Karapan Sapi Kapolda Cup di Jember Lintasan Terpanjang dan Dibanjiri Peserta

0
1033

Karapan Jember di Ikuti ratusan peserta dari luar Jember. Lomba Karapan Sapi Kapolda Jatim Cup, di lapangan Desa Tanggul Wetan, Kecamatan Tanggul, Jember. Lomba ini dimulai sejak Sabtu (9/1), hingga Rabu (13/1) mendatang.

Peserta lomba karapan sapi ini tak hanya diikuti dari Kabupaten Jember, sejumlah kabupaten luar Jember seperti Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, dan kabupaten di pulau Madura juga turut memeriahkan acara tersebut.

Menurut ketua pelaksana karapan sapi yang juga Kapolres Jember, AKBP Sabilul Alif, lomba kali ini merupakan perlombaan karapan sapi dengan lintasan terpanjang yang pernah ada di Jawa Timur.

“Perlombaan kali ini akan ada 3 kelas. Kelas atas, kelas menengah dan kelas bawah. Selain itu, panjang lintasan karapan juga paling panjang di Jawa Timur, sekitar 220 meter,” kataya, saat memberikan laporan panitia di hadapan Kapolda Jatim, Inspektur Jenderal Anton Setiadji.

Lintasan ini, disebut-sebut sebagai yang terpanjang, karena pada umumnya perlombaan karapan sapi hanya menempuh lintasan sepanjang 180-190 meter. Oleh sejumlah peserta.

“Saya baru sekali ikut lomba di Jember, saya kaget juga kok lintasannya cukup panjang. Tapi tidak apa-apa, ini malah menantang buat kami,” tutur Hairul, tim karapan sapi Angin Ribut, asal Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura.

Kapolda Jatim, Irjend Pol Anton Setiadji, membuka secara langsung perlombaan tersebut. Dalam sambutannya, Anton sempat berkelakar mengenai cara dialek orang Jember yang tak bisa mengucapkan Kapolda Cup (Baca: Kapolda Kap), melainkan menyebut Kapolda Cup (Baca: Kapolda Cup).

“Kenapa dilaksanakan di Jember? Karena karapan sapi ini bukan hanya ikon Madura. Tetapi merupakan ikon budaya Jawa Timur. Sehingga budaya ini terus berkembang,” jelas Anton.

Sebelum menutup sambutannya, Anton berpesan kepada seluruh peserta agar selalu menjunjung tinggi sportifitas dalam berlomba. “Saya yakin, hadiah nomor dua. Yang penting juara. Kalau juara pasti naik (harga sapinya),” pesan jenderal asal Jember tersebut.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here