Ratusan Juru Parkir Jember Mengikuti Pelatihan

216

Dishub Kab. Jember mengadakan Pelatihan Juru Parkir pada bulan Maret 2018. elatihan itu diikuti oleh Juru Parkir yang ada di Kab. Jember. Kedepan diharapakan juru parkir di Kabupaten Jember semakin profesional dalam menjalankan tugas. Harapan itu disampaikan oleh Wakil Bupati jember Drs.KH.Muqit Arief saat membuka diklat juru parkir di Hotel Panorama Jember. Drs.KH.Muqit Arief mendukung langkah Dinas Perhubungan Pemkab Jember menggelar pelatihan. Kegiatan itu sendiri diadakan dalam 2 gelombang di tahun 2018. Isman Sutomo selaku Kepala Dinas Perhubungan Jember mengungkapkan, untuk tahun ini dia mengadakan diklat juru parkir angkatan ke 12 dan 13.

Isman Sutomo menegaskan diklat juru parkir ini sengaja mengundang dari Dinas Perhubungan Tingkat I Propensi Bali. Lebih lanjut dikatakan oleh Isman, setelah mengikuti keseluruhan diklat juru parkir tersebut mampu menerapkan apasaja yang telah diberikan selama pelatihan tersebut.

Sementara itu seorang juru parkir Solihin, warga Desa Karang Pring Kecamatan Sukorambi, mengatakan banyak hal yang ia rasakan selama mengikuti pelatihan juru parkir. Bapak dua anak ini biasa bertugas di alun-alun depan kantor bupati jember, terkait pemberlakuan parkir berlangganan, dirinya dan juru parkir yang lain tetap mengikuti peraturan tersebut. Dia paham betul sejak parkir berlanggnan tersebut diterapkan tidak pernah meminta dari pengguna kendaraan roda 2 maupun roda 4 khusus untuk plat nomer polisi Kab. Jember. Namun Solihin tidak pernah menampik kalau pengendara motor masih memberikan uang ala kadarnya sebagai bentuk terimakasih, mungkin karena ikut mengamankan kendaraan mereka di Alun-alun Jember ungkapnya. Ketentuan parkir tersebut dipatuhi oleh semua juru parkir di kab Jember. Dia dan teman seprofesinya juga menyadari kalalu dilarang melakukan pungutan uang parkir.

“Saya tidak pernah meminta uang parkir kepada pengendara bermotor, tetapi pengendara motorlah yangmemberi seihlasnya, jadi tindakan memungut uang parkir sebuah kesalahan dan sudah ada ketentuan uang parkir berlangganan. (win)