Rahasi Buah Cermai, Rasanya Asam Tapi Bisa Putihkan Kulit dan Bikin Langsing

0
10

Cermai, ceremai, cereme atau cerme adalah nama sejenis pohon dengan buahnya sekali. Buah yang masam ini dikenal pula dengan nama-nama lain seperti ceureumoe (Aceh), chermai (Mal.), karmay (Ilokano, Fil.), mayom (Thai.) dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris dinamai Otaheite gooseberry, Malay gooseberry dan beberapa sebutan yang lain. Nama ilmiahnya adalah Phyllanthus acidus.

Pernah memakan buah Cermai? Buah yang berbentuk serupa bunga padat berwarna kuning keputihan ini rasanya asam dan kecut. Kalau tak terbiasa dan tak tahu khasiatnya, Anda pasti akan mengatakan “Ih kecut.” Lalu membuangnya.

Buah yang masam ini dikenal pula dengan nama-nama lain seperti ceremoi (Aceh), chermai (Mal.), karmay (Ilokano, Fil.), mayom (Thai.) dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris dinamai Otaheite gooseberry, Malay gooseberry dan beberapa sebutan yang lain. Nama ilmiahnya adalah Phyllanthus acidus.

Dalam ensiklopedia bebas Wikipedia disebutkan, pohon Cermai ini berbentuk kecil dengan ketinggian sampai 9 meter, bercabang rendah dan renggang. Sepintas, pohon cermai bukan tidak mirip dengan pohon belimbing wuluh.

Daun tunggal, bundar telur dengan ujung runcing, panjang 2-7 cm, tersusun di rantingnya seperti daun majemuk menyirip.

Bunga-bunganya berkelamin tunggal atau ganda, merah, berbilangan 4, tersusun dalam malai hingga 12 cm. Buah batu, bulat dengan 6-8 rusuk, kuning keputihan menyerupai lilin, berdiameter hingga 2,5 cm, bergantungan sendiri atau dalam untaian. Daging buah keputihan, masam dan banyak berair, di tengahnya terdapat inti yang keras dengan 4-6 butir biji.

Kandungan Buah Cermai
Dilihat dari kandungannya, buah Cermai mengandung Vitamin C yang tinggi, kalori, mineral, karbohidrat, serat kasar, kalisum, fosfor, zat besi, thiamin, dan ribloflavin di bagian dagingnya.

Sedangkan di bagian daunnya mengandung Saponin, Flavanoid, Tanin, dan Polifenol. Kemudian di bagian akarnya mengandung Saponin, Asam Galus, Zat Samak, dan Toksik.

Pohon cerme kerap ditanam sebagai peneduh atau penghias halaman dan taman. Pohon ini dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis, menyukai tempat yang lembap sampai ketinggian sekitar 1.000 m dpl. Cerme dapat dibiakkan melalui biji atau stek.

Manfaat untuk Kesehatan
Umumnya buah Cermai dijadikan manisan. Tapi selain itu, buah yang asam ini tentu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dalam laman manfaat.com, setidaknya ada delapan manfaat buah ini untuk kesehatan.

Mengobati Sembelit
Manfaat buah cermai bagi kesehatan yang pertama adalah untuk mengobati sembelit. Karena mengandung banyak Vitamin C, buah Cermai memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit. Sama seperti buah bervitamin C lainnya, buah ini cocok dikonsumsi untuk membersihkan usus.

Bagi penderita penyakit asma, kabar baik untuk anda. Sebab buah Cermai ternyata dapat mengobati penyakit asma. Caranya dengan merebuh potongan enam biji buah Cermai dengan beberapa gelas air. Tambahkanlah bawang merah, akar kara, lengkeng, dan sedikit gula sesuai selera. Minumlah sampai nafas terasa kembali pulih.

Meringankan Kanker
Yang paling menakjubkan, buah Cermai juga memiliki manfaat bagi kesehatan kita khususnya bagi penderita Kanker. Pengobatan pada penyakit Kanker memang memakan biaya yang tidak sediki. Tetapi cobalah konsumsi buah Cermai untuk mendapat hasil yang cukup baik. Rebus buah Cermai dengan campuran daun Belimbing, Bidara Upas, Gadung Cing, dan gula. Kemudian minumlah.

Menyehatkan Kulit
Vitamin C yang terkandung pada buah Cermai memberi manfaat untuk kulit kita. Kulit akan cerah, bersih, dan lembut. Vitamin C berperan penting untuk urusan kesehatan kulit. Maka dari itu cobalah konsumsi buah ini dalam bentuk apapun karena Vitamin Cnya tinggi. Apa lagi bagi yang bermasalah dengan jerawat dan kulit kusam.

Sebagai Pelangsing
Karena melancarkan pencernaan, buah Cermai menjadi buah yang dapat membantu melangsingkan tubuh. Tahukah anda kalau makanan asam dapat membuat perut menjadi singset? Nah, buah Cermai yang memiliki rasa asam juga dapat membuat perut menjadi lebih singset bila dikonsumsi rutin. Ini karena didukung pencernaan yang tertaur dan nafsu makan sedikit berkurang karena rasa asam di lidah.

Menambah Kekebalan Tubuh
Buah Cermai mengandung nutrisi yang dapat menambah kekebalan tubuh kita. Nutrisinya cukup sebagai penambah nutrisi rutin. Hal ini juga dikarenakan adanya Flavanoid yang menjadikan antioksidan. Tetapi jangan juga berlebihan mengkonsumsinya.

Menyehatkan Tulang
Manfaat lainnya adalah buah Cermai dapat menyehatkan tulang. Kalsium dan zat besi yang terkandung pada buah ini dapat membantu menyehatkan tulang agar terus kuat dan tidak keropos. Tulang akan lebih kuat.

Baik Untuk Pertubuhan
Buah Cermai menjadi buah yang baik dikonsumsi dan tidak menganggu pertumbuhan. Justru buah ini menjadi buah yang baik untuk membantu pertumbuhan karena kandungan nutrisinya yang banyak.