Wisata Jember Air Terjun Watu Ondo

0
1493

Watu Ondo adalah salah satu magnet yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Jember. Terletak di Kabupaten Jember tepatnya di Kecamatan Tempurejo. Untuk lebih mudahnya bisa mengunjungi Perkebunan Kotta Blater terlebih dahulu. Saat aku masih kecil perkebunan ini terkenal hingga ke mancanegara berkat produksi kakao (bahan baku coklat), namun kini produksi kakao tak sebanyak dahulu. Lalu lalang pelajar di pagi hari dengan sepeda juga mulai berkurang karena sudah banyak yang pakai sepeda motor. Jaman sudah berubah.

Bagi wisatawan yang belum mengenal jalan khususnya di Jember bagian Selatan, bisa saja melewati jalan ke pusat Kecamatan Ambulu kemudian memilih jalan ke arah Timur dengan papan petunjuk jalan yang bertuliskan Kotta Blater. Ada beberapa portal yang harus dilewati saat memasuki perkebunan itu. Cukup katakan dengan ramah dan sopan tentang maksud dan tujuan mengapa memasuki perkebunan. Jalan di dalam perkebunan tak semulus aspal saat melewati Ambulu-Kotta Blater, jadi siapkan kendaraan yang tepat dalam menghadapi jalanan tanah dan batu-batuan.

Untuk menuju Watu Ondo, kita harus melewati perumahan yang dihuni oleh pekerja perkebunan berplat merah ini. Sebuah banner besar sudah menyambut wisatawan yang menunjukkan mereka sudah sampai di jalur berjalan kaki (trekking). Lahan parkir sudah disiapkan oleh warga sekitar yang tergabung dalam perkumpulan pemuda-pemuda masjid. Dari namanya saja sudah jelas jika lahan parkir terletak di dekat masjid.

Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati kebun karet. Tempat penampungan getah karet yang ada di pohon-pohon karet menjadi pemandangan yang unik bagi wisatawan yang umumnya berdomisili di daerah perkotaan atau daerah lain yang tidak terdapat kebun karet. Hingga pada akhirnya aku dan Yudha harus berhenti sejenak pada sebuah perbatasan antara perkebunan dengan taman nasional. Kami juga bertemu dengan Maya dan Devi yang bolos sekolah demi mengunjungi Watu Ondo.

Cucuk Hariyanto. Beliau adalah petugas dari Taman Nasional Meru Betiri yang sudah bertahun-tahun mengabdikan diri pada lembaga kehutanan negara ini. Sudah 3 minggu ini sejak sekitar 20 April 2015 lalu diberi mandat untuk menarik retribusi tiket masuk Rp 3.000,- per orang yang dialokasikan sebagai penerimaan pemerintah bukan pajak. Tak mudah menjadi seorang petugas yang tiba-tiba penarik retribusi. Memang pada awalnya untuk mengunjungi Watu Ondo belum dikenakan tiket masuk, hal ini karena kurangnya personel taman nasional yang mengawasi lahan negara yang sangat luas. Penarikan tiket masuk dan pendataan ini adalah antisipasi positif dari taman nasional dalam mengawasi dan mengendalikan wisatawan yang sedang berkunjung.

Pesona Keindahan Air Terjun Watu Ondo Tempurejo Jember

Informasi umum

Jember memiliki banyak tempat wisata seperti banyak beberapa air terjun yang sangat banyak diminati oleh para pengunjung. Salah satunya Air Terjun Watu Ondo dimana tempatnya bagus walau bukan seperti air terjun pada umumnya. Air terjun ini masuk daerah Taman Nasional Meru Betiri, hutannya masih alami dan tentunya anda bisa berenang di bawah air terjun. Tersembunyi dari keramaian Kota Jember, sehingga membuat air terjun ini terjaga keasriannya. 41 Daftar Tempat Wisata di Jember Jawa Timur Harus Anda Kunjungi

Lokasi

Air terjun watu ondo terletak dilokasi Kebun Kota Blater KecamatanTempurejo Kabupaten Jember. Jarak yang di tempuh lumayan jauh dari kota. Dari kota perjalanan menuju ke selatan kota jember di daerah Kecamatan Tempurejo.

Daya Tarik

Tempat wisata di Jember cukup banyak dan menarik untuk dikunjungi, di Jember ada beberapa air terjun  yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata anda. Apalagi air terjun ini tersembunyi dari keramaian kota sehingga membuat air terjun ini terjaga keasriannya. Perjalanan yang begitu jauh membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan dari pintu masuk Kebun Kotta Blater kemudian bertemu dengan perkampungan yang terdapat monumen perjuangan.
Perjalanan memang sangat melelahkan dengan melewati kebun karet melewati jembatan kayu besar dan melewati jalan yang berlumpur. Sehingga untuk para pengunjung untuk selalu waspada dan hati – hati saat dalam perjalanan. 41 Daftar Tempat Wisata di Jember Jawa Timur Harus Anda Kunjungi

 

Air Terjun Watu Ondo bersumber dari air gunung asli (bukan dari aliran sungai lain), sehingga airnya benar-benar jernih, sampai-sampai dasarnya kelihatan. Air terjun ini terlihat sangat unik, penduduk sekitar memberitahukan nama 2 air terjun berdasarkan bentuknya yang menyerupai Tangga (Ondo), dan Tembikar (Gedhek).
Air terjun pertama atau Gedhek adalah yang paling tinggi, sekitar 8 meter. Bentuknya melebar karena batuan yang dilaluinya juga lebar seperti dinding rumah dari anyaman bambu (gedhek). Namun yang lebih di kenal warga adalah Watu Ondo, karena susunan batu air seperti tangga. Hati-hati saat akan menuju Watu Ondo karena jalannnya sempit. Namun pemandangan sangat indah dimana anda akan bisa berenang dibawah air terjun.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Watu Ondo Tempurejo Jember adalah tempat makan, tempat untuk istirahat ,tempat parkir yang di sediakan oleh penduduk yang tinggal di sekitar air terjun tersebut .

Transportasi

Untuk mengunjuni Air terjun Watu ondo ini di utamakan untuk menaiki sepeda motor. Karena untuk masuk kedalam perkebunan karet jalannya cukup sempit. Dari kota perjalanan menuju ke selatan kota jember di daerah Kecamatan Tempurejo. Setelah sampai pemberhentian terakhir, anda bisa berjalan kaki selama  perjalanan. Karena motor tidak memasuki jalur lagi untuk mengunjungi air terjun tersebut.

Saran dan Tips

Disarankan membawa membawa baju ganti dan serta bekal yang cukup, terutama air minum. Jika ke Watu Ondo jangan lupa bawa sampah anda kembali dan jangan corat-coret! Karena semua itu akan merusak pemandangan yang sangat indah dilokasi air terjun tersebut. Jaga keselamatan dan selalu berhati – hati.

Peta Lokasi

 

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Air Terjun Watu Ondo Tempurejo Jember yang dapat saya tulis di sini. Semoga bisa menginspirasi anda semua untuk mencoba berwisata ke Air Terjun Watu Ondo Tempurejo Jember. Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk anda semua.

Sumber: Jembertraveler.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here