Tips Memilih Smartphone Yang Tepat

0
281

Keberadaan HP Pintar alias Smartphone di era moderinitas saat ini memang tak bisa dihindari. Ada beberapa faktor yang membuat Smartphone banyak dipilih oleh masyarakat di era teknologi informasi yang serba instan dan cepat. Selain karena kebutuhan akan konsumsi informasi yang cepat dan gampang, faktor banyak nya pilihan Smartphone dengan segala kelebihan kekurangan dan dari harga yang murah sampai mahal membuat banyak orang berpindah ke HP biasa ke HP Pintar.

Buat sobat deteknokers yang masih bingung memilih Smartphone dengan benar, kali ini team detekno akan memberikan beberapa tips memilih Smartphone yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter para sobat deteknokers sendiri. Setiap orang tentu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda kenapa mau membeli Smartphone, baik itu Smartphone yang dibanderol dengan harga mahal ataupun Smartphone yang dibanderol murah.

Pada awalnya Smartphone hanya dimiliki oleh beberapa kalangan masyarakat saja, namun di era modern ini semua kalangan sudah bisa memiliki Smartphone berkualitas dengan harga terjangkau. Faktor banyaknya Smartphone murah ini tak lain karena persaingan para Vendor Smartphone Dunia yang berlomba-lomba dalam mengembangkan kreatifitas mereka dalam membuat Smartphone yang terjangkau dan memiliki spesifikasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Dari banyaknya pilihan Smartphone, maka tak heran jika banyak orang yang bingung dalam memilih Smartphone yang tepat untuk mereka. Oleh karena itu, disini kami akan memberikan Tips Memilih Smartphone yang benar yang sesuai dengan kebutuhan, budget dan karakter masing-masing para sobat deteknokers.

Tips Memilih Smartphone Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Smartphone

Tips Memilih Smartphone

1. Tips Memilih Smartphone Berdasarkan Sistem Operasi

Ada 4 sistem operasi mobile yang sangat dikenal oleh masyarakat yakni Android, Blackberry, Windows Phone dan iOS. Ke masing-masing sistem operasi (OS) mobile ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Untuk Android sangat dikenal sebagai OS Mobile yang paling digemari oleh banyak Vendor Smartphone berkelas Dunia maka tak heran jika harga Smartphone Android sangat murah dibandingkan dari Smartphone yang memakai OS Mobile lainnya. Ia adalah sebuah platform lunak yang sangat menyesuaikan keinginan para penggunanya. Banyak aplikasi dan game keren yang ada di sistem operasi ini yang bisa di unduh secara gratis alias cuma-cuma. Sayangnya dengan kelebihan sistem operasi Android ini, OS ini sangat rawan akan serangan virus karena bersifat open source. Tips memilih Smartphone Android yang bisa anda pakai adalah apakah anda menyukai hal-hal yang baru yang bisa sobat deteknokers coba sebebas mungkin? jika iya maka Smartphone Android pantas untuk dimiliki oleh Sobat.

Blackberry sendiri adalah OS mobile yang mengutamakan privasi dan keamanannya. Karena Smartphone Blackberry menjadi Smartphone yang paling bagus untuk masalah keamanan. Buat sobat deteknokers yang sedang mencari Smartphone untuk bisnis dan menyukai rasa aman akan file yang disimpan pada Smartphone, maka pilihan Smartphone Blackberry sangat tepat. Karena rata-rata yang memakai Blackberry ini adalah para kalangan pekerja profesional dan kantoran yang sangat mengutamakan hal keamanan dan privasi.

Memilih Smartphone Berdasarkan Sistem Operasi

Memilih Smartphone Berdasarkan Sistem Operasi

Sistem operasi mobile lainnya adalah iPhone. iPhone ini adalah sebuah sistem operasi mobile yang mengedepankan kualitas baik dari masalah gaya, keamanan dan privasi. iPhone adalah hasil karya dari Apple perusahaan Smartphone berkelas dunia yang produknya sangat diminati oleh kalangan-kalangan atas. Maka tak heran jika iPhone ini biasanya dipakai oleh orang yang sangat mengutamakan status sosialnya. Karena dengan memakai Smartphone iPhone, orang tersebut akan terlihat lebih keren dan berbeda dari para pemegang Smartphone mobile lainnya yang tentu ini adalah masalah harga, sebab harga Smartphone iPhone sangatlah mahal.

Windows Phone adalah sebuah sistem operasi mobile yang dikenal akan kecepatan dan kemudahan dalam berintegrasi dengan perangkat WIndows lainnya. Biasanya orang menyukai Smartphone Windows karena ia lebih mementingkan efisiensi waktu. Mereka tak ingin membuang-buang waktu mereka hanya untuk belajar menggunakan Smartphone. Sejauh ini Smartphone Windows Phone terlihat memiliki desain yang elegan dan tidak gampang membuat bosan para penggunanya.

2. Tips Memilih Smartphone Berdasarkan Kinerja/Performa

Setiap Smartphone memiliki kinerjanya berbeda-beda, tentu perbedaan ini berkaitan erat dengan harga yang dipatok oleh Smartphone tersebut. Tips ini juga merupakan salah satu Tips Memilih Smartphone Gaming yang berkualitas, karena faktor kecepatan alias kinerja ini sangat berperang penting seberapa ampuh Smartphone tersebut bisa memainkan banyak game berat.

Memilih Smartphone Berdasarkan Kinerja

Memilih Smartphone Berdasarkan Kinerja

Penting untuk sobat deteknokers ketahui, ada hal yang harus dipertimbangkan jika ingin memilih Smartphone berkinerja baik atau sangat pas untuk gaming salah satunya yang penting adalah pemilihan CPU yang digunakan oleh Smartphone tersebut. Pilihlah Smartphone yang memiliki Otak Komputer (CPU) diatas Quad Core 1.3 Ghz atau lebih baiknya Octacore 1.5 Ghz karena semakin besar kecepatan speed dari CPU tersebut maka akan semakin baik kinerja Smartphone tersebut.

Berdasarkan Speed Clock, CPU alias Prosessor ini memiliki urutan terendah dan tertinggi diantaranya yang Dual Core, Quad Core, Octa Core dan Hexa Core.

3. Tips Memilih Smartphone Berdasarkan Daya Tahan Baterai

Tentu sangat kesal jika sedang asyik-asyiknya bermain namun tiba-tiba Smartphone kita lowbet alias baterainya habis. Oleh karena itu faktor kapasitas baterai sangat berperan penting dalam tips memilih Smartphone yang berkualitas. Biasanya kalau sobat memilih Smartphone dengan CPU Tertinggi, konsumsi daya baterai akan lebih tinggi. Oleh sebab itu disarankan untuk sobat memilih Smartphone dengan kapasitas baterai lebih dari 2600 mAh dan lebih baiknya lagi Smartphone tersebut dibekali fitur fast charging atau Quick Charge.

Memilih Smartphone Berdasarkan Daya Tahan Baterai

Memilih Smartphone Berdasarkan Daya Tahan Baterai

Fitur Quick Charge ini adalah fitur yang bisa membuat pengisian daya baterai lebih cepat dibandingkan Smartphone yang tidak ada fitur Quick Charge. Hanya butuh 30 menit saja untuk baterai terisi sampai 60% berkat teknologi fitur Quick Charge ini.

4. Tips Memilih Smartphone Berdasarkan Kapasitas Penyimpanan

Memilih Smartphone Berdasarkan Kapasitas Penyimpanan

Memilih Smartphone Berdasarkan Kapasitas Penyimpanan

Sobat deteknokers jika menginginkan Smartphone dengan kualitas baik, maka harus diimbangi dengan kapasitas penyimpananya. Kapasitas penyimpanan di Smartphone ada 3 diantaranya Memori Internal, RAM dan Microsd. Pilihlah Smartphone yang memiliki memori internal lebih dari 8 GB dan dilengkapi slot microsd karena kapasitas memori internalnya ini biasanya sudah beberapa dipakai untuk software bawaan dari Smartphone tersebut. Dan hal yang paling wajib juga yang harus sobat ketahui adalah pilihan Smartphone dengan kapasitas RAM yang lebih dari 1 GB karena kebutuhan RAM ini tidak bisa di acuhkan begitu saja. Kinerja RAM semakin besar akan berpengaruh terhadap fungsi Smartphone dalam membuka banyak aplikasi secara cepat. (Artikel lainnya: 7 Cara Agar Baterai Android Awet)

5. Tips Memilih Smartphone Berdasarkan Layar

Memilih Smartphone Berdasarkan Layar

Memilih Smartphone Berdasarkan Layar

Untuk sobat yang menyukai gaming dan tampilan layar yang besar maka pilihan Smartphone 5 Inches lebih tepat. Tapi jangan sampai salah pilih tak semua Smartphone 5 Inches itu dianggap baik, oleh karena itu pilihlah Smartphone 5 Inches yang memiliki resolusi layar lebih dari 1280 x 720 pixels. Akan semakin baik jika Smartphone berlayar besar memiliki resolusi yang besar juga karena akan berpengaruh dari tampilan gambar yang akan dihasilkan oleh layar Smartphone tersebut.

6. Tips Memilih Smartphone Murah Berkualitas

Tak heran jika saat ini banyak orang yang menggandrungi Smartphone murah berkualitas, karena dengan banderol harga kurang dari 2 juta mereka sudah memiliki Smartphone berkualitas. Kalau sobat deteknokers lebih mengutamakan masalah harga, maka pilihan Smartphone Android sangat tepat sobat pilih. Sebab Smartphone Android ini sudah banyak dipasaran yang dijual secara murah dengan spesifikasi sangat baik, sebut saja Lenovo A7000 dan Xiaomi Redmi 2 yang sudah memiliki spesifikasi sangat baik dikelas Smartphone murah berkualitas.

Itulah beberapa informasi mengenai Tips Memilih Smartphone yang bisa team detekno berikan untuk sobat deteknokers yang masih bingung dalam memilih Smartphone. Semoga informasi ini bisa berguna untuk sobat sebagai tambahan bahan pertimbangan sobat sebelum membeli Smartphone yang sesuai dengan kebutuhan dan karaket sobat sendiri.

 

Dewasa ini banyak kita temui berbagai jenis Smartphone Android di pasaran, tentunya menawarkan berbagai macam fitur – fitur yang dapat menggoda para pengguna untuk segera memiliki Smartphone tersebut, namun karena banyaknya pilihan dengan design dan teknologi berbeda – beda malah membuat kita kebingungan HP Android mana yang akan kita beli, disini saya coba untuk berbagai bagaimana kita memilih Smartphone atau HP Android sesuai dengan kantong dan kebutuhan kita.

 

Tips Memilih HP / Smartphone Android :

 

  • Resolusi Layar dan Ukurannya

Resolusi layar yang cukup besar serta ukuran layar yang lebar akan membuat kenyamanan dalam segi pemakaian terutama apabila kita gunakan untuk menonton Video atau bermain Game karena menghadirkan ketajaman dan kejernihan yang sangat baik. Jadi apabila anda berniat untuk membeli smartphone dan menggunakannya untuk keperluan bermain game dan menonton video pilihlah smartphone dengan ukuran dan resolusi layar yang besar.

 

Baca Juga :  8 Daftar Produsen dan Merek Smartphone / HP Android Terbaik
  • Sensitifitas layar

Dalam memilih smartphone yang baik Sensitifitas layar sentuh capacitive yang dimiliki smartphone android juga harus anda pertimbangan, apabila anda tidak mempertimbangkan hal tersebut maka anda akan dibuat kesal karena lambatnya smartphone yang anda miliki menangkap perintah yang anda berikan melalui sentuhan. Pilihlah smartphone android yang memiliki sensitifitas layar yang baik, disamping itu juga yang memiliki layar multitouch, agar supaya bisa digunakan untuk merespon sentuhan dengan dua jari atau bahkan lebih. hal ini akan mempermudah anda dalam menggunakan smartphone anda.
  • Performa

Smartphone yang berkualitas memiliki performa yang handal dan tangguh, tidak gampang hang atau bahkan restart sendiri, hal ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain RAM, Sistim Operasi dan Memori.

 

  •  Jenis processor

Sebelum anda membeli produk yang anda incar alangkah baiknya anda mengenal terlebih dahulu jenis – jenis processor yang biasa digunakan oleh produk – produk ponsel android.
  1. Processor Mediatek biasanya sering digunakan oleh Ponsel android low, dimana prosesor ini memiliki kinerja yang bagus tetapi memiliki kekurangan boros konsumsi tenaganya.
  2. Qualcomm memiliki keunggulan lebih dalam graffik dan performa.
  3. Processor nvidia tegra dan exynos yang memiliki kelebihan dari segi konsumsi daya yang irit.
  • RAM

Banyak dari pengguna Smartphone yang dalam penggunaanya membuka program semantara program – program lain masih berjalan di background systemnya, hal ini berpengaruh pada beban dari RAM yang digunakan, saran dari saya untuk penggunaan smartphone normal sebaiknya pilih ponsel android dengan kapasitas RAM minimal 512MB, tetapi apabila anda hobi bermain game, pilihlah Smartphone android dengan RAM minimal 1GB.
  • Memory internal

Dalam memilih produk smartphone kapasitas dari memory internal juga harus anda perhatian, biasanya dari beberapa aplikasi yang berjalan di android menggunakan memory internal sebagai tempat penyimpanan, hal ini akan menjadi masalah apabila anda memilih smartphone dengan Memori internal yang standart.

 

  • Kamera Dengan Resolusi Tinggi

Banyak dari pengguna smartphone yang menggunakan perangkatnya untuk menyalurkan hobi foto – foto, yang hasilnya mereka buat untuk koleksi pribadi dan mempublikasikannya di jejaring sosial. apabila anda termasuk pengguna yang hobi berfoto – foto pilihlah kamera utama minimal memiliki resolusi 8 Megapisel, dan kamera depan minimal 2 megapixel.agar gambar yang dihasilkan terlihat jelas.
  • Konektivitas Jaringan

Memiliki Smartphone Android yang tidak memiliki fitur koneksi jaringan yang bagus, tentunya tidaklah lengkap, karena pada dasarnya memiliki Smartphone itu tujuannya agar supaya bisa dipakai untuk berselancar di dunia maya, untuk itu agar dapat menghasilkan koneksi jaringan internet yang berkualitas pilihlah smartphone yang memiliki fitur koneksi jaringan minimal 3G atau HSDPA.

 

  • Merk

Banyak kita jumpai beberapa merk smartphone dengan harga murah, tetapi memiliki fitur yang canggih, untuk itu dalam memilih smartphone anda harus pintar – pintar memilih untuk menyesuaikan kebutuhan anda dengan kantong anda. Memang tidak dipungkiri smartphone dengan vendor terkenal memiliki harga jual lebih mahal dibandingkan merek lokal. tetapi apabila anda sudah memahami point – point diatas, maka anda akan mempunyai gambaran kualitas dari smartphone tersebut. dan tidak tergantung sama merk.

  •  Desain dan Harga
Banyak dari pengguna smartphone memilih produk dengan spesifikasi yang mumpuni, dan juga model atau design dari produk tersebut yang menarik agar terlihat seperti Smartphone dengan kualitas kelas atas, dengan model atau design yang menarik, memiliki ketebalan yang tipis serta ringan saat digenggaman, tentunya juga bisa dibeli dengan harga yang murah, sekarang ini banyak dari produk Smartphone berdesain kelas atas dan juga memiliki performa yang mumpuni tetapi dijual dengan harga yang cukup miring, jadi anda bisa mempertimbangkan kembali sebelum anda membeli smartphone sesuai kebutuhan tetapi tidak meninggalkan style anda dan juga memperhatikan kantong anda
Tips Cara Memilih Smartphone atau Tablet Android Yang Baik dan Berkualitas, Smartphone android adalah sebuah ponsel pintar yang bisa mengikuti dan menuruti apa yang kita inginkan setiap harinya. Banyak Masyarakat Indonesia yang terlena akan canggihnya smartphone android yang hadir dengan fitur yang menarik dan beragam. Banyak produsen smartphone yang menawarkan atau menjual produk mereka dengan harga yang relatif lebih murah seperti EverCross, Smartfreen Andromax, Lenovo, Advan, Axioo, Acer, Oppo dan produk smartphone android lainnya.
Murah bukan berarti murahan? Fitur yang ada diponsel tersebut tak kalah dengan smartphone yang memiliki harga lebih mahal seperti Samsung atau Iphone. Mulai dari desain body, kamera, RAM, Prosesor, dan fitur yang ada didalamnya terlihat sangat menggoda untuk membeli smartphone semacam itu. Namun, kita sebagai pengguna ponsel biasa tentunya masih merasa bingung seperti apa ponsel android yang bagus itu, apa hanya dilihat dari bodynya saja atau dilihat dari fitur hardware yang ada diponsel android tersebut.

Tips Memilih HP Android Yang Bagus dan Berkualitas

Mengatasi hal tersebut marilah simak beberapa tips sederhana untuk memilih smartphone atau tablet android yang bagus dan berkualitas. Berikut tips-tipsnya.

1. CPU dan RAM

CPU atau Central Processsing Unit, mungkin anda mengenal intilah ini ada pada komputer atau Laptop, namun sebenarnya smartphone atau tablet android juga memiliki CPU. Mengapa demikian? Karena smartphone android sama halnya dengan laptop, bedanya hanyalah kecil dan besar. Smartphone juga menggunakan sistem operasi dan komputer juga menggunakan sistem operasi. Untuk memilih hardware CPU yang baik (Untuk Smartphone) biasanya CPU Dual-Core.
RAM atau Random Acces Memory merupakan hardware penting yang harus anda perhatikan setelah memilih CPU. Membuka aplikasi, bermain game, mengedit konten, menulis pesan, dan kegiatan lainnya juga membutuhkan hardware RAM. Lemot tidaknya sebuah smartphone android biasanya disebabkan karena RAM android yang kecil. Besaran RAM smartphone yang baik biasanya diatas 1 GB.

2. GPU

GPU atau (General Processing Unit) merupakan hardware yang berperan penting dalam memainkan game berkualitas HD dan 3D. GPU bukanlah Gosok Pijat Urut, melainkan sebuah kartu grafis yang memang menjadi perhatian para gamers untuk memilih spesifikasi hardware smartphone android. semakin tinggi besaran nilai GPU maka semakin baik pula tampilan grafis dari game tersebut. Tidak hanya game saja, tetapi disaat anda menonton video dengan kualitas HD juga akan terlihat jelas dan sangat detail apabila kartu grafis tersebut memang memiliki spesifikasi yang sangat baik.

3. Display Layar

Display Layar android juga harus menjadi pertimbangan disaat ingin membeli smartphone baru. Mulai dari ukuran layar, resolusi layar, dan sensitifitas layar. Teknologi layar yang bagus untuk sekarang ini minimal harus bertipe IPS (in-Plane Switches) dengan kombinasi warna mencapai 16 juta. Selain itu, pilihlah layar yang memiliki dukungan Multitouch. Apa itu  Multitouch? Multitouch merupakan teknologi layar smartphone yang dapat merespon sentuhan dengan dua jari atau lebih, fitur seperti ini akan lebih memudahkan anda untuk mengoperasikan smartphone android anda.
Untuk ukuran layar, sebaiknya pilihlah sesuai kebutuhan anda. Jika dilihat secara langsung memang layar yang lebar jauh lebih baik dibanding dengan layar yang kecil, tetapi perlu anda tahu bahwa smartphone dengan layar lebar tentunya terasa lebih sulit untuk dioperasikan karena harus menggunakan dua tangan. Jadi sebaiknya pilihlah ukuran layar yang sesuai dengan kebutuhan anda serta sangat mudah untuk dimasukkan kedalam kantong. Tidak begitu besar dan tidak begitu kecil.

4. Kualitas Kamera

Dengan memilih smartphone android dengan kualitas kamera yang bagus tentunya akan menghasilkan gambar jepretan yang indah dan mengesankan. Untuk kamera belakang pilihlah kamera dengan ukuran minimal 5 MP lengkap dengan Flash. Sedangkan untuk kamera depan pilihlah kamera dengan ukuran minimal 1.5 atau 3 MP. Apabila anda adalah seorang wanita yang suka berfoto selfie ria mungkin membutuhkan kamera depan yang dilengkapi dengan fitur Flash agar menghasilkan jepretan yang lebih maksimal dibanding dengan yang lainnya.

5. Kapasitas Baterai

Memilih baterai smartphone android dengan kapasitas yang besar tentunya membuat smartphone tersebut dapat bertahan lebih lama. Untuk itu pilihlah smartphone dengan kapasitas baterai minimal 2000 mAh, dan apabila anda suka dan sering bermain game pilihlah smartphone dengan kapasitas baterai minimal 3000 mAh.

6. Jaringan Dan Konektifitas

Untuk masalah jaringan, mungkin semua smartphone minimal sudah memiliki jaringan 3G atau HSDPA. Dan apabila anda memiliki uang lebih, anda bisa memilih smartphone dengan jaringan terbaru Indonesia yaitu 4G LTE.  Untuk konektifitasnya harus sudah mendukung Wi-Fi, Bluetooth, USBport, dan Headset.
 

7. Merek Ponsel

Semua jenis smartphone android yang beredar di Indonesia saya rasa semuanya sudah tahu, seperti Oppo, Smartfreen Andromax, Lenovo, Asus, Xiomi, Acer, Samsung, HTC dan smartphone android lainnya. Sebaiknya pilihlah smartphone yang memang lebih anda sukai dan pas untuk kantong anda. Pililah smartphone yang sesuai dengan kebutuhan anda, tidak begitu murah dan tidak begitu mahal.

Pada dasarnya manusia ingin memilih smartphone terbaik dengan fitur yang handal dan cepat. Namun hal itu bisa saja terjadi kerusakan dilain waktu dan hari. Smartphone memang bisa dibilang ponsel cerdas, namun tanpa adanya pengguna, smartphone tersebut bukanlah produk yang cerdas. Jadi jika dibalik, kitalah yang cerdas bukan smartphone tersebut. Saran dari saya, pilihlah smartphone atau tablet android yang sesuai dengan kebutuhan kita sehari-hari. Selain itu, harga smartphone juga harus menjadi pertimbangan, agar uang anda tidak habis hanya gara-gara membeli smartphone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here