Penipuan Minta Pulsa Atas Nama Mak….

0
484

Pagi ini tiba-tiba hp saya dapat sms: Mak isekno pulsa rong puluh ewu neng no 082331692499 iki saiki penting : dari Nomer 085210441649, ini mungkin modus baru yang digunakan, dengan Mak…

Penipuan melalui modus sms sampai saat ini masih marak terjadi. Beberapa kali saya dikirimi sms penipuan dengan berbagai model, mulai dari tolong kirimi mama pulsa sekarang, Anda mendapatkan undian berhadiah, bahkan modus terbaru yang hampir saja saya kena tipu adalah seseorang yang menelpon mengaku teman saya kepolisian menawari ada unit mobil maupun motor harga murah jatah dari showroom untuk kepolisian.

Berikut nomor SMS pengaduan penipuan dari 3 operator besar di Indonesia yang saya kumpulkan dari website resmi masing-masing operator yang membuka layanan pengaduan SMS penipuan.

Telkomsel
Format SMS : Penipuan#Nomor Pengirim SMS penipuan#isi SMS penipuan
Lalu kirim ke 1166
Contoh : Penipuan#0812123456#Selamat anda mendptkan 1 unit mbl avanza dr telkomsel poin.

Indosat
Format SMS : SMS(spasi)Nomor Pengirim SMS penipuan(spasi)isi SMS Penipuan
Lalu kirim ke 726
Contoh : SMS 085612345678 Selamat anda mendptkan 1 unit mbl avanza dr Kopi kapal api.

XL
Format SMS : LAPOR#Nomor Pengirim SMS penipuan#isi SMS penipuan
Lalu kirim ke 588
Contoh : LAPOR#081789123456#Selamat anda mendptkan 1 unit mbl avanza dr Pt. Indofood.

Untuk nomor lainnya, saya menemukan sumber lain yang menyebutkan sebuah badan bernama Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI). Nomor yang dimaksud berupa call center dengan nomor 159. Tidak tahu nomor ini menerima laporan berupa pesan singkat atau tidak, hanya disebutkan sebagai Contact Center.

Untuk yang sudah saya coba dan buktikan sendiri, berhubung saya menggunakan nomor Telkomsel, adalah nomor 1166. Setelah melapor saya mendapatkan pesan balasan berikut:
Pelanggan yth, terima kasih atas laporan SMS PENIPUAN yang anda sampaikan.

Ciri-ciri umum Pelaku Penipuan Online :
Menggunakan website gratis. Domain yang sering dipergunakan para penipu di antaranya adalah webs.com, blogspot.com, wordpress.com, co.cc, jimdo.com, dan masih banyak domain gratis lainnya. (Baca juga Melaporkan Situs Penipuan)

Jika sebuah perusahaan mengadakan program-program marketing (misalnya saja undian berhadiah), biasanya mereka akan membuat publikasi pada subdomain website resmi mereka. Website resmi PT Telkomsel adalah www.telkomsel.com, Indosat (www.indosat.com), dan XL (www.xl.co.id).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here