Operasi Gratis Diminati oleh warga Jember

77

Diakhir penghujung bulan Juli 2018 Pemkab Jember menggandeng TNI dan BKKBN Propinsi Jawa Timur mengadakan Layanan KB Gratis yaitu MOW dan MOP ( KB Steril ). Acara itu dilangsungkan di Rumah Sakit Bina Sehat Jember.  Dan tercatat 232 orang mengikuti pelayanan KB MOW dan 29 lainnya menyatakan diri mengikuti pelayanan KB MOP dari jumlah tersebut 17 orang mengikuti MOP dari Ambulu dan merupakan kecamatan terbanyak mengikuti program tersebut. Adapun untuk pelayanan KB MOP tercatat 10 orang dari Kecamatan Jelbug, dan selebihnya kecamatan lain di Kabupaten Jember.

Mereka yang mengikuti kegiatan ini rata-rata memiliki anak dua sampai tiga orang, dan  mereka mengikuti Pelayanan KB Gratis itu atas kesadaran sendiri. Karena mereka merasakan mengkuti program KB dirasakan banyak manfaatnya.

Kegiatan itu sendiri bertujuan untuk menekan jumlah laju pertumbuhan penduduk, dimana setiap tahun ada kecenderungan peningkatan. Kedepan diharapakan jumlah peserta Layanan Kb Gratis itu bisa lebih banyak lagi dari tahun ini. Dibagian lain Drs. Suprihandoko, MM. Kabid Institusi Peran Serta Masyarakat dari DP3AKB Kabupaten Jember mengungkapkan Program Keluarga Berencana di kota Suwarsuwir mengalami kemajuan pesat. Hal ini tidak terlepas dari DP 3 AKP Jember untuk melakukan sosialisasi sehingga program KB di Kabupaten Jember bisa berjalan dengan baik. Mengingat dengan mengikuti Program Keluarga berencana tidak lagi merupakan sebuah keterpaksaan, tetapi sebuah kesadaran untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

Terkait pernikahan usia dini, DP3AKB terus melakukan sosialisasi di semua Kecamatan di Kabupaten Jember. Dan hasilnya angka pernikahan dini semaksimal mungkin bisa ditekan. Karena untuk pernikanan ideal untuk perempuan 21 tahun, untuk laki 25 tahun, karena di usia itu seseorang telah memliki kesiapan matang untuk memutuskan hidup berumah tangga. (win)