Pia Glenmore, Oleh-oleh Khas Banyuwangi

Pilihan oleh-oleh apabila pergi ke Kota Banyuwangi di ujung Jawa Timur. Sebelum menyebrang ke Pulau Bali lewat darat, Anda bisa singgah ke Kota Blambangan ini untuk beli oleh-oleh.

Salah satunya kue Pia Glenmore, nama yang agak asing bagi lidah bangsa Indonesia. Karena nama makanan ini sengaja diambil dari sebuah nama kecamatan di di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pia yang beraneka ragam isinya ini sengaja diproduksi di  Kecamatan Glenmore. Tapi pemasarannya sudah sampai kota-kota besar di Jawa Timur seperti Surabaya.

Ketika penulis mampir di salah satu tokonya di Jalan Achmad Yani, Banyuwangi, pia ditata rapi dibalik lemari kaca berdasarkan kategori rasa. Macam-macam isinya mulai rasa kacang hijau, pisang, nanas, durian, coklat, keju, stroberi dan lain-lain. Harganya rata-rata sama Rp 1.500 per biji. Tapi yang paling favorit dibeli adalah rasa kacang hijau.

Warna kulit  kue pianya kuning kecoklatan karena panas oven menggugah selera untuk segera mencicipi kue itu. Tidak seperti pia kebanyakan yang berbentuk bulat, Pia Glenmore sengaja dibentuk lonjong gemuk dan empuk dipegangnya.

Kulit pia nya yang terbuat dari tepung  sangat lembut digigit dan kulit luarnya langsung rontok. Isi kacang hijaunya sangat terasa dan ketika terpotongkuenya. Isi  kacang hijaunya sangat banyak. Ketika mencoba rasa nanas, isinya seperti selai nanas di dalam kue nastar rasanya.

Di bagian atas pianya ada titik-titik tanda warna. Coklat untuk isi coklat, hijau untuk kacang hijau, pink untuk stroberi dan semburat keju untuk rasa keju.

Makanan ini sangat cocok untuk dimakan sore hari  sambil minum teh dan mengobrol dengan teman-teman atau menonton televisi bersama keluarga.

Oleh-oleh lain dari Banyuwangi antara lain sale pisang, bagiak, manisan pala dan asem, kerupuk cumi, kerupuk ikan dan rengginang.