Warna Hitam Berjuta Manfaat “Black Garlic” Black Garlic

0
3885

Black Garlic

Lama Fermentasi Black Garlic

Black Garlic atau yang lebih dikenal dengan Bahasa kita sebagai orang Indonesia “Bawang hitam” merupakan hasil fermentasi dari bawang putih. Seperti namanya Black Garlic (Bawang hitam), warna dari Black Garlic adalah hitam dengan tekstur yang lembut dan gurih serta aroma yang tidak terlalu tajam dan rasa yang sedikit manis. Walau demikian, Black Garlic tetap bisa menghasilkan makanan yang lezat.

Sejarah

Black Garlic dikenal berasal dari Korea Selatan, di mana Black Garlic ini digunakan sebagai suplemen tubuh herbal yang memiliki kekuatan antioksidan jauh lebih besar disbanding bentuk dasarnya yaitu bawang putih dan ditambahkan pada minuman-minuman penambah energi. Dalam legenda Tao, bawang hitam dipercaya memiliki manfaat untuk hidup abadi.  Memang tidak ada yang dapat menjamin kalau bawang hitam bisa memberikan hidup yang abadi, akan tetapi dapat dipastikan kalau manfaat bawang hitam dua kali lebih besar dari bawang putih. Di Thailand, Black Magic terkenal sebagai penambah umur dan diaplikasikan secara unik dalam pembuatan coklat.

Pada musim semi tahun 2008, seorang penulis koran New York Times di Amerika membuat tulisan berjudul “Design and Living” yang mengenalkan Black Garlic sebagai bahan pokok baru yang modern dan digunakan oleh Chef Bruce Hill dari Restaurant Bix di San fransisco. Chef Matthias Merges yang merupakan koki eksekutif di Charlie Trotter di Chicago juga mencatat bahwa Black Garlic merupakan salah satu dari lima top makanan di berita restaurant pada Desember 2008. Sejak itulah, Black Garlic menjadi sangat terkenal di Amerika Serikat. Bahkan beberapa program televisi di Amerika seperti Iron Chef America (Food Network) dan Top Chef New York (on Bravo) meliput kegunaan Black Garlic pada pembuatan saos makanan.

Cara Pembuatan

Cara pembuatan Black Garlic memakan waktu yang sangat lama yaitu 90 hari. Proses fermentasi ini bisa disingkat menjadi 40 hari, namun hasilnya akan sangat berbeda dengan yang diproses selama 90 hari. Cara fermentasi yang dilakukan adalah dengan memasuk kan bawang putih pada mangkuk stainless dan menutupnya dengan kertas alumunium foil, kemudian mangkuk ini diletakkan dalam oven dan dipanggang dengan suhu 25 – 30 derajat selsius selama 40 hari atau 90 hari. Kita harus melakukan pengecekan setiap 4 atau 5 hari sekali untuk mencegah terjadinya perubahan suhu.

Lama Fermentasi Black Garlic

Harga

Harga penjualan Black Garlic sangat mahal, maklum saja karena proses pembuatannya yang sangat lama dan manfaat yang dikandungnya juga sangat bagus untuk kesehatan manusia. Beberapa merk yang ada di Indonesia adalah Indo Black Garlic menjual 1 box (120 gram) dengan harga Rp 75.000,00. Ada juga yang menjual Black Garlic sebesar Rp 320.000,00 / box (1 box isi 10 siung).

Manfaat

Black Garlic memiliki banyak manfaat bagi manusia. Manfaat yang didapat dari mengkonsumsi Black Garlic adalah :

Mengatasi Kanker dan Kolestrol

Setelah difermentasikan selama 1 bulan lebih, Black Garlic memiliki manfaat 4x lebih bagus dari bawang putih biasa. Senyawa S-allylcysteine, komponen alami bawang putih segar dan turunan dari asam amino sistein, konsentrasi yang terkandung dalam Black Garlic jauh lebih besar dari bawang putih biasa dan diduga senyawa ini bisa membantu menurunkan kolestrol dan mengurangi resiko terjadinya kanker. (www.healthmad.com)

Mengatasi Infeksi

Bawang putih mengandung agen anti-mikroba, antibiotik, dan anti-jamur pada bahan aktif, allicin. Setelah difermentasikan, S-allycysteine pada Black Garlic membantu dengan penyerapan allicin, sehingga metabolisme menjadi jauh lebih mudah è sehingga bisa memberikan perlindungan infeksi.

Perlindungan terhadap berbagai penyakit

Black Garlic memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari penyakit termasuk kanker dan bisa untuk memperlambat proses penuaan (sumber : www.organicauthority.com) Beberapa penyakit yang bisa dicegah dan disembuhkan dengan Black Garlic adalah :

Mengobati penyakit yang berkaitan dengan paru paru seperti asma, batuk, sesak nafas
Mencegah Stroke/Serangan Jantung
Memperbaiki sistem pencernaan, dengan detoksifikasi
Meringankan penyakit Parkinson
Membantu penderita Diabetes dengan mengkawal glukosa dalam darah dan meningkatkan insulin
Berfungsi membuang logam berat dalam badan seperti merkuri
Mencegah Alzheimer
Memperbaiki Sel Hati
Melegakan sakit-sakit Sendi/ Artritis

Walaupun Black Garlic memiliki banyak manfaat, namun Black Garlic tida boleh dikonsumsi oleh:

Orang yang alergi bawang putih
Orang yang akan menjalani pembedahan dalam waktu dekat
Orang yang sedang Migrain

Bahan Makanan (Inovasi Makanan dari Black Garlic)

Black Garlic banyak digunakan di Chinese Food Restaurant. Salah satu Restaurant yang menggunakan Black Garlic adalah Restaurant di J. W. Marriott Jakarta. Berbagai menu yang disajikan dengan Black Garlic adalah menu keju Cheese black garlic baked rice with mushroom and Chinese ham, adalah menu yang sedikit mirip dengan hidangan Risotto ini merupakan paduan bawang hitam dan nasi yang dipanggang dengan jamur dan daging ham dari Cina, disiram dengan keju kemudian dipanggang.

Menu lainnya yang tak kalah menghadirkan sensasi di lidah adalah selada Abalone dengan bawang hitam dan umbi bunga lili (Abalone salad with Oriental black garlic and lily bulb);ayam panggang dengan bawang hitam dan bawang putih (roasted spring chicken with black and white garlic); dan juga bawang putih hitam dengan kerang kering, lumut laut dan saus tiram (black garlic with dried scallop and sea moss in oyster sauce).

Sebagai penutup, disajikan Black Garlic & Pumpkin Puding. Menu puding pumpkin berwarna kuning cerah ini ditata di atas potongan labu . Sajian ini juga disajikan bersama dengan jelly Black Garlic dengan sensasi sereh yang lembut dan masam dari bawang hitam yang segar. Hidangan yang menyehatkan dalam menu – menu bawang hitam yang penuh khasiat ini diberi harga mulai dari Rp 68,000++ sampai dengan Rp 248,000++ per orang.  Kita juga bisa menikmati makanan per setnya (dari makanan pembuka hingga penutup) dengan harga Rp 388,000++ per orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here