Obat Herbal Tradisional Setelah Operasi Caesar Cepat Sembuh

Obat Herbal Tradisional Setelah Operasi Caesar Cepat Sembuh

 

Apasih Obat Tradisional Setelah Operasi Caesar Yang bisa bikin luka caesar cepat kering ?

Kami yakin Bunda menginginkan penyembuhan pasca operasi caesar yang lebih cepat. Atau setidaknya ungkapan seperti diatas pernah terpikirkan oleh Anda.

Setelah terjadi pendarahan yang cukup banyak pasca operasi, tentunya tubuh membutuhkan protein plasma darah sebagai penggantinya. Oleh sebab itu Bunda diinfus pasca operasi.

Namun, tahukah Bunda?? ada pengganti protein plasma darah yang lebih efisien yaitu serum albumin. Tapi yang harus dipikirkan lagi adalah harganya yang mahal sampai JUTAAN…!!!

Ada Cara Alami dengan Obat Tradisional Setelah Operasi Caesar yang ternyata khasiat dan perbandingannya kecepatan penyembuhannya tidak kalah bahkan lebih baik bila dibadingkan serum albumin yang mahal.

obat tradisional pasca caesar
obat tradisional pasca caesar
INI MASALAH BUNDA KAN?

Banyak Bunda yang kembali kerumah sakit setelah operasi caesar, dikarenakan perawatan luka yang tidak sempurna. Bunda tidak ingin kembali ke Rumah Sakit dengan menceritakan keluhan yang anda rasakan saat di rumah kan ? supaya luka caesar Bunda cepat kering ? SIMAK!!

Sebagai Ibu yang memainkan banyak peran dalam keluarga, Bunda ingin cepat sembuh, untuk segera kembali beraktifitas seperti ibu melahirkan normal lainnya ? Takut infeksi, karena luka yang tak kunjung kering ?

Kebanyakan makanan mempercepat penyembuhan luka operasi caesar, seperti dari telur dan daging mengandung protein tinggi. Tapi bukankan itu mengandung tinggi kolesterol.

Lalu bagaimana dengan ibu yang memiliki kadar gula darah tinggi ? Kemungkinan dapat meningkatkan risiko masalah setelah operasi, seperti: Infeksi setelah operasi, Penyembuhan lambat sampai Masalah komplikasi ke jantung.

Bunda juga bingung kenapa kaki membengkak setelah operasi ? PENTING!! bagi wanita karir dan mempunyai anak lebih dari satu, mungkin sepintas berpikir :

– Bagaimana cara cepat menyembuhkan luka operasi caesar agar bisa cepat kembali beraktifitas seperti biasa.

– Mencari tahu makanan yang cepat menyembuhkan luka casear.

– Sempet berpikir mencari obat kimia luka operasi biar cepat kering. Hati-hati bunda obat kimia untuk luka bunda bisa mempengaruhi ASI untuk buah hati bunda loh ….Bunda sudah mencoba obat ini, obat itu, Tapi kok efek yang dirasakan tak datang juga. Kenapa tidak ada yang memberikan efek sampai bagian dalam tubuh ya?

– Memangnya ada, obat pasca operasi caesar luka cepat sembuh terutama yang alami tanpa efek samping? tanpa mempengaruhi kualitas ASI ? malah justru meningkatkan kualitas ASI juga ?

MARI PERHATIKAN BILA BUNDA MENGGUNAKAN KAPSUL KUTUK PREMIUM YANG ALAMI SEBAGAI OBAT TRADISIONAL SETELAH OPERASI CAESAR.
Pentingnya Kadar Albumin Alami

Kadar Albumin setelah operasi sangat menentukan proses penyembuhan dan kecepatan pengeringan luka. Luka operasi Caesar yang kambuh dan mengakibatkan bengkak gatal dikarenakan pembentukan sel lukanya tidak sempurna. Albumin memastikan penyembuhan yang sempurna. Ini fakta manfaat albumin dalam kapsul kutuk premium.

Fakta tentang kadar Albumin Alami Kapsul Kutuk Premium

1. Albumin adalah inti plasma dari protein yang kadarnya sangat sedikit

2. Kadar Albumin Ikan Kutuk 7 X lebih banyak bila dibandingkan Telur

3. Kadar Albumin Ikan Kutuk 90% Mudah Dicerna sehinga tidak memicu implikasi kolesterol

4. Penggunaan Konsentrasi Tinggi Albumin Alami 5X mempercepat penyembuhan luka pasca operasi caesar

5. Protein Alami dalam ektrak kapsul kutuk premium membantu menormalkan dan meningkatkan produksi ASI ibu setelah operasi caesar.

6. Albumin dalam ektrak kutuk konsentrat tinggi menjamin terbentuknya jaringan yang lebih sempurna pada bekas operasi sehingga tidak memunculkan koloid yang berlebihan.

obat tradisional penyembuh luka caesar
obat tradisional penyembuh luka caesar
PENTINGNYA EKTRAK KUTUK ALBUMIN ALAMI SEBAGAI OBAT TRADISIONAL SETELAH OPERASI CAESAR

Setiap orang yang mengalami luka besar akan mengalami penurunan kadar albumin dalam plasma darah dikarenakan disalurkan untuk pembentukan sel baru
Dengan keadaan normal manusia , produksi albumin setiap harinya sangat sedikit yakni sekitar 0.05gr/kg. dan kebutuhannya akan melonjak bila tubuh membutuhkan pembentukan sel baru
Faktanya Kadar albumin dalam ikan kutuk sangat tinggi yakni 62,24 g/kg, sementara telur hanya 9,34 g/kg sekitar 7 kali lipatnya.
PERHATIKAN , dengan asupan 3 kapsul kutuk 1 hari yang berasal dari 5 ons kutuk anda sama dengan memberikan asupan pada tubuh sekitar 6,2 g/kg albumin dalam tubuh. Kabar baiknya Albumin Ikan Kutuk 80% Mudah Dicerna sehinga selain tidak memicu implikasi kolesterol , albumin kutuk juga akan mampu meningkatkan asupan albumin dalam tubuh Bunda. dan prediksi 5X lebih cepat sembuh adalah prediksi yang tidak berlebihan.

Saat mencoba Kapsul Kutuk Premium ini maka Anda akan merasakan Khasiat dan Manfaat yang jauh lebih baik seperti:

Luka bekas operasi Anda akan lebih cepat kering.
Mencegah Munculnya KeloidPada Bekas Luka Caesar, karena penyembuhan dari dalam sel/

Mengurangi nyeri peradangan / pembengkakan.

Tanpa adanya Efek Samping terhadap Anda.

Albumin Kapsul Kutuk juga Membantu Produksi ASI Ibu Khususnya Yang Melahirkan Caesar

Lebih cepat proses penyembuhannya hanya (1-2 Minggu).

Menghindari bekas jahitan Anda terkena Infeksi.

Selain itu, Kapsul Kutuk Premium fraksi utama adalah albumin dengan perbandingan 10:1 non kolesterol. Cocok untuk Anda Penderita DIABETES (kadar gula darah tinggi).
AMANKAH KONSUMSI KAPSUL KUTUK PREMIUM ?

Tentu saja Aman untuk Dikonsumsi Anda, Kenapa? Karena Kapsul Kutuk sudah TERDAFTAR DI BPOM DENGAN NOMOR REGISTRASI 143 380 041 dan TERDAFTAR juga untuk label HALAL MUI DENGAN NOMOR REGISTRASI 12270001560515, JADI ANDA TAK PERLU RAGU LAGI UNTUK KONSUMSI KAPSUL KUTUK PREMIUM .

Cek Produk BPOM

Mudah dan Aman Untuk yang Ingin Berkonsultasi Silahkan Hubungi Kami:

 

Minum jamu setelah melahirkan caesar – Sering terjadi pertanyaan ‘Apakah setelah melahirkan caesar boleh minum jamu?’, pada dasarnya meminum jamu setelah melahirkan caesar tidaklah dilarang. Tetapi ibu harus mengikuti aturan yang baik dan benar agar jamu yang ibu konsumsi dapat berfungsi dengan semestinya. Perbanyak istirahat disarankan pada ibu setelah melahirkan caesar dan konsultasikan pada dokter kandungan ibu mengenai masalah konsumsi jamu agar jamu lebih efektif. Karena dokter kandungan ibu yang paling tahu tentang tubuh ibu dan pastinya akan memberikan saran terbaik untuk pemulihan ibu.

baca juga : ASI Tidak Keluar Setelah Melahirkan Caesar? Bagaimana Ibu Menyikapinya?

Setelah melahirkan setiap ibu pastinya memiliki tugas tambahan. Selain mengurusi urusan rumah tangga, ibu juga mengurusi si kecil yang pastinya membutuhkan perhatian ibu sepenuhnya. Ibu yang baru saja melahirkan secara caesar akan tambah kerepotan. Karena setelah operasi caesar terdapat luka bekas operasi yang perlu dirawat. Minum jamu usai melahirkan dengan tujuan untuk mengencangkan otot – otot yang kendur akibat kehamilan.

minum jamu Setelah Melahirkan Caesar, lalu apa Efek jamu Terhadap Luka Operasi

Salah satu jenis jamu yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat adalah kunyit asem. Kunyit memiliki nama latin Curcuma domestica val. Berdasarkan penelitian dengan memanfaatkan hewan percobaan, ekstrak Curcuma memiliki berbagai macam khasiat. Seperti antiinflamasi (antiperadangan), aktivitas terhadap peptic ulcer, antitoksik, antihiperlipidemia, aktivitas antikanker. Selain itu, kunyit juga memiliki efek merangsang kontraksi Rahim. Hal ini menjadi dasar penggunaan kunyit sebagai jamu untuk melancarkan haid.

minum jamu setelah melahirkan caesar
minum jamu setelah melahirkan caesar

Selain itu, berdasarkan pengetahuan yang beredar dimasyarakat, tanaman kunyit terdapat beberapa potensi pengobatan pada tubuh. Beberapa kedokteran telah melakukan penelitian yang berhubungan dengan potensi zat aktif kurkumin dalam tanaman kunyit. Kurkumin memiliki efek anti peradangan yang cukup baik. Sedangkan asam memiliki potensi membantu ganggan pencernaan, mengurangi mual, membantu melancarkan buang air besar dan anti racun.

Umumnya melahirkan melalui operasi caesar memiliki beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait kesembuhan dan pemulihan setelah operasi caesar. Salah satu yang harus diperhatikan adalah pola konsumsi, mengonsumsi jamu setelah melahirkan caesar dapat menyebabkan pembekuan darah.

Kurkumin yang terkandung di dalam kunyit selain memiliki potensi untuk menyembuhkan. Terdapat efek samping yang muncul bila konsumsinya melebihi 1500 gram (1,5kg) dalam sehari. Efek samping yang terjadi pada ibu setelah melahirkan caesar dan menyusui adalah gangguan pendarahan, kontaksi Rahim. Gangguan pendarahan mungkin akan membuat luka setelah melahirkan caesar sulit sembuh. Tetapi bila kunyit yang dikonsumsi sebagai minuman ringan dan tidak mengandung kunyit hingga 500 gram. Kemungkinan tidak akan muncul efek samping yang dikhawatirkan, apalagi jika sudah melalui masa penyembuhan setelah operasi caesar lebih dari 1 bulan.

minum jamu Setelah Melahirkan Caesar, Bolehkah? dan dapatkah untuk menghilangkan bekas luka operasi juga?

Setelah melahirkan caesar pastinya akan meninggalkan bekas jahitan operasi. Proses penyembuhan setelah melahirkan caesar sangat lama dibandingkan dengan melahirkan normal. Waktu normal untu penyembuhan luka bekas operasi caesar kurang dari 3 – 4 minggu, bisa saja lebih dari waktu normal tergantung cara ibu merawat luka bekas caesar. Terjadi infeksi luka pada bekas operasi bisa saja terjadi, jika ibu tidak merawat luka dengan benar.

minum jamu setelah melahirkan caesar
minum jamu setelah melahirkan caesar

Menggunakan olahan tradisional salah satunya dengan kunyit  adalah cara mudah dan alami untuk menghilangkan dan menyamarkan bekas luka setelah operasi. Karena kunyit memiliki banyak kandungan yang penting, diantaranya adalah memiliki kandungan antiseptic dan antibakteri yaitu kurkumin dan minyak astiri. Kunyit dapat membanyu membunuh kuman sekaligus merangsang tumbuhnya sel kulit yang baru, sehingga efektif untuk menghilangkan bekas luka pasca operasi sesar.

baca juga : Berapa Lama Masa Penyembuhan Luka Pasca Operasi Caesar

Perlu diperhatikan penggunaan tanaman kunyit karena dapat membuat kulit kekuningan. Sebab pada tanaman kunyit juga mengandung zat warna kurkuminoid yang dapat memberi warna kuning. Jika penggunaan dilakukan dengan benar, maka resiko tersebut akan minim terjadi. Salah satu cara mudah menggunakan masker kunyit agar tidak kekuningan adalah dengan menambahkan air susu atau yogurt dan beberapa tetes madu. Campurkan bahan tersebut hingga kental, kemudian letakkan dan ratakan pada bekas luka dan jangan gunakan masker ini pada luka yang masih basah dan sakit.

Kemudian sambil diangin – anginkan selama 2-3 menit, lalu pijat dan gosok dengan perlahan. Cara ini bisa meregenerasi kulit dengan lebih menyeluruh dan melancarkan proses penyembuhan. Setelah itu bilas dengan air dan keringkan dengan handuk. Penggunaan susu dan yogurt sebenarnya bisa mencegah bekas kekuningan.

Konsumsi salah satu obat herbal juga bisa menggantikan jamu, jika ibu yang tidak menyukai jamu mungkin karena baunya. Obat herbal yang dapat ibu konsumsi untuk menggantikan jamu yaitu Kapsul Kutuk Premium. Selain sebagai pengganti jamu, obat ini sangat bagus jika dikonsumsi oleh ibu pasca operasi caesar. Mengapa Begitu? Karena Kapsul Kutuk Premium ini merupakan obat herbal 100% alami yang dibuat dari ekstrak ikan Channa Striata, diproses secara ilmiah dan modern. Sangat efektif dan efisien untuk membantu proses pembentukan jaringan sel baru, serta mengandung ekstrak Channa Striata diolah secara higienis dan modern serta memiliki konsentrasi ekstraksi dengan perbandingan 10:1 yang ± setara dengan 5000 mg simplisia kering Channa Striata. Channa Striata dikenal sangat kaya akan albumin, salah satu jenis protein penting dan sangat diperlukan dalam proses penyembuhan pasca operasi, luka bakar, luka kecelakaan, dan pasca melahirkan.

 

Kapsul Kutuk Premium dikelola dari 100% Channa Striata dengan proses ekstraksi untuk mengoptimalkan khasiat Channa Striata, sehingga memudahkan untuk diserap dan dikeluarkan oleh tubuh tanpa mengawatirkan akan efek samping dari obat Kapsul Kutuk.

Keunggulan Kapsul Kutuk Premium

  1. Kapsul Kutuk dibuat dari 100% bahan herbal, sehingga aman untuk ginjal & organ lain
  2. Telah lolos uji standar Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM RI)
  3. Diproduksi secara higienis dibawah pengawasan apoteker ahli dengan pedoman CPOTB
  4. Telah mendapatkan legalitas dari MUI dan BPOM RI
  5. Dengan bahan ektrak, formula tepat, dan akurat. Sehingga reaksi lebih cepat dan efektif mengobati penyakit

Manfaat Kapsul Kutuk Premium :

  1. Mempercepat proses penyembuhan pasca operasi
  2. Meningkatkan kadar albumin
  3. Mempercepat penyembuhan luka dalam/luka luar
  4. Membantu proses penyembhan pada penyakit :

– Hepatitis, TBC/infeksi paru-paru, Nephotic Syindrome, Tonsiltis

– Thypus, Diabetes, Patah tulang, Gastritis, ITP, HIV

– Sepsis, Stroke, Thalasemia minor

  1. Membantu menghilangkan Oedem (pembengkakan)
  2. Memperbaiki gizi buruk pada bayi, anak, dan ibu hamil

 

 

Hallo Bunda saya mau cerita lagi tentang pengalaman pribadi saya Tentang Penyembuhan Pasca Operasi Caesar. Bunda tau lah… kadang kalo kita hamil seringkali yang terbayang dalam benak kita adalah ketakutan saat melahirkan. Apalagi dalam kasus saya adalah pada saat itu mengandung anak ke tiga, rasanya cukup deg-degan juga.

Kenapa begitu, banyak sudara dan tetangga yang bilang lahiran anak ketiga berbeda  dengan anak ke satu dan kedua. Konon katanya lebih sakit dan lebih beresiko. Tentu saja dalam melahirkan pilihannya ada dua yaitu melahirkan normal ataukah melahirkan dengan cara operasi caesar.

Cerita tentang anak ketiga memang bikin saya nervous, semacam menjadi sesuatu yang membayang-bayangi. Bunda perlu tau anak saya yang pertama dan kedua lahir normal jadi saya punya pengalaman lahiran normal. So… ya agak takut sih tapi bisa diatasi.

Saya mendengan cerita tentang “specialnya” lahiran anak ketiga lebih dari 4 sumber dan itu bukan hanya cerita, tetapi dari orang yang telah mengalaminya… Nah loh… gimana gak bikin tambah khawatir. Mungkin ini awal mula mengapa anak ketiga akhirnya saya pilih melahirkan secara Caesar.

Jadi buat Bunda-bunda yang sedang mengandung anak ketiga menurut saya, ada baiknya jangan terlalu mendengarkan cerita tentang “specialnya” melahirkan anak ketiga. Mengalir saja dan tentu saja berserah diri kepada Tuhan menurut saya jalan terbaik untuk melalui persalinan dengan lancar dan baik.

MEMILIH MELAHIRKAN CAESAR

Sembuh Pasca Operasi Caesar Dengan Cepat, Ini Pengalaman Saya
Sembuh Pasca Operasi Caesar Dengan Cepat, Ini Pengalaman Saya

Dari sedikit cerita saya diatas, faktor kekhawatiran memang sangat berpengaruh besaryang menyebabkan anak ketiga saya lahir caesar. Jadi ketika saat-saat mulai bukaan 3 rasa gelisah saya semakin menjadi. Dan entah mengapa saya menjadi tidak optimis untuk mampu melahirkan secara normal.

Akhirnya karena suami juga tidak mau mengambil resiko berlebihan , melalui pertimbangan dokter langganan juga akhirnya opsi melahirkan Operasi caesar saya jalani. Ini pengalaman pertama saya dan mudah-mudahan yang terakhir. Karena ngurusin 3 anak lucu-lucu yang masih kecil-kecil rempong banget kan Bu :). Sudah 3 anak sudah sangat cukup dan bikin rumah saya yang kecil menjadi rame bin berantakan he..he..he…

Pasca operasi caesar ketika biusnya mulai habis mulai terasa rsa sakit dibekas jaitan menjalar. Rasa pusing dan mual dikepala juga cukup lumayan juga ketika itu. Memang saya agak spesial kata dokter. Rasa nyerinya sulit hilang… meski akhirnya ya hilang juga sih.

Nah ini pokok pengalaman saya terkait pasca operasi caesar, jadi setelah 1 minggu saya menggunakan obat anti keloid yang direkomendasikan oleh dokter.

Namun entah mengapa justru luka operasi caesar tersebut mengeluarkan cairan putih dan kadang-kadang keluar darah juga. kemudian saya berkonsultasi lagi. Menurut dokter tubuh saya kekurangan Albumin, satu jenis protein yang berfungsi meningkatkan pertumbuhan sel-sel yang rusak. Protein albumin ini sangat baik untuk mempercepat penyembuhan pasca operasi caesar.

Dokter menyarankannya untuk makan telor 3 butir sehari untuk meningkatkan kadar albuminnya. menurut dokter yang satu lagi nutrisi juga harus seimbang jadi tidak hnaya albumin yang dinaikan tetapi juga kadar nutrisi lain yang ada dalam berbagai makanan. Saya kemudian baca-baca dapatlah beberapa kesimpulan ini agar luka pasca operasi caesar cepat sembuh. berikut yang saya simpulkan :

1. Menjaga asupan nutrisi yang seimbang

Pastikan selalu ada makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E, protein dan makanan berkalori tinggi dalam menu Bunda.

Jangan percaya mitos jaman dahulu bahwa telur, ayam, seafood membuat luka operasi menjadi gatal dan tidak cepat kering. Menurut dr. Samodra, asam amino dari protein sangat membantu penyembuhan luka pasca operasi caesar.

2. Jaga luka operasi caesar dalam keadaan kering, bersih dan steril

Saat ini teknik pengobatan pasca operasi caesar sudah lebih canggih. Dulu kita perlu mengganti perban luka sehari dua kali. Tetapi saat ini hal tersebut sudah tidak perlu dilakukan lagi.

Saat pulang dari rumah sakit, luka operasi caesar akan di tutup dengan plester anti air. Bunda bebas beraktivitas seperti biasa sampai dengan 7 hari ke depan untuk melakukan kontrol ke dokter kandungan. Tetapi selama 7 hari tersebut bunda juga harus tetap memastikan bahwa plester tersebut menutup luka operasi dengan sempurna.

Saat plester telah dibuka, jaga kebersihan luka dengan cairan antiseptik atau salep yang di resepkan dokter.

3. Tetap beraktivitas/olah raga ringan

Luka operasi caesar pada awalnya memang agak sakit. Tetapi berbaring saja di tempat tidur tidak akan membuat luka lebih cepat membaik. Semakin cepat Bunda mengawali beraktivitas kembali, semakin berkurang rasa nyeri yang dirasakan.

Setelah infus dilepas, mulailah belajar duduk, berdiri dan berjalan. Gerakan tubuh akan membuat sirkulasi darah lebih lancar dan mempercepat proses penyembuhan. Bagian di sekitar bekas operasi pun jadi tidak terasa kaku.

Olah raga yang bisa di lakukan adalah jalan santai dan senam ringan

4. Cukup minum air putih

Mitos harus mengurangi minum air setelah caesar adalah tidak benar. Justru Bunda disarankan untuk minum air yang banyak, minimal 8 gelas sehari. Tujuannya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang serta memperlancar produksi ASI.

5. Gunakan pakaian yang nyaman dan longgar

Selama masa pemulihan setelah menjalani operasi caesar, gunakan pakaian yang nyaman dan longgar. Hal berguna untuk menghindari iritasi karena adanya tekanan maupun gesekan dengan pakaian karena terlalu ketat.

Bunda, Semoga luka operasi caesar bunda cepat kering.

RESEP TRADISIONAL SOP IKAN GABUS , MERAGUKAN TAPI MANJUR UNTUK LUKA CAESAR

cookpad.com
cookpad.com

Dari kelima tips itu ada satu Tips lagi yang untuk saya tidak begitu sering mendengar tetapi ternyata cukup manjur. Jadi pada minggu ke dua setelah saya pakai anti koloid dan menyebabkan keluar cairan putih dari luka. Kaka dari Ibu saya membawakan masakan berupa sop ikan.

Saya tanya BudeKok bawa masakan segala ,,ngerepotin aja… kemudian dia bilang ini Sop Ikan Gabus atau ada juga yang menyebut ikan kutuk. Bude saya ini memasaknya seperti sop ikan gurame dengan kuah bening dengan daun bawang segar dan tomat rasanya segar sekali.

Dia bilang Sop ini dapat mempercepat penyembuhan luka operasi caesar. Saya sih gak begitu percaya, lawong pake obat aja juga kadang lama ini pake jurus Sop Ikan ha..ha..ha… Doesn,t make sense. Tapi karena masakan bude saya itu enak ya… gak ada ruginya juga dimakan sampe abis. Nah Bude saya ini bawain sop ikan gabus seminggu hampir rutin 3 kali dan dia akan senewen kalo saya gak ngabisin itu Sop… pokoknya ini harus habis, di bilang gitu.

Well… awal sih enak tapi kalo seminggu 3 kali ya bosen juga Bude… Tapi sudahlah ngikut sama orang tua aja deh. Nah pada minggu kelima luka operasi caesar saya mengalami kemajuan yang cukup baik. cairan putihnya udah berhenti banget dan luka nya berangsur-angsur membaik.Nah dari situ kemudian saya mulai agak ngasih perhatian sama “Sop Ajaib Ikan kutuk” (Sop Ikan Gabus) ramuan Bude saya itu.

Dari hasil baca-baca- ternyata Ikan gabus mengandung albumin yang tinggi, jauh lebih banyak dari albumin yang ada dalam telor . Kandungan protein ikan gabus sebesar 25,5%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan bandeng (20,0%), ikan mas (16,0%), ikan kakap (20,0%), maupun ikan sarden (21,1%).

Prof. Nurpudji dari Universitas Hasanuddin, Makassar, pemberian 2 kg ikan gabus masak setiap hari kepada pasien pasca operasi akan meningkatkan albumin mereka menjadi normal. Pemberian ekstrak ikan gabus selama 10-14 hari menunjukkan peningkatan albumin hingga 0,6 hingga 0,8 g/dl. Kandungan albumin plus mineral zinc (Zn) dalam tubuh ikan gabus yang sebesar 1,7412 mg/100 g daging inilah yang membantu proses penyembuhan luka lebih cepat. Per 100 gram, kadar protein telur hanya 12,8 gram, daging ayam 18,2 gram, daging sapi 18,8 gram sedangkan ikan gabus / ikan kutuk mencapai 25,2 gram.

Sangat jauh terpautnya. Nilai plus ikan gabus / ikan kutuk yang lain ialah ikan ini memiliki nilai cerna yang sangat baik yakni mencapai lebih dari 90%Oke-Oke…. I see Bude… jadi malu juga setelah baca-baca artikel ternyata resep sop ikan Gabus atau ikan kutuk bikinin Bude gue itu manjur karena memang secara ilmiah juga ikan kutuk (ikan Gabus) kaya akan kandungan albumin yang baik untuk pasien pasca operasi

KAPSUL KUTUK PREMIUM Obat Alternatif Alami

Ni pesen saudara katanya emang cocok banget ikan kutuk (Ikan Gabus) buat percepat penyembuhan pasca operasi caesar, saudara saya karena repot bikin sop mulu, dia percaya sama kutuk premium yang udah dalam bentuk kapsul, katanya cocok banget dan cepet sembuh.

 

1. Sabar untuk Bergerak

Semua ibu yang baru melahirkan tentu ingin cepat bisa bergerak dan menyusui bayi. Namun langkah ini tidak bisa dilakukan cepat oleh ibu yang melewati persalinan caesar. Gerakan untuk ibu yang telah melakukan operasi caesar masih sangat sedikit. Setelah mulai belajar untuk bergerak di sekitar tempat tidur maka akan berjalan pelan. Setelah itu, ibu akan belajar untuk mengangkat bayi. Gerakan pada bagian perut harus sangat kecil untuk mengurangi resiko pembekuan darah dan aliran darah yang naik ke paru-paru.

2. Tidak Mengangkat Bayi Sendiri

Setelah operasi caesar maka bekas luka operasi memang tidak bisa sembuh dengan cepat. Untuk mempercepat pemulihan maka hindari gerakan membungkuk atau mengangkat. Jika ibu ingin mengangkat bayi maka sebaiknya mendapatkan bantuan dari orang lain. Ibu bisa menggendong bayi saat tetap duduk di kursi dengan nyaman. Berikan bantalan yang lembut di sekitar perut untuk mencegah tekanan perut dari berat bayi. Dengan cara ini maka ibu tetap bisa menyusui bayi.

3. Minum Banyak Air

Mengkonsumsi banyak air akan membantu ibu agar tidak mendapatkan dehidrasi. Dehidrasi biasanya dialami oleh semua ibu yang telah melewati operasi caesar. Rasa haus yang berlebihan sering menyerang dan harus diatasi dengan minum air secara teratur. Air bisa membantu mengatasi kebutuhan mineral dan bisa menjadi cara untuk menjaga agar produksi air susu ibu terus berjalan. Kebutuhan air ini, juga bisa dicukupi dengan manfaat air kelapa muda dan manfaat air kelapa hijau.

4. Minum Obat

Setelah operasi caesar maka biasanya dokter akan memberikan obat yang harus diminum secara teratur. Obat ini biasanya mengandung zat anti inflamasi yang mencegah peradangan dan membantu luka operasi agar cepat sembuh. Obat ini juga bisa mengatasi rasa sakit pada bagian bekas luka, sehingga ibu menjadi tetap nyaman. Terkadang ada rasa nyeri atau kram rahim karena bentuk rahim yang mengalami penyusutan setelah bayi lahir. Bahkan rasanya mungkin akan semakin sakit pada bagian bekas operasi. Untuk itu perawatan dengan obat tetap dibutuhkan.

 

 

5. Pendarahan itu Normal

Pendarahan melalui organ vital bawah atau vagina memang harus terjadi pada ibu yang telah melakukan operasi caesar. Pendarahan ini akan membantu membersihkan rahim setelah plasenta keluar dalam proses persalinan. Pendarahan adalah proses alami yang normal sehingga ibu tidak perlu khawatir. Bagi wanita, kondisi pendarahan yang mesti dikhawatirkan yakni karena :

6. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Sembelit biasanya banyak dihadapi oleh ibu yang baru saja melakukan operasi caesar. Organ perut dan pencernaan mengalami beberapa perubahan yang sangat besar setelah operasi. Untuk mengatasi hal ini maka ibu harus lebih sering mengkonsumsi makanan berserat. Berbagai jenis jus dari buah dan sayuran sangat disarankan. Konsumsi sayuran yang sudah dimasak juga harus dilakukan secara rutin. Jika sembelit tetap tidak berkurang maka ibu harus mendapatkan bantuan dari obat dokter.

7. Hindari Infeksi

Meskipun anda memperhatikan kesehatan rahim karena itu terletak dibagian dalam, namun jaga agar bekas operasi juga tidak menimbulkan infeksi. Luka bekas operasi biasanya akan sembuh dalam waktu sekitar 7 hari. Namun beberapa ibu yang telah melakukan operasi caesar juga bisa mendapatkan infeksi karena beberapa faktor. Tanda infeksi yang perlu diperhatikan adalah seperti demam, menggigil, badan terasa lebih lelah, rasa sakit pada bekas operasi dan muncul nanah pada bekas operasi. Selain itu, pertimbangkan beberapa cara untuk mendapatkan perawatan yang tepat untuk bekas luka operasi dari dokter atau perawat.

8. Tahan Perut saat Batuk

Kontraksi ringan akan sering terjadi pada bagian rahim. Untuk mempercepat pemulihan rahim pasca caesar ketika anda terserang batuk adalah dengan menahan daerah perut bagian bekas operasi. Tekanan saat batuk akan menyebabkan rasa tidak nyaman sehingga,  harus tetap membuat perut terasa seperti biasanya. Anda bisa menggunakan tekanan dengan bantal atau hanya dengan tangan. Tapi hindari memijat terlalu dalam pada bagian bekas operasi.

Beberapa kondisi batuk juga perlu diwaspadai seperti batuk saat hamil karena bahaya batuk bagi ibu hamil ini bisa mempengaruhi kesehatan janin.

9. Perhatikan Asupan Gizi

Tubuh ibu yang baru saja melewati operasi caesar harus mendapatkan asupan nutrisi yang tepat. Berbagai jenis zat makanan bisa mendukung pemulihan rahim baik dari dalam maupun dari luar. Beberapa jenis nutrisi makanan yang sangat disarankan untuk ibu adalah seperti :

  • Vitamin C yang bisa memulihkan rahim dengan cepat dan mencegah infeksi pada rahim. Anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis buah seperti jeruk, alpukat, melon, semangka dan jambu merah.
  • Serat yang didapatkan dari sayuran akan mendukung proses pemulihan rahim dan mencegah sembelit. Beberapa sumber serat adalah seperti bayam, brokoli, kale dan semua sayuran hijau.
  • Protein seperti ikan, telur, daging, ayam, susu, kacang-kacangan akan membantu menyembuhkan luka rahim dan memperbaiki jaringan pada bekas luka operasi.
  • Zat besi seperti daging merah, buah-buahan, kacang-kacangan dan kuning telur bisa membantu mengatasi anemia yang biasanya dialami oleh ibu setelah operasi caesar.
  • Kalsium yang bisa mengatasi infeksi bisa didapatkan dari susu, yogurt dan minuman jus dari buah.

10. Cukup Tidur

Setelah melewati proses operasi maka biasanya seorang ibu akan tetap merasa lelah hingga pulang ke rumah. Tapi melihat bayi mungil yang baru lahir maka bisa menyita perhatian yang sangat besar. Namun terkadang ibu lupa untuk melihat kesehatan sendiri sehingga lebih sering terjaga. Kurang tidur akan menggangu proses penyembuhan rahim karena bagian luka pada rahim tidak mendapatkan rasa nyaman yang cukup. Untuk mengatasi hal ini maka ibu harus tetap mendapatkan istirahat yang cukup sehingga, belum bisa mengurus bayi secara penuh sendiri.

Bagi ibu hamil, kondisi cukup istirahat ini sangat dibutuhkan untuk :

Larangan Setelah Operasi Caesar

Ada beberapa perhatian khusus yang harus dilakukan oleh ibu yang baru melahirkan secara caesar. Berikut ini adalah beberapa larangan yang jika terjadi bisa memperlambat proses penyembuhan rahim :

  • Terlalu banyak bergerak – Terlalu banyak bergerak bisa memicu kontraksi yang terlalu keras pada bagian rahim dan juga bekas operasi sehingga membuat proses pemulihan menjadi lebih lama.
  • Olahraga – Sangat dilarang berolahraga meskipun ada ibu yang ingin segera olahraga untuk mengecilkan badan. Olahraga harus mendapatkan ijin khusus dari dokter yang merawat.
  • Konsumsi alkohol dan rokok – Konsumsi alkohol dan rokok sebaiknya tidak dilakukan karena akan mengganggu sistem metabolisme dan pertumbuhan bayi. (Baca juga : bahaya merokok dan bahaya alkohol)
  • Pijat pada bekas operasi tidak diperbolehkan – Pijatan bisa dilakukan setelah dokter mengijinkan dan benar-benar aman untuk luka bekas operasi.

Jadi ibu yang baru melewati operasi caesar harus tetap memperhatikan kesehatan diri sendiri. Keinginan untuk merawat bayi secara penuh memang tidak bisa segera dilakukan, karena itu ibu membutuhkan bantuan dari keluarga atau perawat.