1,9 Juta Wisatawan Kunjungi Jember Tahun 2016

Sepanjang tahun 2016 sebanyak 1,998.297 juta wisatawan domestik dan mancanegara mengunjungi Kabupaten Jember, Jawa Timur. Jumlah ini meliputi wisatawan yang menginap maupun tidak menginap di hotel.

Kepala Seksi Pemasaran Dinas Pariwisata Jember Deta Irama Kasih mengatakan jumlah wisatawan yang tercatat di Dinas Pariwisata Jember pada 13 obyek wisata sebanyak 1.636.196 orang. Sedangkan Kabupaten Jember memiliki 59 objek wisata. Untuk itu diperkirakan kunjungan riil wisatawan jauh lebih banyak.

Deta mengaku pihaknya masih kesulitan mendata wisatawan ke beberapa obyek wisata dikarenakan belum dikelola dengan baik.

“Padahal menurut informasi banyak wisatawan yang berkunjung ke sejumlah destinasi tersebut,” katanya.

Secara rinci, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke kabupaten tersebut sebanyak 3373 orang, sedangkan wisatawan domestik mencapai 1.994.924.

Deta menambahkan, realisasi kunjungan wisatawan tahun lalu telah melampaui target yang ditetapkan Kantor Pariwisata. Oleh karena itu untuk mendorong pertumbuhan pariwisata tahun ini Kantor Pariwisata ditingkatkan menjadi Dinas Pariwisata.

Ia mengakui banyak potensi wisata alam di daerahnya yang belum tergarap maksimal, di antaranya Air Terjun di lereng Gunung Raung yang berada di Desa Rowosari-Kecamatan Sumberjambe, Air Terjun Sukma Ilang di Kecamatan Arjasa, dan Perkebunan Gunung Gambir di Kecamatan Sumberbaru.

Sementara itu sejumlah destinasi wisata yang jadi andalan Jember antara lain Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma), Pantai Payangan, Puncak Rembangan, Taman Botani Sukorambi, dan Dira Park. (Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here