Ini Dia Cerutu Jember “Rasa Kuba”, Telah Ekspor Ke Banyak Negara

10

Jember merupakan salah satu kabupaten di Jatim yang identik dengan tembakau. Tumbuhan tembakau ini sudah jadi ‘trade mark’, sehingga Jember mempunyai ciri khas dan ragam produk olahan tembakau.

Dari beberapa produk olahan tembakau di Kabupaten Jember, yang paling terkenal adalah cerutu atau cigar. Bahkan, cerutu dari Jember ini sudah mendunia.

Salah satu pembuat cerutu adalah pabrik Boss Image Nusantara (BIN) Cigar. Pabrik yang terletak di Jalan Brawijaya No. 5, Jubung, Jember, ini merupakan produsen cerutu di Jember yang memproduksi cerutu dari bahan baku tembakau dari hasil tanam sendiri dengan varietas berasal dari Kuba.

Tembakau diolah dengan metode fermentasi dan mengadopsi metode produksi cerutu Kuba sehingga mempunyai cita rasa yang sama.

“Cerutu identik dengan Kuba, namun di Indonesia jarang ada cerutu. Dari situ, kami bikin cerutu yang metode pembuatannya hingga varietas tumbuhan tembakaunya juga sama seperti di Kuba. Bahkan, varietas tembakau Kuba yang ditanam di Jember ini punya ciri khas sendiri,” terang Imam Wahid Wahyudi, General Manager BIN Cigar, Rabu (28/3/2018).

Cerutu produksi BIN ini ternyata sudah merambah pasar internasional. Kawasan Asia (Cina, Jepang, Malaysia), Eropa (Turki, Polandia, Moldova, Siprus), hingga Amerika Serikat, merupakan konsumen tetap dari BIN Cigar Jember.

“Karena cerutu sendiri kurang dikenal Indonesia, kami merambah pasar internasional. Kalau konsumen lokal, hanya segmentasi atau orang dan komunitas tertentu yang berada di Semarang, Surabaya, Jakarta dan Bali” sambungnya.

BIN Cigar Jember mempunyai tiga produk andalan cerutu, yaitu Half Corona (cerutu dari daun bawah tembakau), Corona (cerutu dari daun kaki tembakau), dan Robusto (cerutu dari daun atas tembakau).

Ada dua tipe kemasan kotak, yakni kotak kayu dan kotak kertas. Paling mahal berisi 10-16 batang harganya Rp 400.000 hingga Rp 700.000. Kemasan kecil dihargai Rp 50.000 per pak.

Dijelaskan, karakter rasa dan aroma cerutu Robusta memiliki aroma khas tembakau Kuba dengan kesan rasa mantap dan lebih spesifik.

Untuk cerutu Corona, memiliki kesan rasa sedikit lebih ringan dibanding Robusto. Sedang Half Corona lebih ringan dibanding Corona.

“Semua cerutu karakternya tidak keras dan memiliki daya bakar yang sempurna,” ujarnya.

Selain tiga cerutu tersebut, BIN Cigar juga memproduksi cerutu kecil El Nino dan Maumere yang rasa dan aroma khas tembakau Cuba dengan kesan rasa ringan, soft, dan netral. (Tribun News)