20 Tempat Wisata di Jember yang Menarik Dikunjungi

Tempat Wisata di Jember – Jember menjadi salah satu kota tujuan wisata di Jawa Timur yang cukup ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Destinasi wisata di Jember banyak yang berupa pantai, hal ini dikarenakan Kab. Jember berbatasan langsung dengan samudera Indonesia di Selatannya.

Sebelum kita berbicara mengenai tempat wisata di Jember ada baiknya kalau kita kenalan dengan kota yang satu ini terlebih dahulu. Kabupaten Jember memiliki nama Ibukota Jember, Kab. ini terletak di Provinsi Jawa Timur, berbatasan dengan beberapa daerah seperti Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Bondowoso di utara, Kabupaten Banyuwangi di timur, Samudera Hindia di selatan, dan Kabupaten Lumajang di barat.

Selain wisata pantai, Jember juga memiliki banyak tempat wisata alam yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Kontur wilayahnya yang berupa pegunungan, membuat Jember memiliki banyak obyek wisata alam yang yang indah. Selain itu, kita juga bisa menemukan banyak perkebunan di Jember yang menarik juga untuk kita datangi. Setidaknya ada 20 tempat wisata di Jember yang menarik dikunjungi yang berhasil Tempatwisataseru.com rangkum untuk anda.

Sebenarnya tidak hanya 20, masih ada banyak lagi tempat wisata di Jember yang keren dan menarik untuk dikunjungi. Jika anda memiliki pengelaman seru saat liburan di Jember tidak ada salahnya jika anda membagikannya kepada kami, agar bisa menjadi panduan wisata di Jember bagi yang lainnya. Baik, berikut ini 20 Tempat Wisata di Jember yang Menarik Dikunjungi dari kami:

1. Tempat Wisata Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma) Jember

Tempat wisata di Jember yang paling populer salah satunya adalah Pantai Papuma. Pantai ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Pasir pantainya yang putih dan bersih membuat keindahan pantai ini menjadi daya tarik untuk wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia datang berlibur ke sini.

Lokasi pantai Papuma ada di di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember, jaraknya kira” 45 km dari kota Jember. Di sekitar pantai juga ada banyak sekali tempat penginapan, dari yang mahal sampai yang murah meriah.

Jangan lewatkan juga: 18 Tempat Wisata di Banyuwangi

Untuk masuk ke Pantai Papuma anda hanya harus membayar tiket masuk sebesar Rp 12.500 tiap orang (harga dapat berubah). Di sekitar pantai ini juga ada sebuah goa lawa yang menarik untuk dikunjungi, menurut mitos masyarakat, goa lawa merupakan tempat bersemayam putri penguasa laut selatan. dan juga tempat bertapa Kyai Mataram.

2. Tempat Wisata Pantai Watu Ulo Jember

Tempat wisata  di Jember yang wajib anda kunjungi selanjutnya adalah Pantai Watu Ulo, karena letaknya bersebelahan dengan pantai Papuma.

Di sekitar pantai ini anda bisa menemukan penjual aneka aksesoris yang terbuat dari dasar laut.

Di pantai ini selalu diadakan acara Pekan Raya di setiap tahunya tepatnya pada tanggal 1-10 syawal.

Pemandangan di sekitar pantai ini sangat mempesona, anda akan betah berlama-lama di pantai ini.

Jadi sangat rugi sekali kalau anda berkunjung ke Jmeber tapi tidak mampir ke pantai Watu Ulo ini.

3. Tempat Wisata Keluarga Pantai Bandealit di Jember

Tempat Wisata Keluarga Pantai Bandealit di JemberSelain dua pantai, masih ada pantai di Jember yang wajib dikunjungi, yaitu pantai Bandealita. Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata di Jember yang apaling digemari, terutama bagi mereka yang suka dengan olahraga air seperti body surfing. Anda bisa menyewa perlengkapan untuk body surfing yang telah disediakan pihak pengelola pantai.

Ada banyak pilihan lain selain body surfing, anda bisa memilih berkano, menyusuri sungai dengan menggunakn speedboot, ataupun melihat banyak burung yang hiup di kawasan tersebut.

Di sekitar pantai, disini ada Green House yang menjadi rumah bagi bunga anggrek, anda bisa melihat koleksi tanaman bunga anggrek, dan obyek wisata yang satunya lagi adalah tempat penangkaran rusa timor.

4. Tempat Wisata Pantai Puger di Jember

Tempat Wisata Pantai Puger di Jember

Satu lagi tempat wisata di Jember berupa pantai yang tidak boleh anda lewatkan yaitu Pantai Puger Jember. Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jember yang selalu ramai oleh wisatawan.

Di sekitar pantai Puger juga terdaoat tempat pelelangan ikan, anda juga bisa melakukan kegiatan memancing di pantai ini.

Anda juga bisa melihat Cagar Alam Puger Watangan yang lokasinya berada di sekitar kawasan Pantai Puger, dengan pesona sumber air kucurnya.

5. Obyek Wisata Keluarga Tiara Waterpark di Jember

Obyek Wisata Keluarga Tiara Waterpark di JemberObyek wisata di Jember yang tidak boleh anda lewatkan adalah wahana bermain Tiara Waterpark. Disini anda bisa menikmati aneka permainan air yang seru. Tiara Waterpark menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jember yang ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah di Jawa Timur dan sekitarnya.

Lokasi Tiara Waterpark ini berdekatan dengan Universitas Jember, berjarak sekitar 2 KM saja. Untuk masuk ke Tiara Waterpark mulai pukul 17.00 tidak dipungut biaya untuk Non Waterboom. Tersedia juga Cafe Area( free wifi & free karaoke).

Tiara Waterpark buka sampai jam 10 malam. Wah, menarik jgua ya, kita bisa bermain sepuasnya dari jam 5 sore sampai 10 malam tanpa dipungut biaya, selain itu kita juga bisa online gratis dan karokean sepuasnya. Tiara waterpark bisa menjadi tempat wisata di Jember yang paling diminati.

Mau liburan ke Jepang? Kunjungi 26 Tempat Wisata di Jepang

6. Objek Wisata Keluarga Pemandian Kebon Agung di Jember

Objek Wisata Keluarga Pemandian Kebon Agung di JemberAnda ingin bermain air? Pemandian Kebon Agung bisa menjadi pilihan yang tepat.

Lokasi pemandian ini berada di Kebon Agung, Kaliwates, Jember. Terdapat 2 buah kolam renang dengan sumber air yang alami dialirkan langsung dari mata air Watu Remuk.

Tersedia kolam untuk dewasa dengan ukuran 50×20 m berstandar internasional. Di sekitar pemandian tersedia juga berbagai fasilitas seperti hotel, restoran, dan taman bermain.

7. Tempat Wisata Edukasi Taman Botani Jember

Tempat Wisata Edukasi Taman Botani JemberTaman Botani menjadi Tempat wisata di Jember  bernuansa edukasi yang tidak boleh anda lewatkan. Dengan konsep bermain sambil belajar akan membuat anak-anak lebih terangsang rasa ingin tahu mereka terhadap alam, baik itu tumbuhan maupun hewan.

Lokasi taman ini berjarak sekitar 11 Km dari arah barat alun – alun Jember. Disini anda akan menjumpai 300 jenis tanaman obat – obatan yang berbeda – beda di kebun herbal. Terdapat juga penangkaran hewan dengan berbagai spesies. Anda cukup membayar tiket masuk Taman Botani sebesar 5.000 rupiah.

Disini kita bisa melihat sekitar 300 jenis tanaman. Selain itu, anda juga bisa melihat berbagai jenis hewan seperti rusa, angsa, cendrawasih, merpati, kalkun dan lain-lain.

8. Wahana Liburan Seru Waterboom Niagara di Jember

Wahana Liburan Seru Waterboom Niagara di JemberSelain Tiara Waterpark, wahana bermain di Jember yang tidak boleh anda lewatkan adala Waterboom Niagara.

Waterboom ini sangat cocok sekali untuk bermain anak-anak, disini ada 2 buah kolam di dalam taman air ini, yakni kolam besar sedalam 160 cm untuk dewasa & remaja. Dan satunya lagi kolam yang lebih kecil dengan kedalaman 6 cm untuk anak – anak. Disini anda bisa mengajak anak – anak ataupun keluarga untuk menghabiskan waktu berlibur.

9. Destinasi Wisata Populer Kawasan Puncak Rembangan di Jember

Destinasi Wisata Populer Kawasan Puncak Rembangan di JemberPuncak? Bukannya puncak itu adanya di Bogor? Ternyata salah, puncak tidak hanya terdapat di Bogor. Anda juga bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan di Puncak Rembangan yang memiliki ketinggian sekitar 650 DPL.

Untuk mencapai Puncak Rembangan kita harus menempuh perjalanan sekitar 15 km arah utara kota Jember. Kawasan wisata Rembangan menyajikan wisata pegunungan dan agrowisata. Puncak Rembangan juga mempunyai tempat pemandian  dengan air alami yang terawat kebersihannya. Dari tempat ini anda bisa melihat Kota Jember dan sekitarnya. Wisata Rembnngan ini memiliki daya pikat yang hampir sama seperti yang ada di wisata Puncak Bogor. Silakan menikmatinya sambil melahap pisang keju dan teh jahe spesial.

10. Tempat Wisata Alam Air Terjun Tancak di Jember

Tempat Wisata Alam Air Terjun Tancak di Jember

Tempat Wisata di Jember

yang wajib anda kunjungi adalah air terjun Tancak. Air terjun ini berada

di daerah perbukitan Tancak, lebih kurang 16 Km arah barat daya kota Jember. Dengan ketinggian sekitar 82 m dan debit air 150 Meter kubik/ detik.Untuk menuju Air Terjun Tancak anda harus menempuh perjalanan dengan lama waktu sekitar 30 menit dari pusat Kota Jember dan menuju Desa Suci, lokasi air terjun ini berada. Perjalanan menuju air terjun dilanjutkan berjalan kaki kira – kira sejauh 3 kilometer dari Desa Suci.

terjun ini merupakan yang paling tinggi di Jember dan karena ketinggiannya yang mencapai lebih dari 250 meter serta puncak air terjun ini yang sering tertutup kabut atau awan, banyak juga orang yang menyebutnya sebagai “air terjun dari langit”. Untuk menuju ke lokasi air terjun tancak tulis anda akan melewati perkebunan Zeelandia Afdeling Sumber Bulus.

11. Tujuan Wisata Keluarga Pemandian Patemon di Jember

Tujuan Wisata Keluarga Pemandian Patemon di Jember

Ada satu lagi tempat pemandian yang tidak boleh anda lewatkan, pemandian Patemon. Pemandian ini salah satu yang populer di Jember. Lokasinya berjarak sekitar 30 Km arah barat dari kota Jember, dengan ketinggian lebih kurang 500 m dpl. Sumber air di pemandian Patemon berasal dari mata air lereng Pegunungan Argoporo. Pemandian ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang sangat ramai dikunjungi, terlebih pada sa’at hari libur dan akhir pekan. Jika anda ingin refreshing serta berlibur, disinilah tempatnya. Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman – teman.

12. Tempat Wisata Sejarah Situs Duplang di Jember

Tempat Wisata Sejarah Situs Duplang di Jember

Anda suka dengan wisata sejarah? Terdapat sebuah situs peninggalan abad 4 masehi di Jember, Situs Duplang, situs ini berada di Desa Kamal, Kecamatan Arjasa.

Di sana Anda bisa menemukan koleksi dari jaman Megalitikum seperti kubur batu, menhir hingga batu kenong. Ditambah juga ini menguatkan bukti bahwa di desa setempat pada jaman purba sudah ada manusia purba yang hidup menetap berkelompok dan mulai bercocok tanam.

Situs Duplang memiliki beberapa koleksi peninggalan masa megalitikum di antaranya kubur batu, batu kenong, dan menhir.

13. Obyek Wisata Pantai Paseban di Jember

Pantai paseban

Pantai paseban

Satu lagi tempat wisata pantai di Jember yang sangat sayang sekali dilewatkan, Pantai Paseban. Pantai ini memiliki pasir purih yang cantik. Air lautnya yang jernih serta pemandangan sekitar yang mempesona membuat anda akan merasakan kedamaian. Disini juga menjadi tempat bermain air atau mandi-mandi yang tepat, karena ombaknya tidak besar, bahkan relatif tenang sekali. Oleh karena itu, banyak anak-anak suka bermain di sini karena ombaknya aman untuk berenang. Kalau Anda termasuk orang yang suka berenang, silahkan mampir saja ke pantai ini.

Alamat

Pasebon, Kencong, Jember

Akses

Anda bisa menjangkau lokasi dalam waktu kurang lebih 1 jam melalui Jl. Tanggul—Kencong

14. Obyek Wisata Pemandian Rembangan di Jember

Obyek Wisata Pemandian Rembangan di JemberLokasinya berada di Puncak Rembangan, selain dapat menikmati pemandangan sekitar anda juga bisa menikmati fasilitas pemandian.

Terdapat pemandian, hotel, dan agrowisata perkebunan kopi milik PTP Nusantara XII dan juga peternakan sapi perah, Anda dapat langsung melihat proses pemerahan susu sapi dan dapat membeli susu sapi segar dengan jumlah literan. Di kawasan ini suhunya sangat sejuk dan udaranya masih sangat bersih dan segar, sangat bagus untuk tubuh Anda. Sangat cocok sekali untuk kita yang menginginkan suasana damai dan tenang.

15. Obyek Wisata Menarik Loko Lori di Jember

Obyek Wisata Menarik Loko Lori di Jember

Pict by: http://ahmadarif781190.blogspot.co.id/

Loko lori merupakan salah satu tempat wisata di Jember yang cukup unik. Sebenarnya lori ini merupakan pembawa hasil perkembunan.

Belum banyak masyarakat yang tahu adanya wisata loko antik ini karena kebanyakan kegiatan wisata Parik Gula jarang terekspose keluar, selama ini yang tahu hanya para fanatik sejarah dan turis asing yang rutin datang tiap tahunnya. Padahal Pabrik Gula ini menyimpan berbagai peninggalan sejarah yang masyarakat belum tahu. Kita tidak hanya bisa ke museum-museum untuk melihat lokomotif kuno, di Pabrik Gula juga menyimpan banyak loko antik kuno peninggalan sejarah yang nyata masih berfungsi.

16. Tempat Wisata Alam Air Terjun Antrokan di Jember

Tempat Wisata Alam Air Terjun Antrokan di JemberSatu lagi air terjun yang ada di Jember dan menarik untuk kita kunjungi, Air Terjun Antrokan. Air terjun ini berada di di Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Jember, Air Terjun Antrokan ini lebih rendah dibandingkan Air Terjun Tancak dan jaraknya pun lebih pendek sekitar setengah jam berjalan kaki dari peberhentian terakhir anda melewati jalan setapak.

17. Kafe Kolong di Jember

Kalau anda mencari tempat nongkrong di Jember sekaligus mencari tempar ngopi, coba aja pergi ke kolong jembatan jembatan Mastrip, dimana lokasinya ada di Jl. Mastrip, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Kafe ini sangat fenomenal dan menjadi salah satu tempat nongkrong di Jember yang digemari para pecinta kopi. Anda bisa menikmati kopi disini mulai pukul 18.00 sampai 01.00 dini hari.

Meskipun berada di kolong jembatan, namun kafe ini dijamin bersih dan bebas bau. Snagat inovatif sekali pencetus kafe kolong ini.

18. Obyek Wisata Bedadung di Jember

Obyek Wisata Bedadung di Jember

Objek wisata bedadung ini menjadi salah satu tempat wisata keluarga di Jember yang sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Lokasinya di sisi Sungai Bedadung, salah satu sungai di Jember. Pada situs ini, pengunjung dan keluarga mereka bisa memanfatkan waktu dengan naik perahu air dan bersepeda, menikmati kolam renang dan fasilitas lainnya untuk anak-anak.

Selain itu, para pengunjung bisa memancing di obyek wisata ini. Sebagai sarana pendukung, disediakan satu ruang untuk beristirahat saat berada di lokasi.

19. Wisata ke Perkebunan Teh Gunung Gambir di jember

Wisata ke Perkebunan Teh Gunung Gambir di jember

Anda ingin menikmati sejuknya udara pagi atau pemandangan yang hijau? Anda harus berkunjung ke Perkebunan Teh Gunung Gambir. Lokasinya ada di 48 Km arah timur laut Kota Jember. Perkebunan ini merupakan peninggalan dari masa kolonial Belanda sejak tahun 1918 dan berada di ketinggian 900 M dari permukaan laut.

Perkebunan teh Gunung Gambir terletak di lereng gunung Argopuro dan merupakan penghasil teh yang cukup potensial. Di sini pengunjung bisa menyaksikan para pemetik teh bekerja dan melihat bagaimana proses pembuatan teh hingga siap minum.

Selain itu disediakan juga fasilitas seperti lapangan tenis, kolam renang, taman bermain dan masih banyak lagi untuk mendukung liburan yang menyenangkan bagi para pengunjung.

20. Obyek Wisata Pemandian Oleng Sibutong di jember

Nama Oleng Sibutong, berasal dari nama ikan Uling, sejenis belut yang buntung, yang secara logat madura disebut Butong.

Bagaimana? Kira-kira tempat mana saja yang akan anda kunjungi? Itulah 20 Tempat Wisata di Jember yang menarik dikunjungi yang kami sarankan. Mungkin anda punya pengalaman dan cerita sendiri mengenai kota ini. Yuk bagikan juga dengan yang lainnya agar yang lain juga tahu tempat menarik atau keren lainnya di Jember yang layak untuk dijadikan sebagai tujuan wisata selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here