Tempat Wisata Hits di Jember yang Tak Boleh Terlewatkan

0
491

Bukan hal yang baru lagi kalau Kabupaten Jember menjadi salah satu kota tujuan wisata di Jawa Timur yang cukup ramai dikunjungi wisatawan; baik dari dalam maupun luar daerah. Destinasi wisata di Jember banyak yang berupa pantai, hal ini dikarenakan Kabupaten Jember berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatannya.Tapi, perlu kamu ketahui juga bahwa wisata di Jember tidak hanya berupa pantai saja. Masih ada obyek wisata lainnya yang bisa kamu eksplor keindahannya. Nah, kamu mau tahu apa aja yang bisa kamu dapatkan di Kabupaten Jember ini? Yuk, cek…

Nikmati Pesona Pasir Putih di Pantai Papuma

Obyek wisata Pantai Papuma ini menjadi salah satu primadona yang mampu menyedot wisatawan ke Kabupaten Jember. Pantai ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Pasir pantainya yang putih dan bersih semakin menambah keindahan pantai ini. Maka tak heran kalau para wisatawan  dari berbagai daerah di Indonesia datang berlibur ke tempat ini. Selain berpasir putih, pantai ini juga mempunyai keistimewaan lain, yakni berupa batu-batu besar yang berdiri di kawasan pantai tersebut.

Kalau kamu berminat untuk datang ke sini, kamu bisa menuju ke Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan. Jaraknya kira-kira 45 km dari pusat Kota Jember. Di sekitar pantai ini, kamu juga menemukan beberapa tempat penginapan dengan harga yang relatif terjangkau. Jadi, kamu bisa berlama-lama di tempat ini tanpa khawatir memikirkan tempat tinggal. Nah, untuk biaya masuknya sudah dibandrol dengan harga Rp. 5000,00/ orang. Have fun ya, Gaes!

Masih di Kawasan yang Sama, Kamu Bisa Sedikit Bergeser ke Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo ini terletak di sebelah selatannya Pantai Papuma. Dan sebenarnya, pantai ini pun masih berada dalam kawasan yang sama. Akan tetapi, karena pihak pengelolanya berbeda, maka pantai ini diberi nama yang lain, yakni Pantai Watu Ulo. Di sini kamu bisa melihat pemandangan laut dari ketinggian. Batu-batu besar yang terdapat di Pantai Papuma juga bisa kamu lihat dari pantai ini, lho.

Tak hanya itu, Gaes. Di sekitar Pantai Watu Ulo ini kamu juga bisa menemukan penjual aksesoris yang terbuat dari bahan dasar cangkang kerang. Selain itu, pada tanggal 1-10 syawal, di sini juga sering diadakan acara Pekan Raya. Maka dari itu, banyak orang berbondong-bondong ke sini hanya untuk menyaksikan acara tersebut. Nah, untuk biaya masuknya masih sepaket kok dengan Pantai Papuma. Jadi, kamu bisa leluasa ke sini tanpa harus memikirkan biaya masuknya.

Teluk Cinta Pantai Payangan

Teluk Cinta merupakan tempat wisata yang terbilang baru di Kabupaten Jember, tepatnya berada di pantai selatan yang dikenal dengan sebutan Pantai Payangan. Ya, Pantai Payangan ini merupakan pantai yang cukup populer di kalangan muda-mudi Jember. Di lokasi ini, kamu bisa menyaksikan indahnya panorama pantai dengan deburan ombak yang terbilang cukup besar.  Kalau sore hari, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan sunset yang menakjubkan, lengkap dengan siluet perahu-perahu nelayan yang sering berlalu-lalang di sini.

Nah, selain menikmati pesona Pantai Payangan, kamu juga bisa menyaksikan pemadangan kece dari atas bukit yang dikenal dengan nama Teluk Cinta. Teluk ini berada di area paling timur Pantai Payangan, atau kira-kira berjarak 200 meter jika dari area parkir Pantai Payangan. Lokasi ini biasanya dimanfatkan oleh muda-mudi Jember sebagai tempat nongkrong ataupun yang-yangan. Untuk biasa masuknya, kamu cukup membayar dengan harga Rp. 5000,00/ orang. Sedangkan biaya parkirnya berkisar antara Rp. 2000,00 sampai Rp. 5000,00 tergantung kendaraan apa yang kamu pakai.

Pantai Puger

Adalah Pantai Puger yang menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kota Jember. Pantai ini selalu ramai didatangi wisatawan, apalagi kalau pas musim liburan. Di kawasan Pantai Puger ini juga terdapat tempat pelelangan ikan serta spot memancing yang sangat cocok buat kamu-kamu yang mempunyai hobi tersebut. Tak hanya itu saja, kamu pun bisa melihat Cagar Alam Puger Watangan yang lokasinya berada di kawasan lepas pantai. Tapi, untuk ke sana kamu harus menyewa perahu nelayan dengan harga yang sepantasnya (kamu bisa bernegosiasi dengan Bapak Nelayannya).

Pulau Nusa Barong

Nah, Cagar Alam Puger Watangan ini terdiri dari beberapa pulau, salah satu yang terkenal bernama Pulau Nusa Barong. Jaraknya kira-kira 40 km ke arah selatan dari pusat Kota Jember, atau bisa kamu tempuh dengan estimasi waktu setengah jam dari Pantai Puger. Kawasan Nusa Barong ini memiliki luas sekitar 6.100 hektar. Di sini kamu bisa menemukan beberapa spesies burung, serangga, dan tumbuhan yang begitu bervariasi. Fungsi pokok cagar alam ini adalah sebagai perlindungan bagi lutung budeng (Trachypithecus auratus) yang terancam punah. Oke, tunggu apa lagi, Gaes?

Air Terjun Antrokan

Lokasi air terjun ini terletak di Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, atau sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Jember. Setelah sampai di area parkir kendaraan, kamu masih harus menempuh perjalanan dengan melewati jalan setapak bebatuan. Perjalanan itu bisa kamu tempuh dengan waktu kira-kira setengah jam saja. Meskipun agak capek di perjalanan, tapi semua itu akan terbayar lunas setelah kamu sampai di lokasi ini. Nah, untuk biaya masuknya dibandrol dengan harga Rp. 5000,00 lengkap dengan biaya parkir kendaraan. So, kapan kamu mau mlipir ke sini, Gaes?

Air Terjun Sumber Salak

Memang, Air Terjun Sumber Salak ini letaknya agak tersembunyi. Bahkan, tidak semua penduduk sekitar tahu keberadaannya. Nah, kalau kamu mau mengunjungi tempat ini, kamu harus sering-sering bertanya pada warga setempat yang tahu persis lokasinya, ya. Siapkan pula kendaraan tempur yang prima, sebab medan yang akan kamu lalui cukup berat.

Secara administrasi, air terjun ini terletak di Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember. Atau tepatnya berada di kawasan hutan Desa Sumbersalak. Nah, perjalananmu yang melelahkan tadi, akan segera terhapus ketika kamu sampai di lokasi ini. Keindahannya akan mengingatkanmu pada Air Terjun Niagara yang ada di Ontario. Akan tetapi, ukuran air terjun ini lebih kecil dan imut-imut. Untuk masuk ke kawasan air terjun ini, kamu tidak perlu membayar dengan uang, akan tetapi cukup membayarnya dengan turut menjaga kelestariannya. So, jangan pernah mengotori tempat ini ya, Gaes.

Air Terjun Suko

Air terjun ini berada di kawasan lereng Argopuro. Tepatnya terletak di Desa Klungkung, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Debit air yang mengaliri air terjun ini terbilang cukup deras. Bahkan, saat musim kemarau pun, Air Terjun Suko ini nyaris tak pernah mengalami kekeringan. Pemandangan yang akan kamu temui di sepanjang perjalanan menuju air terjun ini adalah perkebunan kopi yang bisa kamu lihat di kanan-kiri jalan. Untuk akses jalannya sudah cukup baik, meskipun masih ada beberapa lubang di sepanjang jalannya.

Nah, setelah sampai di lokasi ini, kamu bisa menitipkan kendaraanmu di area parkir yang sudah disediakan oleh warga setempat. Biayanya sebesar Rp. 2000,00/ motor. Sedangkan untuk biaya masuk ke obyek wisatanya, kamu hanya akan dikenai biaya seikhlasnya saja. Begitu memasuki kawasan air terjun ini, kamu akan menemukan dominasi bebatuan besar yang ada di sekitar lokasi. Air yang tumpah dari atas mengalir begitu deras. Saking derasnya, suara air terjun ini bisa kamu dengar dari radius 200 meter. So, kapan mau ke sini?

Air Terjun Taman Mumbulsari

Air Terjun Taman Mumbulsari, atau yang sering disebut sebagai Air Terjun Mandigu ini berada di sebelah tenggara Kota Jember. Tepatnya di Desa Suco, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember. Perjalanan ke Desa Suco ini bisa kamu tempuh dengan waktu ± 1,5 jam dari pusat Kota Jember. Akses jalan menuju air terjun ini sudah cukup baik. Akan tetapi, ketika mendekati lokasi, keadaan aspalnya jadi lebih buruk dan banyak jalan yang berlubang. Ohya, untuk mencapai Air Terjun Mandigu ini banyak sekali percabangan jalan. Jadi sebaiknya kamu bertanya pada warga sekitar agar tidak tersesat di belantara hutan sengon.

Nah, setibanya di lokasi, kamu akan segera melihat indahnya air terjun yang berundak. Panjang air terjun ini kira-kira 30 meter, keadaan airnya pun cukup jernih. Jadi, lokasi ini sangat cocok buat kamu yang punya hobi hunting foto pemandangan alam. Nah, kalau kamu pengin menuju puncaknya, kamu bisa melewati jalan kecil di samping air terjun ini. Tapi hati-hati, ya. Soalnya jalannya licin.

Kebun Teh Gunung Gambir

Lokasi kebun teh ini berada di ketinggian 600 – 1000 mdpl. Karena lokasinya yang berada di ketinggian, maka udaranya pun cukup sejuk dan menyegarkan. Sepanjang mata memandang, kamu akan melihat betapa luasnya perkebunan teh yang ada di sini. Tak hanya itu, kamu pun bisa langsung menyeduh teh di kedai-kedai yang menjajakan dagangannya di sini. Nah, kalau kamu pengin menginap, di sini juga disediakan beberapa pondokan dengan harga yang relatif terjangkau. Adapun fasilitas yang bisa kamu dapatkan meliputi jogging trek, lapangan tenis, dan kolam renang. Untuk menuju obyek wisata ini, kamu cukup mengarahkan kendaraanmu ke lereng Gunung Argopuro. Nah, untuk biaya masuknya, sudah dibandrol dengan harga Rp. 5000,00/ orang lengkap dengan biaya parkir kendaraan roda dua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here