Rakercab HIPMI Jember di City Forest & Farm Arum Sabil

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (8/4), membuka Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Diklatcab) dan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) BPC HIPMI Jember. Mengambil tema Wirausaha Dan Tantangan Global: Meningkatkan Wirausaha Melalui Inovasi Dan Ekonomi Berbasis Lokal, Diklatcab dan Rakercab HIPMI Jember tersebut dilaksanakan di City Forest & Farm Arum Sabil.

Kegiatan itu juga dihadiri ratusan peserta serta sejumlah pejabat, tokoh  masyarakat dan pemateri kegiatan, seperti Bupati Jember, Forkopimda, Arum Sabil, Peneliti Senior Departemen Kebijakan Ekonomi Moneter Bank Indonesia Tri Winarno, pimpinan perbankan dan lainnya.

Sementara itu, Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Diklatcab) dilaksanakan sebagai bentuk pengembangan pengetahuan dan skill untuk anggota baru HIPMI, pengurus HIPMI BPC Jember dan HIPMI Perguruan Tinggi Jember.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan lomba Bussiness Plan untuk mahasiswa Perguruan Tinggi se-Kabupaten Jember. Lomba berhadiah uang pembinaan jutaan rupiah itu bertujuan untuk meningkatkan jiwa bisnis dan belajar menciptakan daya saing yang sehat bagi para pengusaha muda di Kabupaten Jember.

Di kegiatan ini juga dilaunching Privilege Card, yakni kartu yang bermanfaat sebagai wahana marketing produksi atau usaha anggota HIPMI Jember.

Ketua pelaksana kegiatan Restu Prayogi mengatakan, Rakercab merupakan kewajiban organisasi yang diatur dalam AD/ART, diantaranya untuk menyusun dan mengevaluasi program kerja HIPMI Jember.

Seperti diketahui, sejak kepengurusan dilantik setahun yang lalu, HIPMI Jember banyak mendapat apresiasi atas usaha menularkan virus bisnisnya, usaha mentransfer ilmu bisnis dilakukan HIPMI di berbagai kegiatan seperti diklat, seminar dan diskusi, baik di instansi-instansi pemerintah maupun swasta. HIPMI juga membina kelompok – kelompok mayarakat di kota dan desa dalam rangka meningkatkan skill bisnis dan entrepreneur pemuda dan masyarakat.

HIPMI Jember juga diminta mengajar di beberapa Perguruan Tinggi seperti Universitas Jember, IAIN, Universitas Islam Jember dan STIA Pembangunan, hal tersebut dikemas dalam MoU antara kampus dengan HIPMI Jember.

Ketua HIPMI Jember Agusta Jaka Purwana menjelaskan bahwa, HIPMI Jember sebagai wadah pengusaha akan terus berusaha mengedukasi pemuda dan masyarakat melalui kegiatan-kegiatannya, seperti coaching clinic, pelatihan, diskusi dan kegiatan lainnya.

“Kami siap bergandengan dengan semua pihak dalam rangka meningkatkan skill bisnis dan entrepreneur termasuk melakukan pendampingan-pendampingan pada UMKM di Jember,” terang Agusta.

Atas berbagai kegiatannya, HIPMI Jember mendapat prestasi berupa penghargaan sebagai BPC Terbaik se-Jawa Timur, selain itu mahasiswa binaan HIPMI dalam HIPMI Perguruan Tinggi juga meraih prestasi terbaik dalam lomba Bisnis Plan se Jawa Timur.

Event Rakernas HIPMI yang dihadiri Presiden Jokowi beberapa waktu lalu juga membanggakan masyarakat Jember, Batik Notohadinegoro, produksi  asli pengusaha Jember tersebut, menjadi pakaian resmi dalam Rakernas dan digunakan Presiden, pejabat dan seluruh peserta Rakernas.  Selain itu produk pengusaha HIPMI Jember, yakni  Cerutu BIN Cigar, juga sering menjadi souvenir pejabat-pejabat negara dalam even-even nasional.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here