Tujuan Wisata Bondowoso

Kawah Ijen Bondowoso
Kawah Ijen Bondowoso @fizriaelss

Tujuan Wisata Bondowoso segmen pemandangan alam biasanya air terjun, view yang bagus, perkebunan dan gunung. Kabupaten Bondowoso tidak punya wilayah perbatasan dengan laut, sehingga jangan nanya wisata bahari atau pantai. Di wilayah utara, Bondowoso dibatasi oleh Kabupaten Situbondo, di selatan sama Kabupaten Jember, sebelah timur Kabupaten Banyuwangi dan sebelah barat Kabupaten Probolinggo. Pusat Bondowoso berada di jalur persimpangan jalur antara Besuki dengan Situbondo menuju Jember.

Bondowoso dihuni sekitar 800 ribu jiwa dan luas wilayah 1.560 kilometer persegi, termasuk wilayah sedang di Jawa Timur. Saat ini dipimpin oleh Bupati Amin Said Husni dan wakil Bupati Salwa Arifin Jaya. Amid Said memerintah sejak tahun 2008 dan kembali menang pilkada tahun 2013.

Bondowoso dapat dibagi menjadi tiga wilayah, yaitu wilayah barat yang berupa pegunungan (bagian dari pegunungan Iyang), bagian tengah berupa dataran tinggi dan bergelombang, dan bagian timur berupa pegunungan (bagian dari dataran tinggi Ijen). Bondowoso adalah satu-satunya wilayah kabupaten di daerah Tapal Kuda yang tidak memiliki garis pantai.

Wisata Bondowoso

Wisata Bondowoso sama seperti kabupaten lainnya di wilayah tengah Jawa Timur, yaitu pemandangan alam, kerajinan, situs purbakala dan sebagainya. Berikut ini adalah 10 Tujuan Wisata Bondowoso

  1. Air Terjun Tancak Kembar
  2. Air Terjun Belawan
  3. Air Terjun Polo Agung
  4. Agrowisata Kopi Arabica
  5. Pemandangan Wringin Arak-arak
  6. Situs Purbakala Megalitikum
  7. Kawah Ijen
  8. Gunung Raung
  9. Bosamba Rafting
  10. Pemandian Tasnan

 

#1 Air Terjun Tancak Kembar

Air TErjun Tancak Kembar Bondowoso
Air TErjun Tancak Kembar Bondowoso

Wana wisata air terjun Tancak Kembar Andongsari yang terletak di Desa Andongsari Kecamatan Pakem sekitar 25 km arah barat dari kota Bondowoso. Tinggi tebing air terjun ini 77 m yang berhawa sejuk terdapat pada kawasan hutan lindung dengan ketinggian 900 m dpl. Pemanfaatan air terjun sampai saat ini tidak hanya untuk tempat rekreasi saja, akan tetapi untuk sarana irigasi, bahkan menurut masyarakat setempat, orang yang mandi disini dapat menambah awet muda. Lokasi obyek ini didukung oleh panorama alam yang indah dan menawan untuk dinikmati oleh pengunjung, serta didukung adanya pusat penelitian kopi arabica dan cacao seluas 180 Ha.

 

#2 Air Terjun Belawan

Air Terjun Belawan Bondowoso
Air Terjun Belawan Bondowoso @BackpackSeru

Air terjun Blawan terletak di desa Kalianyar Kecamatan Sempol, ±52 Km dari pusat Kota Bondowoso, Air terjun ini adalah hilir dari kali pahit rembesan Kawah Ijen yang penuh dengan kadar belerang serta dikelilingi oleh tumbuhan macadamia.

Selain air terjun blawan juga terdapat pemandian air panas yang juga termasuk di kawasan air terjun blawan. Ada beberapa fasilitas di sini antara lain: shelter dan hotel.

 

 

#3 Air Terjun Polo Agung

Air Terjun Polo Agung Bondowoso
Air Terjun Polo Agung Bondowoso bondowosokab.go.id

Air terjun polo ini terletak di desa sukorejo kecamatan sumber wringin, ±40 km sebelah timur Kota Bondowoso. Air terjun ini terletak di areal perkebunan milik masyarakat, ini adalah wisata yang yang baru dibuat dan dibangun pada tahun 2003 dan dikelola oleh Dinas Pariwisata Seni dan Budaya. Ketinggian air terjun ini,  ±30m yang memiliki keindahan alami dan pemandangan yang indah. Juga terdapat lembah hijau yang tidak terlalu luas.

Air terjun ini dilengkapi pula oleh 3 buah shelter yang ditempatkan disekeliling lokasi. Para Wisatawan dapat mengunjuni tempat ini dengan menggunakan sarana transportasi umum, tetapi untuk mencapai lokasi air terjun harus berjalan kaki.

#4 Agrowisata Kopi Arabica

Agrowisata ini dikelola oleh PTP Nusantara XII Kalisat Jampit, terletak ±57 km kearah timur Kabupaten Bondowoso. Luas areal perkebunan ini, ±4000 Ha dan terletak pada ketinggian 900M Dpl. Setiap wisatawan dapat menyaksikan dan menikmati keindahan panorama alam serta menyaksikan proses pengepakan kopi, panen kopi dan pabrik kopi, proses pengeringan kopi dan proses penggilingan kopi sehingga menjadi kopi instan siap saji yang memiliki rasa dan aroma khas kopi arabika.

Disamping menikmati kopi arabika, para wisatawan dapat menggunakan beberapa fasilitas antara lain: kebun bunga mawar dan lily, arena pemancingan, tempat perapian di guest house jampit I, Arabika homestay Jampit II, kolam renang, ruang pertemuan, hiburan, istirahat minum kopi dan dilengkapi dengan lapangan tenis. Lahan yang luas dapat digunakan untuk bersepeda santai dan arena wisata mobil.

#5 Pemandangan Wringin Arak-arak

Wringin Arak arak Bondowoso
Pemandangan Alam Wringin Arak arak Bondowoso @angga__permana

Obyek wisata ini terletak di jalur antara Surabaya – Bondowoso, tepatnya di Desa Sumber Canting Kecamatan Wringin dengan ketinggian ± 345m Dpl. Wisatawan dapat menikmati udara segar serta dapat melihat panorama  alam yang mempesona. Wisatawan dapat mengunjungi tempat ini dengan menggunakan transportasi umum.

#6 Situs Megalitikum

Sarkofagus adalah salah satu dari situs megalitikum yang lebih dikenal dengan nama keranda yang dibuat dari batu atau sejenis batu cadas. Berbentuk lesung atau palung, tetapi ada tutupnya. Fungsinya sama dengan kuburan batu / dolmen. Sarkopage terdapat di beberapa desa : antara lain Desa Glinseran – Kecamatan Wringin. Tepatnya ±19 km kearah barat Kota Bondowoso.

Bondowoso – Wringin      : 17 Km (MPU)

Wringin – Lokasi              : 2 Km (ojek)

 

#7 Kawah Ijen

Kawah Ijen terletak di puncak Gunung Ijen yang merupakan salah satu dari rangkaian gunung berapi di Jawa Timur seperti Bromo, Semeru, dan Merapi. Gunung Ijen terletak di sebelah timur Gunung Merapi (di Jawa Timur juga terdapat gunung yang memiliki nama yang sama dengan gunung di Jawa Tengah yaitu Gunung Merapi). Kawasan Wisata Kawah Ijen atau Cagar Alam Taman Wisata Ijen terletak di wilayah Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso.

Kawah Ijen terletak di ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut. Yang menarik adalah kawah ini terletak di tengah kaldera yang terluas di Pulau Jawa. Ukuran kaldera sekitar 20 kilometer. Ukuran kawahnya sendiri sekitar 960 meter x 600 meter dengan kedalaman 200 meter. Kawah ini terletak di kedalaman lebih dari 300 meter di bawah dinding kaldera.

#8 Gunung Raung

Puncak GUnung Ijen Bondowoso
GUnung Raung dari Puncak GUnung Ijen Bondowoso @tova_thophenk

Gunung Raung termasuk dalam deretan Pegunungan Ijen, tepatnya di desa Sumber Wringin Kecamatan Sumber Wringin. Gunung Raung memiliki pemandangan yang menarik serta hamparan flora dan berbagai jenis satwa. Wisata ini sangat menarik dan menantang, khususnya wisatawan yang mengemari pendakian gunung. Gunung ini terletak pada ketinggian 3.332 M Dpl bertipe stratovolcano dengan titik kordinat antara 8°07?30?S 114°02?30?E / 8.125°S 114.04167°E. Hutan yang terdapat di Raung meliputi kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Gunung ini juga merupakan Gunung kawah terbesar kedua di Indonesia setelah Gungung Tambora yang memiliki diameter sekitar ± 2 km. Para Wisatawan dapat memulai pendakian dari POS I (Pesanggrahan Sumber Wringin) yang dilengkapi dengan sejumlah pemandu wisata yang siap melayani wisatawan.

#9 Bosamba Rafting

Bosamba Rafting Bondowoso
Bosamba Rafting Bondowoso @deardiani

Salah satu obyek yang termasuk dalam wisata minat khusus di Kabupaten Bondowoso adalah Arung Jeram. Obyek wisata yang tengah dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso ini menyajikan olah raga wisata dengan keindahan alam yang dilalui sepanjang perjalanan membuat daerah ini tidak hanya ingin dinikmati oleh masyarakat Bondowoso saja, akan tetapi para pecinta olah raga arum jeram dari daerah lain juga tidak ketinggalan untuk menikmatinya. Akses menuju tempat ini sangat mudah karena dapat di lewati oleh transportasi umum.

Kalau kita amati dan perhatikan banyak hal yang bisa kita gali dari potensi daerah Bondowoso untuk kita “Jual” dan kemas dalam bentuk  Paket Wisata, salah satu tempat yang layak untuk dijadikan lokasi wisata yaitu memanfaatkan aliran dari sungai Sampean Baru yang membelah kota Bondowoso  untuk dimanfaatkan menjadi  sarana Wisata Air berupa rafting Adventure atau arung jeram.  Kalau kita lihat debit air sungai ini berhulu  dari Pegunungan di sekitar wilayah Kecamatan Maesan  Kabupaten Bondowoso dan bergabung dengan beberapa anak sungai lainnya dan bermuara di wilayah kab Situbondo. Tipe Sungai ini bisa kita kategorikan tenang pada musim kemarau tapi sangat deras bila musim Hujan dan cenderung berpotensi  menjadi   banjir, Hal ini dikarenakan Sungai ini menjadi induk atau pertemuan dari beberapa anak sungai yang ada di wilayah kab. Bondowoso.

Dari Informasi yang penulis dapatkan memang Ada Rencana ke depan untuk memanfaatkan aliran Sungai Sampean Baru ini untuk dijadikan Lokasi Wisata Air   yang diberi nama “BOSAMBA” Rafting (BOndowoso SAmpean BAru) dimana dari pengamatan penulis memang telah disiapkan Shelter untuk mereka yang ingin memanfaatkan Wisata Air Arung Jeram yang Cukup Menantang ini.  Waktu tempuh yang bisa kita nikmati sekitar 2-3 jam melalui berbagai type arus yang akan dilalui dengan pemandangan dinding  tebing  pada  jalur aliran sungai yang  cukup mengesankan seolah – olah kita masuk Gua atau Terowongan tanpa Atap dan pada titik tertentu kita bisa dapatkan sarang kelelawar yang banyak di kedua sisi tebing aliran sungai. Salah satu tempat Start Point atau Shelter berada di wilayah Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso, tidak sulit untuk mencapai shelter ini Anda bisa menuju Kearah Pasar Wonosari dimana disekitar pertokoan atau pasar tersebut ada pertigaan jalan ke Arah Utara tepatnya 2-3Km dari Pasar Wonosari. Shelter tepat di sisi Jalan dekat Jembatan. Okey  Kita Tunggu Gebrakan Pemerintah Daerah untuk memanfaatkan Kelebihan atau potensi daerah yang dimiliki.

#10 Pemandian Tasnan

Taman Pemandian Tasnan terletak di desa Taman Kecamatan Grujugan tepatnya ± 8km dari Kota Bondowoso. Pemandian ini memiliki kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung serta mudah dikunjungi dengan menggunakan transportasi umum. Tempat ini juga dilengkapi dengan beberapa sarana antara lain shelter, ruang ganti, musholla, panggung hiburan dan taman tempat beristirahat.

 

 

Bondowoso terkenal akan makanan khasnya yaitu tape manis. Yang membedakan tape Bondowoso dengan tape yang berasal dari daerah lainnya yaitu bahan yang digunakan dan penyajiannya. Tape Bondowo menggunakan singkong berwarna kuning, teksturnya tetap padat/ keras tidak lembek meski begitu rasanya tetap manis. Penyajian tape Bondowos dibungkus dengan besek (wadah yang terbuat dari anyaman bambu). Untuk itu bila Anda berlibur ke Bondowoso tidak ada salahnya mencicipi Tape.

Bondowoso adalah kota kecil dengan kondisi geografis pegunungan, perbukitan, dan dataran rendah. Maka dari itu destinasi di Bondowoso yang paling menarik adalah wisata alam seperti air terjun, kawah, telaga, dan maih banyak yang lainnya.

Baiklah berikut ini daftar tempat wisata di kabupaten Bondowoso yang berhasil Idnusantara rangkum sebagai tujuan belibur Anda.

1. Air Terjun Polo Agung, Bondowoso
Air terjun polo ini terletak di desa sukorejo kecamatan sumber wringin, ± 40 km sebelah timur Kota Bondowoso. Air terjun ini terletak di areal perkebunan milik masyarakat, ini adalah wisata yang yang baru dibuat dan dibangun pada tahun 2003 dan dikelola oleh Dinas Pariwisata Seni dan Budaya. Ketinggian air terjun ini,  ± 30m yang memiliki keindahan alami dan pemandangan yang indah. Juga terdapat lembah hijau yang tidak terlalu luas.

Air terjun ini dilengkapi pula oleh 3 buah shelter yang ditempatkan disekeliling lokasi. Para Wisatawan dapat mengunjuni tempat ini dengan menggunakan sarana transportasi umum, tetapi untuk mencapai lokasi air terjun harus berjalan kaki. Sebaiknya sebelum naik ke air terjun Polo Agung melapor dahulu ke kantor camat setempat, atau pas terdekat. Siapkan perbekalan secukupnya. Mental dan fisik pun harus dalam kondisi baik. Hal yang lebih penting adalah, jangan sesekali merusak lingkungan atau mengganggu satwa yang dijumpai di sepanjang perjalanan.

2. Air Terjun Tancak Kembar, Bondowoso
Wana wisata air terjun Tancak Kembar Andongsari yang terletak di desa Andongsari, kecamatan pakem sekitar 25 km arah barat dari kota Bondowoso. Tinggi tebing air terjun ini 77 m yang berhawa sejuk terdapat pada kawasan hutan lindung dengan ketinggian 900 mdpl. Pemanfaatan air terjun sampai saat ini tidak hanya untuk tempat rekreasi saja, akan tetapi untuk sarana irigasi, bahkan menurut masyarakat setempat, orang yang mandi disini dapat menambah awet muda.

Lokasi obyek ini didukung oleh panorama alam yang indah dan menawan untuk dinikmati oleh pengunjung, serta didukung adanya pusat penelitian kopi arabica dan cacao seluas 180 ha. Berdasarkan legenda setempat berpendapat bahwa sisi kiri air terjun dijaga oleh lelaki dan bagian kanan adalah para wanita.  Hal ini diyakini bahwa jika pengunjung cuci mukanya di air terjun, kulit mereka akan tetap selalu muda. Sebelum sampai di tempat Air Terjun Tancak kembar yang utama terdapat air terjun kecil yang tingginya kurang lebih 50 m, namun debitnya relatif kecil.

3. Air Terjun Blawan, Bondowoso
Air terjun Blawan terletak di desa Kalianyar, kecamatan Sempol, ± 52 Km dari pusat kota Bondowoso. Air terjun ini adalah hilir dari kali pahit rembesan Kawah Ijen yang penuh dengan kadar belerang serta dikelilingi oleh tumbuhan macadamia. Selain air terjun blawan juga terdapat pemandian air panas yang juga termasuk di kawasan air terjun blawan.

Ada beberapa fasilitas di sini antara lain shelter dan hotel. Yang menarik dari air terjun ini adalah muara alirannya yang langsung menuju ke dalam tanah seperti air terjun Niagara di Amerika dan pada akhirnya akan bermuara di daerah Asembagus Situbondo. Jalan menuju air terjun Blawan sangat menantang dengan jalan naik turun tangga di antara 2 tebing.

4. Bosamba Rafting, Bondowoso
Arum jeram Bosamba merupakan objek wisata alam yang berada di kecamatan Taman Krocok Kabupaten Bondowoso. Bosamba merupakan singkatan dari Bondowoso – Sampean Baru, Bosamba Rafting atau arum jeram ini tidak hanya dinikmati oleh masyarakat Bondowoso saja, akan tetapi dinikmati juga oleh para pecinta olah raga arum jeram dari daerah lainnya bahkan manca negara. Akses jalan untuk menuju ketempat ini sangat mudah hanya berjarak sekitar 2 km dari jalan provinsi kecamatan Wonosari.

Karakter sungai Sampeanbaru bertebing, berbelok dan berbatu. Sumber air yang berasal dari gunung putri ini panjangnya ± 14 km, sekitar 2 jam pengarungan. Dengan 27 jeram besar dan kecil yang akan menguji adrenalin. Dipandu oleh Guide/ Skiper dan Rescue profesional yang akan menemani selama pengarungan akan memberikan rasa aman dan kenyamanan ber-Arung Jeram. Ada 3 titik sumber air terjun di sepanjang sungai menyajikan pesona alam yang eksotis, dan goa kalelawar yang belum terjamah menjadi daya tarik dan memberikan nuansa tersendiri bagi pecinta wisata adventure arung jeram. Selain arung jeram anda juga bisa menguji adrenalin dengan bermain flying fox, paint ball, dan beberapa wahana yang ada di bosamba rafting.

5. Pemandangan Arak-Arak, Bondowoso


Obyek wisata ini terletak di jalur antara Surabaya – Bondowoso, tepatnya di desa Sumber Canting kecamatan Wringin dengan ketinggian ± 345 mdpl. Wisatawan dapat menikmati udara segar serta dapat melihat panorama  alam yang mempesona. Wisatawan dapat mengunjungi tempat ini dengan menggunakan transportasi umum. Anda yang melintasi jalur Surabaya – Bondowoso akan disuguhi satu pemandangan yang sangat menawan dengan udara yang segar dan nyaman.

6. Pemandian Air Panas dan Pemandian Damar Wulan


Pemandian air panas dan pemandian Damar Wulan terletak di desa Kalianyar, Kecamatan Sempol dan berdekatan dengan air terjun Blawan dan pemandian air panas. Untuk mendatangi lokasi ketiga objek wisata itu dari patulding kawah ijen kurang lebih 30 menit perjalanan. Selama perjalanan kalian akan disuguhi berbagai pemandangan alam dan perkebunan kopi dan teh yang cukup menarik serta sejuk dipandang mata, dan kalian akan menemukan pabrik kopi milik PTPN XI.

7. Pemandian Tasnan, Bondowoso
Taman pemandian Tasnan terletak di desa Taman, kecamatan Grujugan tepatnya ± 8km dari kota Bondowoso. Pemandian ini memiliki kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung serta mudah dikunjungi dengan menggunakan transportasi umum. Tempat ini juga dilengkapi dengan beberapa sarana antara lain shelter, ruang ganti, musholla, panggung hiburan dan taman tempat beristirahat.

Pemandian Tasnan sudah berdiri sejak jaman Belanda, dan merupakan sarana peristirahatan pihak Belanda waktu itu. Dengan suasana yang hijau dikelilingi hutan pinus, pemandian ini patut untuk terus dilestarikan dan layak untuk dikunjungi. Ditambah lagi, tidak jauh dari lokasi pemandian, terdapat situs megalitikum, peninggalan jaman Pra-sejarah sebagai lokasi rekreasi dan edukasi keluarga.

8. Kawah Wurung, Bondowoso
Kawah Wurung ini terletak di daerah Jampit kecamatan Sempol, kabupaten Bondowoso letaknya disebelah barat dari objek wisata kawah Ijen. Di sini selain kita dapat menikmati keindahan kawah Wurung itu sendiri, kita juga dapat menikmati keindahan sabana disekitar daerah itu. Untuk hunting atau yang gemar foto-foto disinilah surganya karena disini terdapat banyak tempat yang menabjubkan.

Akses menuju lokasi kawah Wurung belum begitu bagus. Jalannya berbatu dan berpasir. Bahkan di beberapa tempat terdapat genangan air sehingga jalanan menjadi becek. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan dengan pemandangan kebun kopi yang sangat luas dan pemandangan pegunungan ijen.

9. Kawah Ijen, Bondowoso
Akses untuk menuju Ijen ada 2 jalur, yaitu dari utara dan selatan. Jalur utara bisa dilalui dari Situbondo menuju Sempol (Bondowoso) dan berakhir di Paltuding, bisa ditempuh dalam waktu 2,5 jam. Dari arah selatan bisa dilalui dari Banyuwangi menuju Licin yang berjarak 35km. Panjang pendakian sepanjang 3km yang dapat ditempuh selama 1,5 jam dengan kemiringan 25-35 derajat. Jalur pendakian cukup menanjak dan berpasir sehingga para pendaki harus berhati-hati ketika menuju Kawah Ijen.

Jalan menuju kawasan kawah ijen sendiri terbilang sangat baik karena jalan yang sudah di benahi pemerintah setempat, Untuk masalah Akomodasi, anda tidak direpotkan untuk membawa bekal karena di paltuding terdapat banyak warung yang menjual kebutuhan anda dalam pendakian ke kawah ijen, penginapan juga tersedia disana serta area perkemahan yang luas tersedia disana sehingga memudahkan anda untuk sejenak beristirahat menuju ke kawasan kawah ijen. Kawah ini diselimuti dengan asap belerang dan didalam kawah tersebut memiliki keindahan yang luar biasa yaitu danau belerang yang berwarna tosca dan api biru (blue fire) yang hanya ada di dua tempat di dunia.

10. Perkebunan Kopi Arabika Kalisat Jampit
Perkebunan kopi Jampit, merupakan agro wisata di Bondowoso yang dikelolah oleh PTP Nusantara VII Kalista Jampit. Perkebunan ini terletak 74 Km kearah timur kabupaten Bondowoso. Perkebunan ini memiliki luas 4000 hektar dan terletak pada ketinggian 900 M dari permukaan laut. Selain menawarkan suasana hijau dan sejuk, setiap pengunjung yang datang juga bisa menyaksikan secara langsung proses penggilingan hingga pengemasan kopi arabika sampai akan dipasarkannya.

Selain menikmati hal-hal berbau kopi, terdapat fasilitas lain yang ditawarkan seperti, menikmati taman bunga, memancing, renang, tenis atau hanya bersantai dan menikmati sejuknya suasana. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan luar biasa indah khas pegunungan. Anda beberapa kawasan homestay yang bersih dan nyaman, lengkap dengan fasilitas air panas dan selimut tebal. Salah satu yang menjadi favorit keluarga adalah sebuh rumah tua megah yang dikelilingi ratusan spesies bunga di Jampit.

11. Gunung Raung, Bondowoso


Gunung Raung terletak di tiga wilayah kabupaten yaitu kabupaten Banyuwangi, Jember dan Bondowoso. Gunung yang terletak di ujung timur pulau Jawa ini memiliki ketinggian 3.332 mdpl dan memiliki kaldera dengan kedalaman 500 meter. Gunung Raung merupakan gunung berapi yang masih aktif dan selalu mengeluarkan asap atau bahkan menyemburkan api sesekali. Letusan terbesar terjadi pada tahun 1638. Keeksotisan gunung ini terlihat dari Bali, tepatnya bila kita melihat di Pantai Lovina, Singaraja. Gunung Raung merupakan bagian dari komplek pegunungan Ijen dimana terdapat gunung Suket, gunung Pendil, gunung Rante, gunung Merapi dan Kawah Ijen.

12. Pegunungan Hyang, Bondowoso
Gunung Argopura (bahasa Jawa gunung yang panjang) merupakan salah satu puncak tertinggi (3.008 mdpl) yang termasuk di dalam deretan pegunungan Hyang, yang terletak di kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Pegunungan Hyang berada diantara dua gunung besar lainnya yang ada di Jawa Timur, yakni gunung Raung disisi timur serta gunung Semeru di sisi barat. Pegunungan Hyang mempunyai kawasan hutan yang heterogen, terdiri dari hutan dipterokarp bukit, hutan dipterokarp atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Oleh karena sifat hutannya heterogen,maka kawasan ini juga menjadi tempat berlangsungnya hidup 10 famili jenis tumbuhan. Selain itu berdasarkan data inventarisasi BKSDA Jatim II pada tahun 2003, juga ditemukantumbuhan obat. Kawasan hutan yang heterogen sudah tentu juga menjadi habitat berbagai jenis satwa, yang meliputi jenis mammalia (rusa, kucing hutan, kijang, musang, babi hutan, lutung), danaves (sebanyak 46 jenis).

13. Bendungan Sampean Baru, Bondowoso


Bendungan Sampean Baru terletak di desa Tapen, kecamatan Tapen, termasuk bangunan kuno. Dibangun sejak tahun 1983, sampai saat ini bendungan masih berfungsi dengan baik. Untuk sampai ke bendungan Sampean Baru, hanya butuh 20 menit dari pusat kota dengan menempuh jarak sekitar 17 km melalui jalan raya menuju arah Situbondo. Jalan masuk menuju bendungan cukup membuat mata segar. Pasalnya hamparan lahan sawah dan perkebunan menghiasi sepanjang area masuk. Terlebih ketika sampai di lokasi DAM, tidak cukup dengan mengutarakan kata indah. Suasana sejuk, melihat aliran air sungai yang tenang, membuat otak dan badan jadi relaks.

14. Taman Krocok, Bondowoso
Taman Krocok merupakan wilayah kecamatan yang berada di utara kota Bondowoso. Hampir 50% wilayahnya terdiri dari perbukitan dan pegunungan. Pemandangan pegunungan merupakan salah satu kelebihan dari kecamatan Taman Krocok, keindahan pegunungannya bisa dijadikan alternatif pilihan objek wisata panorama alam selain wisata lainnya seperti Arung Jeram Bosamba (Bosamba Rafting).

Seringkali hamparan pegunungan di wilayah ini dijadikan jalur Lintas Alam Bondowoso – Situbondo (Pantai Pasir Putih) oleh masyarakat sekitar atupun masyarakat luar kota Bondowoso baik masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, dan pecinta alam. Medan pegunungan yang tidak terlalu sulit seringkali menjadi alasan untuk memilih daerah pegunungan ini sebagai jalur petualangan lintas alam.

15. Padang Savana Kawah Wurung, Bondowoso


Kawah Wurung ini sebenarnya bukanlah tempat wisata melainkan sebuah tanah lapang pegunungan namun keindahan alam nya sangatlah bagus dan udara nya juga terasa sejuk khas pegunungan, meskipun bukanlah tempat wisata kawah Wurung ini cukup terkenal dan terdapat pengunjung setiap harinya, indahnya perbukitan dan hijaunya pepohonan layaknya film teletubies ini sangat pass untuk bersantai atau sekedar melepas penat. Pegunungan kawah wurung ini memiliki ketinggian sekitar 1500 mdpl tidak heran jika kawah wurung ini memiliki hawa sejuk , tempat ini juga sering digunakan sebagai kegiatan olahraga off road,dan paralayang.

16. Situs Megalitikum, Bondowoso


Sarkofagus adalah salah satu dari situs megalitikum yang lebih dikenal dengan nama keranda yang dibuat dari batu atau sejenis batu cadas. Berbentuk lesung atau palung, tetapi ada tutupnya. Fungsinya sama dengan kuburan batu/ dolmen. Sarkopage terdapat di beberapa desa antara lain desa Glinseran, kecamatan Wringin. Tepatnya ± 19 km kearah barat kota Bondowoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here