Manfaat Iklan Internet

Bisnis mengandalkan iklan untuk produk dan layanan mereka kepada masyarakat. Pemasaran sangat penting untuk menciptakan pendapatan bagi perusahaan. Iklan Internet adalah bentuk promosi untuk menyebarkan pesan pemasaran yang memikat pelanggan. Ini adalah iklan yang paling efektif dan efisien dan konsumen. Bagaimana cara kerjanya dan apa manfaatnya?Iklan internet membawa pelanggan ke website pengiklan sehingga perusahaan pengiklan akan lebih mendapat perhatian. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menulis blog. Blog pada produk perusahaan atau jasa di situs. Blogging membuat website pengiklan selalu diperbarui dan website akan selalu perhatikan oleh mesin pencari.

Cara lain untuk menggunakan iklan Internet dilakukan dengan mendaftarkan bisnis Anda dengan direktori online dan database. Jika anda ingin mengidentifikasi perusahaan anda tentang penjualan produk atau layanan tertentu, dengan mendaftarkan bisnis anda dalam direktori online, maka pelanggan lebih mungkin untuk memperhatikan website bisnis anda dalam pelaksanaan penelitian bagi perusahaan yang berfungsi untuk menawarkan layanan anda.

Optimisasi mesin pencari adalah bentuk lain dari periklanan di Internet. Ini terdiri dengan memilih kata kunci yang spesifik. Pelanggan potensial menggunakan mesin pencari untuk mencari website anda dalam produksi hasil penelitian. Ini merupakan cara lain untuk mempromosikan bisnis anda secara online.

Cara lain untuk beriklan di internet dengan menggunakan forum online. Forum online, anda dapat menjawab pertanyaan tentang perusahaan anda. Forum untuk menciptakan hubungan antara pengusaha dan pelanggan. Hubungan ini akan membawa pelanggan kembali ketika mereka membutuhkan jasa atau produk perusahaan anda.

Apa manfaat dari iklan di internet? Pertama, iklan di internet nyaman. Semakin banyak orang yang beralih ke internet untuk penelitian produk atau jasa. Pelanggan dapat mengunjungi situs anda 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Selain itu, biaya iklan internet lebih efektif. Iklan di internet jauh lebih murah daripada iklan cetak, penjualan atau televisi atau iklan radio. Mereka juga dapat memantau efektivitas iklan anda di internet, menciptakan lebih banyak laba atas investasi.

6 ALASAN PENTINGNYA BERIKLAN ONLINE

Pernahkah Anda membagikan selebaran brosur yang berisi mengenai info perusahaan atau produk Anda? Memasang iklan di majalah atau koran lokal? Bahkan bila Anda memiliki budgetyang berlebih Anda bisa memasarkan produk melalui media televisi ataupun radio.
Mungkin beberapa teknik marketing di atas sudah pernah Anda lakukan. Biasanya teknik-teknik periklanan yang menggunakan media seperti majalah, televisi, brosur, radio, ataupun eventdikenal dengan istilah periklanan offline.
Bagaimana dengan online marketing? Apakah Anda merasa sudah cukup mengenal istilah dan strategi periklanan online? Pernahkah Anda melihat sebuah banner iklan ketika sedang membaca berita di portal berita online? Atau mendapatkan newsletter email promo dari maskapai penerbangan? Atau ketika Anda melihat iklan video suatu produk sebelum menonton video pilihan Anda di Youtube? Ya, itu semua adalah beberapa bentuk dari online marketing. Bisa dibilang secara sederhananya, periklanan online adalah segala sesuatu kegiatan marketing / periklanan yang kita lakukan melalui media online.
Oleh karena itu, pada tulisan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai beberapa alasan pentingnya bagi kita untuk bisa memulai strategi marketing melalui media online.

1. Konversi Offline ke Online

Pernahkan Anda melihat sekilas promo paket internet di baliho jalan raya, dan karena Anda ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang hal tersebut Anda melakukan pencarian lebih lanjut di Google? Inilah contoh dari konversi dari offline ke online.
Pada saat ini, dunia online menjadi media yang sangat ampuh untuk mencari informasi secara lebih lengkap dan jelas. Ketika mereka melihat iklan / promo dari tv, radio, atau majalah maka kemungkinan besar saat ini mereka melakukan pencarian di Google atau bertanya pada teman-temannya di social media.
Dari penelitian yang dilakukan oleh Google sendiri menyatakan bahwa 67% orang yang melihat iklan secara offline melakukan pencarian juga melalui Google. Dan 57% orang yang menonton iklan di tv melakukan pencarian tentang iklan yang ditontonnya melalui Google.

2. Penetrasi Internet di Indonesia

Dari data terakhir yang saya peroleh pada tahun 2012 pengguna internet di Indonesia berjumlah sekitar 63 juta pengguna dan pada akhir 2013 diperkirakan sudah mencapai 82 juta pengguna. Hampir setiap tahunnya pertumbuhan rata-rata pengguna internet di Indonesia mencapai sekitar 15% sehingga diprediksi pada tahun 2015 jumlah pengguna internet sudah mencapai 100 juta pengguna di Indonesia. Bayangkan bila kita bisa menggapai 1% saja dari total 82 juta pengguna internet tersebut untuk menjadi customer kita, peluang yang cukup besar bukan?

3. Selalu On 24 Jam

Apakah toko / kantor yang Anda miliki selalu buka selama 24 jam?
Kemungkinan besar jawabannya adalah tidak. Lain halnya ketika Anda meng”online”kan toko atau bisnis Anda. Dengan memiliki website ditambah strategi online marketing lainnya, Anda dapat mendatangkan pengunjung untuk mencari informasi serta membeli produk yang Anda miliki kapan pun dan dimana pun selama 24 jam setiap harinya.
4. Jangkauan yang Luas

Keunggulan lainnya dari online marketing adalah jangkauannya yang luas dan mendunia. Apabila secara offline Anda mempunyai toko dengan lokasi hanya di Jakarta saja, maka kemungkinan market potensialnya adalah yang berada di satu lokasi dengan toko Anda.
Beda halnya di dunia online dengan adanya website, pengunjung dari berbagai belahan dunia pun bisa berdatangan mengunjungi website yang Anda miliki tanpa memerlukan biaya tambahan seperti ongkos transportasi dan biaya komunikasi lainnya.

5. Low Cost High Impact

Ingat prinsip marketing low cost high impact. Dengan mengeluarkan budget serendah-rendahnya diharapkan kita dapat membuat dampak dan pengaruh yang sebesar-besarnya. Dengan menggunakan online marketing, tentunya hal ini dapat kita lakukan juga.
Menggunakan Twitter,Facebook, Google, maupun Youtube sebagai sarana berpromosi dapat kita gunakan dan bila dibandingkan dengan biaya beriklan secara offline tentu akan jauh lebih murah bahkan terkadang tidak memerlukan biaya sama sekali selama kita mengerti cara menggunakannya dengan tepat dan dapat membuat hal yang kreatif dengan media online tersebut.

6. Pengukuran yang Lebih Efektif

Setiap kegiatan marketing yang kita lakukan perlu diukur skala efektivitasnya. Apakah strategi tersebut sudah mendatangkan ROI (Return on Investment) untuk kita? Denganonline marketing kita dapat mengukur segala aktivitas yang dilakukan oleh targetaudiens kita di internet.
Skala pengukuran yang didapatkan bisa hanya sekedar awareness saja, concideration, bahkan hingga tahap action seperti pembelian. Ada beberapa istilah yang mungkin wajib Anda ketahui saat memulai online marketing, biasanya istilah seperti click, impressions, CTR, conversion,dan engagement akan akrab di telinga Anda 🙂

Kesimpulannya dengan adanya periklanan online terbukti mampu meningkatkan efektivitas promosi yang Anda lakukan. Tetapi perlu diingat bukan berarti strategi offline sudah tidak berlaku lagi. Strategi yang paling baik adalah tetap memadukan offline dan online dalam kegiatan promosi Anda. Serta yang terpenting, lakukan evaluasi performa secara berkala agar kita bisa lebih efektif dan efisien dalam mengalokasikan budget ke media yang lebih tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here