Tembakau dengan Cita Rasa Ringan Siap Merajai Pasar Ekspor

49

Meski dihantui oleh cuaca ekstrim atau Elnino PTPN X Kertosari optimis bisa melewati di tahun 2018. Karena, tembakau yang ditanam pada musim tanam sekarang ini memiliki varietas unggul. Tembakau varietas ini tahan terhadap kondisi cuaca tidak menentu dan tahan terhadap hama kutu.

Diawal musim tanam ini PTPN X Kertosari telah melakukan tanam perdana di dusun sumberpakem, desa Sumuran kec. Ajung, adapun luasan areal tembakau sebanyak 285,77 hektar.

Hal itu seperti diungkapkan oleh Lorensius Tumanggor yang merupakan General Manager dari PTPN X Kertosari pada hari minggu(20/5). Dalam melakukan kegiatan tanam tembakau tersebut, untuk mengantisipasi cuaca tidak menentu seperti curah hujan yang tinggi, maka PTPN X Kertosari telah memasang pagar rangkap berupa waring. Selain itu, waring juga untuk mencegah perluasan penyebaran kutu tembakau melaui angin.

Tumanggor juga mengatakan, tembakau yang saat ini ditanam oleh PTPN X Kertosari memiliki waktu tanam yang singkat untuk siap dipanen dengan kisaranĀ  waktu 42 hari. Tembakau Jember ini berpeluang merajai pasar ekspor karena tembakau tersebut memiliki cita rasa ringan. Karena itu PTPN X Kertosari setiap tahun mampu mengekspor tembakau Jember untuk kebutuhan pasar Internasional.(win)