Cara Memilih Template Web/Blog yang SEO Friendly

Bagaimana cara memilih blog yang sesuai dengan kebutuhan dan SEO Friedly tentunya

Terkadang kita sering terbuai oleh keindahan dan fitur yang menarik dari suatu template, sehingga kita melupakan satu hal yaitu SEO setelah Website jadi.

Tidak semua template yang tampilan indah dan full fitur SEO friendly. Template yang SEO friendly adalah template yang desainnya mengikuti kaidah-kaidah SEO. Anda bisa menggunakan tips berikut ini:

 

1. Pilihlah template yang memiliki waktu loading cepat. Waktu loading yang cepat ditentukan oleh Ukuran ringan atau kecil, biasanya kurang dari 100 KiloByte dan tidak banyak menggunakan Javascript.  Sebelum anda beli sebaiknya coba demonya dan tes kecepatan loading template. Biasanya pengunjung tidak mau menunggu lama untuk mendapatkan informasinya. Semakin cepat waktu loading maka semakin SEO Friendly.

2. Template menggunakan  HTML dan CSS yang valid. Jika banyak error maka akan menghambat proses pengindeksan oleh Google. Template yang SEO friendly selalu menggunakan tag HTML dan CSS yang valid.

3. Pilihlah template yang menggunakan Dinamic Meta tag. Maksudnya adalah Meta Tag akan berubah secara otomatis sesuai dengan halaman yang dibuka. Meta Tag yang dimaksud terdiri dari Title, Meta Tag Keyword, Meta Tag description. Dalam perjalanannya poin ini tidak terlalu baku karena anda bisa mensetting Meta Tag Sendiri . Tergantung pada platform CMS yang anda gunakan.

4. Pilihlah template yang memiliki navigasi baik dan struktur yang teratur sehingga memudahkan pengunjung untuk mencari informasi yang diinginkannya. Google selalu memberikan nilai lebih baik untuk web/blog yang memiliki navigasi yang baik.

5. Pilihlah template yang bebas dari broken link atau link rusak. Terkadang kita temukan pada template signature, URL website pembuatnya yang ternyata sudah mati. Tentunya ini sangat merugikan anda sebagai pengguna template jika sedang melakukan tahapan SEO website.

6. Pilihlah template yang memiliki tampilan kombinasi warna desain yang baik. Kombinasi warna yang tepat akan memberikan kenyamanan pengunjung dalam mengakses informasi website. Hal ini akan berpengaruh pada meningkatnya page per view  halaman web/blog.

7. Pilihlah template yang memiliki sidebar dibagian kanan sehingga crawl robot search engine akan lebih cepat mengindex bagian konten terlebih dahulu.

Jika anda memilih template dengan benar maka proses optimasi website secara on page akan lebih mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here