Daftar Tempat Wisata di Jember yang Wajib Dikunjungi

0
362

Tempat wisata di Jember memiliki daya tarik tersendiri di kalangan wisatawan. Jember memiliki banyak tempat wisata pantai eksotis dan mempesona karena kabupaten ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Kabupaten Jember terdiri dari 31 Kecamatan. Kabupaten ini terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Berdasarkan sejarah, Kabupaten Jember dibentuk berdasarkan Staatsblad Nomor 322 tanggal 9 Agustus 1928 dan sebagai dasar hukum mulai berlaku tanggal 1 Januari 1929.

Pemerintah Hindia Belanda telah mengeluarkan ketentuan tentang penataan kembali pemerintah desentralisasi di wilayah Provinsi Jawa Timur, antara lain dengan menunjuk Regenschap Djember sebagai masyarakat kesatuan hukum yang berdiri sendiri. Secara resmi ketentuan tersebut diterbitkan oleh Sekretaris Umum Pemerintah Hindia Belanda (De Aglemeene Secretaris) G.R. Erdbrink, 21 Agustus 1928. (wikipedia).

Kabupaten Jember berbatasan dengan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Probolinggo di bagian utara, bagian timur berbatasan dengan Kabupaten Banyuwangi, bagian selatan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, dan di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Lumajang.

Jember dahulu merupakan kota administratif, namun sejak tahun 2001 istilah kota administratif dihapus, sehingga Kota Administratif Jember kembali menjadi bagian dari Kabupaten Jember. Hari jadi Kabupaten Jember diperingati setiap tanggal 1 Januari.

Daftar Tempat Wisata di Jember yang wajib dikunjungi

Berbicara tentang tempat wisata di Jember, ada banyak objek wisata menarik yang bisa Anda pilih saat berada di Jember.

Kalau mengambil informasi dari situs Wikipedia, sedikitnya terdapat 35 tempat wisata di Jember, yaitu sebagai berikut:

  • Pantai Payangan
  • Pantai Watu Ulo
  • Pantai Tanjung Papuma
  • Pantai Puger
  • Pantai Paseban
  • Pantai Bandealit
  • Pemandian Patemon
  • Pemandian Rembangan
  • Air Terjun Tancak
  • Air Terjun Antrokan
  • Air Terjun Sumberjambe
  • Air Terjun Gunung Rayap
  • Wisata Loko
  • Wisata Lori
  • Taman Botani
  • Alun-alun (Central Park
  • Wisata Agro Glantangan (WAG)
  • Pemandian Oleng Si Butong di Arjasa
  • Pemandian Kebon Agung di Gebang
  • Pemandian Kimo
  • Pontang Jaya Waterpark
  • Mumbul Garden Waterpark
  • Cafe & Rest Area Gumitir
  • Tiara Jember Park (Water Boom) di Jl. Kaliurang
  • Niagara Water park di Ambulu
  • Dira I Swalayan, Fashion, Swiming Pool & Waterboom di Ambulu
  • Happy Fun Swimming Pool & Waterboom di Kesilir, Wuluhan
  • Surya Tirta, Fitnes Centre and Swimming Pool di Ambulu
  • Jubung Rest Area/Jatian (Taman, Rumah Makan, Souvenir/Oleh-oleh, Pemandian, Paint Ball Arena)
  • Wisata Edukatif puslit kopi dan kakao
  • Wisata Edukatif Tanoker
  • Agrowisata cigarete cerutu di Arjasa
  • Wisata Religi Masjid Agung Jember (Jam’i Al-Baitul Amien)
  • Wisata Religi K.H Muh Shidiq
  • Wisata Religi Vihara Dewi Sri di Pantai Papuma

Pada kesempatan ini, saya akan mengulas sedikit informasi mengenai 10 tempat wisata di Jember yang wajib dikunjungi saat Anda berwisata ke Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia.

Top 10 Tempat Wisata di Jember

1. Pantai Tanjung Papuma

Pantai Papuma tempat wisata di Jember

Pantai Tanjung Papuma atau sering disebut juga Pantai Papuma atau Pasir Putih Malikan adalah salah satu tempat wisata di Jember yang menawarkan pemangan laut eksotis dan menawan.

Destinasi Jember ini memiliki tempat bersejarah, yakni berupa goa bernama Goa Lawa. Konon, goa ini merupakan tempat ratu kidul. Namun ada juga sebagian yang mengatakan Goa Lawa merupakan tempat bertapa Kyai Mataram. Wallahu’alam.

Terlepas dari cerita tersebut, yang jelas Pantai Papuma adalah tempat wisata di Jember yang harus Anda kunjungi di musim liburan nanti.

2. Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo tempat wisata di Jember

Tempat wisata di Jember ini letaknya besebelahan dengan Pantai Tanjung Papuma. Keunikan Pantai Watu Ulo adalah terdapat batu (watu) yang menyerupai ular (ulo) berjajar dari pesisir hingga tengah laut.

Setiap setahun sekali, tepatnya setelah hari raya lebaran, masyarakat setempat biasa mengadakan ritual melarung sesajen ke laut lepas sebagai wujud rasa syukur terhadap ciptaan Tuhan sang pencipta.

Pemandangan alam yang disuguhkan Pantai Watu Ulo sangat menakjubkan, sehingga tempat wisata di Jember ini pantas masuk daftar destinasi yang wajib Anda kunjungi.

3. Pantai Bandealit

Pantai Bandealit tempat wisata di Jember

Pantai Bandealit adalah tempat wisata di Jember yang menawarkan keindahan pemandangan laut yang bersih dan alami serta menyediakan aneka permainan air yang menantang. Di sini pengunjung bisa mencoba wahana permainan menarik seperti surfing, kano, speedboat dan sebagainya.

Selain itu, di Pantai Bandealit juga terdapat penangkaran rusa dan green house tempat budidaya tanaman bunga anggrek yang sangat cantik dan menarik.

4. Pantai Puger

Pantai puger tempat wisata di Jember

Pantai Puger merupakan salah satu tempat wisata di Jember yang paling ramai pengunjung. Pantai ini juga termasuk surga bagi para penggemar mancing. Namun jika Anda tidak terlalu suka memancing, Anda bisa memperoleh ikan segar yang dijual di tempat pelelangan ikan (TPI) yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Puger Jember.

5. Pemandian Kebon Agung

pemandian kebon agung tempat wisata di jember

Selain pantai, tempat wisata di Jember yang tidak kalah menarik adalah Pemandian Kebon Agung. Objek wisata ini merupakan kolam pemandian berstandar internasional. Letaknya ada di Kebon Agung, Kaliwater.

Selain terdapat 2 kolam pemandian dengan air panas alami, di tempat wisata ini terdapat fasilitas penunjang kegiatan wisata seperti hotel, restoran dan aneka wahana permainan menarik untuk si kecil.

6. Taman Botani

taman botani tempat wisata di jember

Taman Botani merupakan tempat wisata edukasi di Jember. Di objek wisata ini Anda tidak hanya bersenang-senang, tapi bisa sambil mengajarkan si kecil untuk mengenal aneka tanaman seperti tanaman obat atau tumbuhan herbal yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh dan berbagai jenis tanaman lainnya.

Selain bisa mengenal sekitar 300 jenis tanaman, Anda juga bisa melihat berbagai jenis hewan langka seperti cendrawasih, rusa, kalkun dan lain-lain.

Lokasi tempat wisata di Jember yang satu ini berada sekitar 11 kilometer di sebelah barat alun-alun Jember. Untuk memasuki kawasan Taman Botani Jember, Anda cukup membayar harga tiket masuk seharga Rp. 5.000,- per orang.

7. Tiara Waterpark

Tiara Waterpark tempat wisata di jember

Tiara Waterpark adalah tempat wisata di Jember yang cocok dikunjungi saat musim liburan bersama anak-anak. Selain menyediakan berbagai wahana permainan untuk anak-anak, di Tiara Waterpark juga tersedia area wifi gratis dan cafe. Jadi sambil menunggu si kecil bermain, Anda bisa santai menikmati fasilitas internet gratis atau karokean di tempat yang telah disediakan.

Lokasi Tiara Waterpark berada tidak jauh dari Universitas Negeri Jember, yakni hanya sekitar 2 kilometer saja. Jika ingin bebas biaya masuk, datanglah di atas jam 5 sore.

8. Situs Duplang

situs duplang tempat wisata di jember

Situs Duplang merupakan tempat wisata di Jember yang menyimpan koleksi peninggalan sejarah. Letaknya ada di Desa Kamal, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember.

Benda-benda peninggalan sejarah yang bisa Anda lihat di Situs Duplang antara lain menhir, kubur batu, batu kenong dan lain-lain.

Menurut sejarah, Situs Duplang sudah ada sejak abad ke-4 Masehi. Hal ini diperkuat oleh sejarah yang menyebutkan Desa Kamal merupakan tempat menetap manusia purba.

9. Air Terjun Tancak

air terjun tancak tempat wisata di jember

Air Terjun Tancak berada di perbukitan Tancak, Desa Suci atau berjarak sekitar 16 kilometer ke arah barat daya dari kota Jember. Dari pusat kota Jember, Desa Suci dapat ditempuh selama kurang lebih 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua.

Untuk sampai di lokasi wisata air terjun Tancak, Anda masih harus berjalan kaki dari Desa Suci sepanjang 3 kilometer. Rasa lelah Anda akan terbayar setelah tiba di lokasi wisata air terjun Tancak yang sangat indah.

10. Puncak Rembangan

puncak rembangan tempat wisata di jember

Puncak Rembangan merupakan tempat wisata di Jember yang berlokasi di sebelah utara Jember dengan jarak tempuh sekitar 15 kilometer. Puncak Rembangan berada di ketinggian 650 meter di atas permukaan laut, tidak terlalu tinggi tapi pemandangan alam di sana sangat mempesona dan memanjakan mata.

Yang menarik adalah saat malam di Puncak Rembangan, Anda dapat menyaksikan kerlipan cahaya lampu kota Jember dari ketinggian.

Demikianlah informasi tempat wisata di Jember yang bisa saya sajikan pada kesempatan ini. Semoga info obyek wisata Kabupaten Jember ini bermanfaat dan menambah referensi liburan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here