Tips Membeli Property Atau Rumah

0
1278

Property / properti adalah investasi yang menjanjikan, dimana harga tidak pernah turun cenderung naik terus. Tiap orang ingin memiliki property baik rumah, apartemen, tanah, ruko, ruang usaha, kos, gudang, dll. Property akan selalu dibutuhkan tiap orang.

Karena property mempunyai nilai strategis maka dalam membelinyapun harus seksama, harus sesuai kebutuhan dan mempunyai nilai investasi. Jangan sampai kita menyesal di belakang hari, krn harga property pasti tdk sedikit. Kami akan mengulas tentang tips membeli property, dalam hal hal ini termasuk rumah, tanah, ruko, apartemen, ruang usaha, kos, gudang dll:

1. Sesuai budget, hitung budget dan kemampuan beli kita.

2. Lokasi maupun akses ke lokasi bebas banjir, daerah yang sering terkena banjir akan selalu membuat cemas ketika turun hujan. Dan tentu saja daerah yg rawan banjir akan menurunkan nilai jual property. Kita harus jeli dalam memilih property, sebaiknya kita mencari informasi tentang ini sebelum membeli.

3. Mencari rumah / property yg dekat dengan tempat kita bekerja, kita bisa fokus dg pekerjaan kita dan bisa punya waktu yg lebih lama dg keluarga.

4. Lingkungan yang baik, cari tahu apakah lingkungan di sekitar rumah yg akan kita beli itu baik untuk keluarga kita terutama untuk pendidikan dan tumbuh kembang anak.

5. Akses transportasi umum, apakah jalan di sekitar rumah dilalui transportasi umum baik bus, taxi, dll.

6. Dekat dengan fasilitas umum, misal pasar, bank, swalayan, tempat ibadah, pemadam kebakaran, kantor polisi, dll.

7. Pastikan kita membeli property dari developer yang mempunyai reputasi baik dan tidak pernah gagal dalam mengerjakan proyeknya. Jangan sampai proyek terbengkalai di kemudian hari. Cari tahu track record developer sebelum membeli property.

8. Status property jelas dan legalitas lengkap. Jangan sampai kita menemukan masalah di kemudian hari, tanyakan kepada penjual apakah status property jelas sesuai yg ditawarkan dan mempunyai legalitas yg lengkap.

9. Pastikan developer telah memperoleh semua perijinan yg dibutuhkan untuk membangun proyeknya.

10. Penyediaan KPR, jika kita menginginkan pembelian secara kredit apakah property tsb bisa dibeli dengan KPR. Kalau iya apakah KPR tsb diuruskan oleh pihak penjual atau kita mengurus sendiri KPR tsb. Ini adalah pengecualian bila kita ingin membeli property secara cash. Silakan dipilih mana yang paling sesuai.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here