo Wibowo Kapolres Jember siap membantu Bea Cukai Jember untuk mencegah masuknya barang ilegal di Kabupaten Jember.(*)