Vitamin dan Suplemen bagi Anjing: Temukan Faktanya Disini!

foto

Apakah anjing memerlukan suplemen atau vitamin? Dan apakah aman bagi anjing? Para ahli mengatakan beberapa suplemen dan vitamin ada yang bisa berguna, ada yang tidak dan beberapa bahkan tidak diperlukan dan bahkan mungkin bisa berbahaya bagi anjing.

Berikut beberapa jawaban dari para ahli untuk pertanyaan yang sering ditanyakan tentang vitamin dan suplemen anjing:

1. Apakah anjing saya membutuhkan suplemen/vitamin?
Ada banyak pendapat mengenai hal ini. Menurut FDA (Food and Drug Administration, sebuah badan pemeriksa produk konsumen di Amerika) mengatakan bahwa kebanyakan anjing sudah menerima makanan lengkap dan seimbang termasuk vitamin dan mineral yang dibutuhkan dari dogfood yang dijual, untuk anjing yang diberikan makanan buatan rumah mungkin memerlukan suplemen.

Sedangkan ada pendapat lain dari VetInfo.com yang mengatakan bahwa dogfood kualitas tinggi tidak menjamin bahwa anjing bisa mendapat vitamin dan mineral yang dibutuhkan. Bahkan banyak dogfood yang mengandung bahan yang bisa menjadi racun dengan menambah efek “radikal bebas”. Radikal bebas bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung, arthritis, kanker, dan kejang. Suplemen vitamin anjing tidak dibuat sama, beberapa ada yang mengandung bahan-bahan buatan, gula, dan filler yang tidak diperlukan bagi kesehatan anjing dan beberapa bahkan bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Suplemen vitamin yang baik adalah mengandung semua bahan alami tanpa bahan tambahan.

2. Apakah ada bahaya yang ditimbulkan jika saya memberikan vitamin kepada anjing saya?
Jawabannya mungkin. Jika anjing yang sudah menerima makanan yang seimbang vitamin dan mineral, lalu mendapat kelebihan vitamin dan mineral, maka bisa berbahaya bagi anjing (menurut FDA dan dokter hewan).

Vitamin sendiri diklasifikasi menjadi 2 kategori: larut dalam lemak (vitamin A,D,E,K) dan larut dalam air (vitamin B complex, C). Sistem tubuh anjing akan mengeluarkan vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak tetap tinggal dalam jaringan lemak anjing. Sebagai hasil dari sifat penyimpanan vitamin, maka vitamin larut lemak memberikan resiko kesehatan yang paling besar jika dikonsumsi secara berlebihan, karena tubuh menyimpan vitamin ini. Sedangkan jika anjing kelebihan mengkonsumsi vitamin larut air, maka agak sedikit resikonya dibandingkan vitamin larut lemak karena umumnya dikeluarkan oleh tubuh melalui urin.

Terlalu banyak kalsium bisa menyebabkan masalah tulang, terutama pada anak anjing jenis ras besar. Terlalu banyak vitamin A dapat membahayakan pembuluh darah dan menyebabkan dehidrasi serta nyeri sendi. Kelebihan vitamin D bisa mendorong anjing untuk berhenti makan, membahayakan tulang, dan menyebabkan otot mengalami atrofia.

3. Apakah saya harus memeriksakan dengan dokter hewan sebelum memberikan suplemen?
Tentu saja IYA. Gejala yang terlihat seperti arthritis, contohnya anjing dengan bagian tubuh belakang lemah, bisa jadi adalah masalah syaraf bukan arthritis. Bulu yang kurang bagus atau buruk bisa menjadi indikasi masalah kulit, metabolisme atau hormon.

Jadi, akan lebih baik jika anda tidak langsung memutuskan sendiri untuk memakai suplemen yang diperlukan bagi anjing anda, sebagai contoh: saat anda melihat kondisi bulu anjing buruk, anda mungkin berpikir untuk memberikan vitamin bulu untuk memperbaiki kesehatan bulu, padahal mungkin yang menjadi penyebabnya adalah masalah kulit, metabolisme atau hormon seperti yang disebutkan tadi.

Selain itu, bahan dalam beberapa suplemen kadang mungkin bisa berbenturan atau berinteraksi dengan obat-obat yang mungkin sedang dikonsumsi oleh anjing. Dokter hewan anda bisa menilai apakah anjing anda memerlukan suplemen atau tidak.

Jika anjing mengkonsumsi makanan yang lengkap dan seimbang dan mereka sehat serta tidak memiliki masalah, maka mereka sebenarnya tidak membutuhkan suplemen. Buah-buahan dan sayuran direkomendasikan bagi pemilik anjing yang ingin memberikan nutrisi tambahan.

4. Apakah suplemen itu manjur?
Menurut para dokter hewan, hal ini tergantung pada suplemen apa yang digunakan dan bagaimana pembuatannya. Uji klinis jarang dilakukan, sulit untuk menemukan bukti kemanjuran, apalagi kebutuhan untuk produk ini.

Suplemen Glucosamine-chondroitin, umumnya diberikan kepada anjing penderita osteoarthritis, telah menunjukkan hasil yang beragam dapat pengujian pada manusia dan hewan. Sebuah studi pada tahun 2007 yang dipublikasikan pada jurnal kedokteran hewan menyimpulkan bahwa anjing yang diberikan suplemen Glucosamine-chondroitin menunjukkan rasa sakit sedikit berkurang dan lebih banyak mobilitas setelah 70 hari pengobatan. Namun, pada manusia tidak terlalu efektif menurut studi tahun 2006.

Fatty acids/asam lemak dapat membantu membuat bulu anjing terlihat lebih baik. Suplemen minyak ikan juga bisa membantu mengurangi peradangan. Antioksidan seperti Vit C dan E juga mengurangi peradangan dan membantu penuaan anjing dengan masalah ingatan. Namun perlu hati-hati untuk penggunaan jangka panjang suplemen, terutama untuk anjing muda yang mungkin mengkonsumsi suplemen nutrisi selama bertahun-tahun karena hampir tidak ada satupun dari suplemen yang telah diuji apakah aman digunakan dalam jangka panjang bagi anjing.

Suplemen apa yang ada dalam dogfood?
Periksa label pada dogfood untuk melihat berapa banyak bahan yang dikandungnya. Beberapa dogfood anjing dewasa mengandung glukosamin/kondroitin namun mungkin jumlahnya terbatas. Ada dogfood yang mungkin mengandung herbal/botanical, seperti cranberry untuk mencegah infeksi saluran kemih atau DHA untuk meningkatkan perkembangan kognitif pada anak anjing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here