Apa itu albumin?

Pengertian Albumin, Apa itu albumin?

Banyak orang bertanya apa itu albumin? Albumin merupakan protein yang disintesis oleh hati dan juga terdapat di dalam aliran darah. Albumin adalah protein atau jenis protein yang paling banyak di dalam tubuh. Albumin ialah segala jenis protein monomer yang larut dalam air dan larutan garam.

Dari penjelasan albumin tersebut, bisa diketahui bahwa albumin adalah protein yang dibutuhkan tubuh kita. Dalam ilmu kedokteran, dijelaskan albumin adalah plasma protein tubuh yang jumlahnya separuh dari total protein tubuh sebesar 7,2 – g/dl.

Albumin merupakan jenis protein terbanyak di dalam plasma yang mencapai kadar 60%. Namun meskipun dianggap protein yang penting, albumin tetap memiliki kadar normal dalam darah. Nilai normal albumin didalam darah sekitar 3,5-5 g/dl.

Albumin pada tubuh manusia diproduksi oleh hati. Yakni diproduksi oleh retikulum endoplasma di dalam hati, dalam bentuk proalbumin. kemudian diiris oleh badan Golgi untuk disekresi sehingga mampu memenuhi sekitar 60% jumlah serum darah.

Proses ini, membutuhkan konsentrasi antara 30 hingga 50 g/L dengan waktu paruh sekitar 20 hari. Kandungan molekul albumin terdiri dari 584 asam amino yang tanpa karbohidrat dengan total molekul 65KD.

Peran Albumin Sangan Penting

Karena menjadi plasma protein, maka peranan albumin yang mengandung 16 asam amino sangat penting mulai dari penyusun struktur sel, antibodi, enzim, hingga hormon. Albumin ini disintesis oleh sel hati dan dikeluarkan langsung ke pembuluh darah tanpa disimpan.

Dari sedikit uraian ini, kita bisa mengetahui apa itu albumin? Yang jelas bahwa fungsi albumin sangat banyak bagi tubuh. Diantaranya adalah merangsang hormon tiroid, merangsang asam lemak untuk menuju hati, merangsang hormon lain. Albumin juga merangsang bilirubin. Oleh karena itu infus albumin harganya sangat mahal, yang per botol nya sekitar di atas satu juta an.

Albumin bisa diperoleh dari makanan di antaranya: telur, daging, susu, kacang-kacangan, dan ikan gabus. Hasil riset Prof. Dr. Ir. Eddy Suprayitno, MS, dari Fakultas Perikanan Brawijaya Malang mengungkapkan, kandungan albumin ikan gabus cukup tinggi. Yaitu 62,24 g/kg. Sementara telur hanya 9,34 g/kg. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here