Makanan Khas Jember Yang Terkenal

0
1617
 [instagram-feed]
Jember sendiri merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia yang beribukota di Jember. Jember ini berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Bondowoso di utara, Kabupaten Banyuwangi di timur, Samudra Hindia di selatan, dan Kabupaten Lumajang di  sebelah barat. Kabupaten Jember ini terdiri atas 31 kecamatan.
Dulunya kota Jember ini merupakan kota alternartif, akan tetapi sejak tahun 2001 istilah kota administratif dihapus, Maka Kota Administratif Jember kembali menjadi bagian dari Kabupaten Jember. Jember merupakan pusat regional di kawasan timur tapal kuda. Mengenai makanan khas Jember yang beraneka ragam, di antaranya pecel gudeg, pecel pincuk gerahan, dan masih banyak lagi, nah berikut adalah beberapa 5 makanan khas Jember yang terkenal :
1. Pecel Gudeg Khas Jember
5 Makanan Khas Jember Yang Terkenal

Pecel Gudeg Khas Jember ini merupakan perpaduan nasi gudeg campur pecel terdiri atas nasi, gudeg  dan ceceknya, sepotong daging ayam (bisa daging paha atau dada ayam), pecel (bersayur kacang panjang dan kecambah), rempeyek (yang disajikan tidak utuh besar), dan yang pasti sambal. Sesuai dengan namanya, Dalam penyajian makanan ini harus dicampur agar paduan rasa campuran pecel dan gudegnya bisa lebih terasa

2. Pecel Pincuk Garahan
5 Makanan Khas Jember Yang Terkenal
Pecel Pincuk Garahan ini di sajikan menggunakan daun pisang yang di pincuk sebagai wadah. Tang menjadikan khasnya makanan ini yairu sasa pedasnya sambael kacangnya yang membuat lidah bergetar, meskipun terkenal pedasnya namun sambalnya masih terasa. Krena bumbu pecel digerus menggunakan cobek batu atau tanah liat yang hasil gerusannya tidak sehalus menggunakan mesin. Rasa asam pedas manis begitu terasa pas di lidah karena kacang sambalnya kasar. Makanan ini biasanya disajikan dengan rebusan sayur gundo, tauge, dan kacang panjang yang direbus tidak terlalu lembek.
3.  Suwar-suwir
5 Makanan Khas Jember Yang Terkenal
Suwar suwir ini terbuat dari tape yang diolah dengan cara tertentu sehingga menghasilkan makanan seperti dodol namun lebih keras. Suwar suwir ini berbahan dasar tape singkong dan gula. Legit, demikian rasa yang terkandung dalam panganan itu. Awalnya suwar-suwir ini dibuat dengan campuran buah sirsak. akan tetapi di era modern ini, telah dibuat berbagai macam rasa,seperti coklat, kacang, susu dan strawberry.
5 Makanan Khas Jember Yang Terkenal
Prol Tape Khas Jember ini berahan dasar tape singkong dan rasa mulai coklat, keju, kismis, dan orisinal.  Kue yang terbuat dari tepung terigu, tape singkong, susu, mentega dan telur ini rasanya rasa manis, kecut dan gurih. yang menjadikan prol tape singkongsangat khas.
5. Pia Tape Khas Jember
5 Makanan Khas Jember Yang Terkenal
Pia tape yang satu mempunyai ragam rasa mulai keju, coklat dan pisang, strawberry, bluberry. Pia yang berwarna cokelat kekuningan kalau digigit langsung terasa rasa manis tapenya dan ada tambahan asin bila rasa keju dan manis bila rasa cokelat atau pisang, Makanan ini dapat di jadikan sebagai oleh-oleh jika anda berkunjung ke jember.

Tidak lengkap rasanya apabila sudah menghabiskan waktu untuk melancong tempat wisata namun belum mencoba kuliner khas daerah tersebut. Jika Anda bermain di Jember, maka jangan sampai tidak mencoba kuliner unik yang harus disantap. Nah, ini akan diberikan acuan untuk menentukan makanan apa yang dijadikan prioritas untuk mencobanya terlebih dahulu. Penasaran? Ayo, kita mulai.

Martabak Malabar
Kata malabar diambil dari nama sebuah kota di India karena penjual pertama martabak ini berasal dari India. Keunikan martabak ini adalah isinya yang menggunakan daging kambing dengan rempah yang khas. Dengan tipisnya kulit martabak, juga daging yang empuk dan tidak amis membuat martabak ini sangat laris di Jember. Dari mencium aromanya saja sudah membuat air liur keluar, apalagi ketika memakannya, sungguh tidak kebayang rasa nikmat yang akan menggoyang lidah. Tempat martabak malabar yang banyak digandrungi adalah di pertigaan jalan Trunojoyo.

Gambar Martabak Malabar

Pecel Pincuk Garahan
Pecel pincuk garahan berasal dari nama sebuah stasiun yaitu stasiun garahan, karena pada mulanya makanan ini hanya dijual di stasiun itu saja. Namun pada tahun 90 an, makanan ini mulai populer di masyarakat Jember dan Banyuwangi. Kekhasan dari kuliner satu ini adalah menggunakan daun pisang sebagai alas, serta memiliki rasa yang pedas. Bumbu yang digunakan tidak halus ketika diulek, yaitu masih sedikit kasar sehingga kacangnya sangat terasa kentara.

Gambar Pecel Pincuk Garahan

Nasi Gudeg Pecel
Jika berbicara tentang gudeg, pastinya dipikiran Anda adalah kota Jogja. Namun di Jember terdapat makanan khas yaitu gudeg pecel. Berlokasi di sebuah warung bernama Limintu di Jl. Kartanegara, menjadi satu-satunya warung gudeg pecel di seluruh Jember. Yang membuat keunikan rasanya adalah perpaduan antara nasi, gudeg dan pecel yang disantap menjadi satu. Untuk lauknya tersedia berbagai macam pilihan beserta harga yang berbeda. Merupakan santapan wajib yang harus dicoba ketika berada di Jember.

Gambar Nasi Gudeg Pecel

Prol Tape
Merupakan jenis kue yang digunakan tape singkong sebagai bahan dasarnya. Kue ini sudah menjadi icon kota Jember, karena sering menjadi oleh”. Dengan rasa yang banyak seperti coklat, kismis, keju, dan lain-lain, kue ini juga banyak digemari warga Jember sendiri. Aroma tape yang sangat terasa membuat makanan ini mempunyai ciri khusus tersendiri.

Gambar Prol Tape

Es Krim Domino
Semua warga Jember pasti mengetahui tentang es ini. Bagaimana tidak, es krim domino dijalankan oleh 3 generasi. Berada di jalan Sultan Agung, yaitu di jantungnya kota Jember sehingga mudah untuk mendapatkannya. Dan menariknya lagi, es krim ini memiliki sekitar 40 jenis cita rasa yang berbeda. Kebayang gak sih gimana rasanya. Pengen tau? Segera untuk mencobanya.

Gambar Es Krim Domino

Pia Tape
Memiliki kesamaan dengan prol tape, yaitu menggunakan tape singkong sebagai bahan utama. Namun yang berbeda yaitu dari segi bentuk dan rasanya. Dengan kelembutan kulitnya membuat kue ini sangat diminati. Rasa tepung akan tertutupi dengan campuran susu, tape dan gula yang menjadi inti dari kue ini. Pia tape ini juga sangat cocok dijadikan oleh” khas Jember.

Gambar Pia Tape

Jenang Waluh
Menjadikan labu kuning atau waluh sebagai bahan dasar untuk pembuatan makanan yang satu ini. Makanan khas Jember ini, biasanya disajikan bersama olahan dari ketan dan kelapa yang dijadikan uli, membuat jenang waluh sangat nikmat ketika disantap. Perpaduan rasanya sangat klop dan mantap. Patut untuk dicoba.

Gambar Jenang Waluh

Suwar Suwir
Suwar suwir sudah menjadi kebanggan dari Jember. Dengan menggunakan bahan tape singkok dan gula pasir, suwar suwir hampir sedikit mirip dengan dodol, namun memiliki tekstur yang lebih padat. Pada awal pembuatannya, makanan ini hanya memiliki cita rasa sirsak, namun sekarang sudah memiliki beraneka ragam rasa seperti durian, susu, stawbery, nanas dan sebagainya.

Gambar Suwar Suwir
Bagaimana dengan penjelasan di atas? Tidak kalah menarikkan kuliner khas Jember ini dibanding kota lain di Jawa Timur? Ayo, keputusan ditangan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here